Preview Manchester United vs West Ham: Harus Pesta Gol

Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United akan menjamu West Ham United di pekan ke-37 Premier League, dinihari nanti (pukul 01.00 Wita). Setan Merah harus pesta gol untuk memperbesar kans mereka finis di empat besar.

Saat ini, MU yang ada di posisi kelima mengantongi poin 62. Jumlah poin mereka sama seperti Leicester City yang ada di peringkat keempat. Selisih gol kedua klub sama-sama +28. Hanya saja, Leicester unggul produktivitas gol. Mereka mencetak 67 gol dan kebobolan 39. Sementara MU punya gol 63 dan kebobolan 35 kali.

Dengan kedua klub akan saling bertemu di pekan ke-38, hasil kontra West Ham bisa berpengaruh besar. Dan MU harus memikirkan kemungkinan terburuk di pekan terakhir dimana mereka harus melawat ke markas Leicester.

Kalau mereka benar-benar kalah di sana, selisih gol atau produktivitas gol boleh jadi akan menjadi penentu posisi di klasemen sebelum akhirnya head to head jika dua syarat pertama sama. Makanya, Setan Merah tidak punya pilihan lain selain berusaha memenangkan laga kontra West Ham dengan skor besar.

Selain skenario ini, MU juga bisa berharap alternatif lain, yakni Chelsea yang kini mengoleksi poin 63 meraih hasil buruk di dua laga terakhir mereka. Chelsea sendiri akan menghadapi Liverpool dinihari nanti sebelum berduel dengan Wolverhampton Wanderers di pekan terakhir.

Namun, Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer menegaskan The Reds harus fokus pada diri sendiri.  “Sekarang, tentu saja, jika kita bisa menang pada hari Rabu dan bermain imbang dengan Leicester di laga yang terakhir, kita masih melaluinya. Namun, sekarang kita akan menghadapi West Ham dengan semua mata tertuju pada hal itu. Kami sudah sejauh ini dan beberapa hari ini penting sekarang, dengan banyak energi tersisa di tubuh kami,” ujarnya kepada MUTV dikutip dari situs resmi MU.

Lalu, apakah MU bisa berpesta gol? Solskjaer tidak berani sesumbar. Dengan David Moyes saat ini menukangi West Ham, Solskjaer yakin ini akan menjadi laga berat. “Mereka melakukannya dengan baik sejak restart. Mereka mendapat 10 poin dan memiliki beberapa kemenangan fantastis, terutama akhir-akhir ini, dan mereka merupakan tantangan bagi tim mana pun,” jelasnya.

Solskjaer menyebut West Ham mengandalkan fisik dengan set-play dan serangan balik yang baik. “Mereka memiliki pemain individu yang baik dan perpaduan antara pemain muda dan berpengalaman. Kami sudah mempersiapkan dengan sangat baik untuk yang satu ini, itu yang harus kami lakukan,” lanjutnya.

Satu sosok yang diwaspadai Solskjaer adalah Michail Antonio yang mencetak lima gol dalam tiga laga terakhir West Ham. “Ya, dia luar biasa sejak restart. Ini tantangan sulit melawan tim mana pun. Setiap tim memiliki pemain individu, itu adalah sifat dari Liga Premier, ini adalah liga terbaik di dunia,” ujarnya.

MU memasuki laga ini dengan modal buruk setelah kalah 1-3 dari Chelsea di semifinal Piala FA dimana kiper David de Gea melakukan blunder dan bek Harry Maguire mencetak gol bunuh diri. Makanya, Solskjaer meminta anak asuhnya fokus.

“Kita tidak bisa kehilangan fokus dan memperhatikan kinerja orang lain. Jika kita melakukan pekerjaan kita, itu saja dan itu yang harus kita fokuskan. Hanya ada dua pertandingan tersisa. Tim ini belajar sepanjang waktu dan kekecewaan pada hari Minggu, saya yakin, akan memberi kita keinginan dan tekad untuk bangkit kembali,” tegasnya.

Gelandang MU, Nemanja Matic mengklaim dia dan rekan setimnya siap untuk pertandingan terbesar mereka musim ini menghadapi West Ham. Matic mengatakan para pemain tahu bahwa mereka tidak bisa membiarkan peluang ini tergelincir.

“Dua pertandingan lagi dan kami harus melanjutkan semuanya sampai akhir. Tentu saja kami sedih kehilangan semifinal tetapi kami tahu ini adalah sepakbola dan ini adalah hidup, Anda tidak bisa selalu menang. Anda harus fokus pada pertandingan berikutnya. Kami akan siap untuk pertandingan West Ham,” ujarnya.

Pemain timnas Serbia itu juga mengingatkan rekan setimnya untuk melupakan catatan 19 laga tanpa kekalahan mereka. “Kami hanya berpikir untuk mengejar posisi empat besar itu. Saya pikir kami melakukannya dengan baik dalam beberapa bulan terakhir dan setelah kekalahan Chelsea ini kami harus tetap fokus dan ini adalah final bagi kami,” jelasnya.

