Timnas U-19 di Grup Neraka, Indra: Saya Yakin Bisa Lolos

Foto: PSSI.org

FAJAR.CO.ID, KUALA LUMPUR – Timnas Indonesia U-19 berada di grup neraka bersama juara empat kali Asia, Iran dan tuan rumah Uzbekistan pada fase grup Piala AFC U-19. Itu merupakan hasil drawing di markas Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 18 Juni kemarin.

Pastinya, hanya Kamboja yang relatif akan jadi laga mudah bagi Garuda Muda di Grup A. Sebelum drawing, Indonesia berada di pot 2 bersama Jepang, Tajikistan dan Australia. Tim Merah Putih lolos ke putaran final yang digelar di Jakarta, dengan status juara Grup K, dengan tujuh poin. Undian kualifikasi Piala Asia U-19 2020 telah dilaksanakan 9 Mei lalu dan diumumkan oleh AFC.

Meski begitu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa ia yakin Timnas U-19 dapat meraih hasil terbaik dia ajang ini. Apalagi persiapan yang matang tentunya akan mendapat hasil yang positif.

“Saya pikir karena saya sudah coba dua kali di ajang Piala AFC U-19, karena itu grupnya kita yakin bisa lolos grup. Setelah itu kita lihat babak selanjutnya,” kata Indra Sjafri dalam siaran pers PSSI, kemarin.

“Uzbekistan pernah kita kalahkan, semua tim yang di grup tersebut juga sudah pernah dikalahin sama Indonesia. Mudah-mudahan coach Shin Tae-yong bisa membawa Timnas U-19 mengalahkan mereka. Yang penting ajang ini menjadi ajang pemanasan untuk Timnas U-19 sebelum mengikuti Piala Dunia U-20 tahun depan,” tambah pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019.

Para peserta dibagi menjadi Zona Barat dan Zona Timur.Total terdapat