“Jika kami memenangkan pertandingan ini, kami memiliki kemungkinan besar untuk bermain di Liga Champions musim depan dan seperti yang saya katakan itu adalah pertandingan terbesar sekarang ini,” lanjut eks pemain Chelsea tersebut.

Ia juga berbicara soal kekuatan West Ham. “Mereka menang melawan Chelsea beberapa pertandingan lalu sehingga kami harus mempersiapkan pertandingan ini seperti final seperti yang saya katakan. Kami menghormati mereka tetapi di sisi lain kami tahu tentang kualitas kami,” tegasnya.

“Motivasi selalu tinggi ketika Anda bermain di Old Trafford. Saya berharap mereka datang ke sini untuk mencoba mengambil poin, semua orang memiliki motivasi tinggi untuk bermain melawan Manchester United. Tapi di stadion kami, kami harus menggunakan kualitas kami dan mengeluarkan segalanya untuk tiga poin,” kuncinya.

Dengan hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan bebas dari degradasi, Moyes ingin melihat lebih banyak lagi bukti etos kerja ketika mereka melakukan perjalanan ke Manchester United. “Saya harap kami terus berkembang,” kata Moyes di situs resmi West Ham.

Kapten The Hammers, Mark Noble sementara itu menegaskan tekad mereka ke Manchester United adalah untuk mendapatkan poin. Ia pun berharap menggunakan memori musim 2006/2007 untuk menghadapi United.

Pada Mei 2007, di minggu dimana ia merayakan ulang tahunnya yang ke-20, Noble menikmati salah satu momen terbaik dalam karirnya ketika West Ham lolos dari degradasi dengan kemenangan 1-0 atas MU berkat gol Carlos Tevez.

Saat itu, West Ham menghadapi MU dengan bintang-bintang seperti Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Paul Scholes, Michael Carrick dan Wayne Rooney. “Aku bisa ingat berdiri di sana di atas lapangan,” tuturnya.

 “Berapa tahun yang lalu? Tigabelas! Sungguh menakjubkan betapa cepatnya berjalan. Dan itulah keindahan nyata dari kenangan yang Anda dapatkan dan kenangan yang luar biasa! Saya ingat melihat jam dan hanya ada 15 menit lagi. Ginge (James Collins) terus berbicara kepada saya, mengatakan ‘Kami hampir sampai!’ Tapi itu adalah paruh terpanjang dalam sejarah!” bebernya.

Sekarang Noble yang sudah berusia 33 tahun tidak pernah lagi merasakan kemenangan dalam delapan kunjungannya ke Theatre of Dreams. “Kami akan pergi ke sana untuk mendapatkan beberapa poin dan saya pikir itulah cara kami perlu melihat setiap pertandingan,” tegasnya.

Seperti MU, Nobel juga memberi respek tinggi pada lawannya. “Mereka telah kembali dari lockdown dengan Mason Greenwood dan Paul Pogba kembali dan dengan Bruno Fernandes mereka terlihat seperti tim top yang nyata sekarang. Tapi ini adalah Liga Premier tanpa penggemar, jadi Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, dan kita bisa pergi ke sana dan mencoba menikmati permainan di Old Trafford,” ujarnya.

MU masih tanpa Axel Tuanzebe, Phil Jones, dan Eric Bailly. Sementara Luke Shaw masih diragukan bisa bermain. Di kubu West Ham, mereka tanpa Robert Snodgrass dan Ryan Fredericks masih akan dilihat perkembangannya jelang kickoff. (amr)

Prakiraan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): Romero; Bissaka, Maguire, Lindelof, Mensah; Pogba, McTominay; Greenwood, Fernandes, Rashford; Martial

West Ham United (4-2-3-1): Fabianski; Johnson, Diop, Ogbonna, Cresswell; Rice, Soucek; Bowen, Noble, Fornals; Antonio

Head to head

22/09/19 West Ham United 2-0 Manchester United

13/04/19 Manchester United 2-1 West Ham United

29/09/18 West Ham United 3-1 Manchester United

10/05/18 West Ham United 0-0 Manchester United

13/08/17 Manchester United 4-0 West Ham United

Lima pertandingan terakhir Manchester United

19/07/20 Manchester United 1-3 Chelsea

16/07/20 Crystal Palace 0-2 Manchester United

13/07/20 Manchester United 2-2 Southampton

09/07/20 Aston Villa 0-3 Manchester United

04/07/20 Manchester United 5-2 Bournemouth

Lima pertandingan terakhir West Ham United

17/07/20 West Ham United 3-1 Watford

11/07/20 Norwich City 0-4 West Ham United

08/07/20 West Ham United 0-1 Burnley

05/07/20 Newcastle United 2-2 West Ham United

01/07/20 West Ham United 3-2 Chelsea

Data dan Fakta

MU tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan kandang terakhir melawan West Ham di semua kompetisi.

MU mencetak setidaknya 2 gol dalam 6 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier.

MU tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier.

MU menang di babak pertama dan penuh waktu dalam 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier.

MU mencetak setidaknya 2 gol dalam 3 pertandingan kandang terakhir melawan West Ham di semua kompetisi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir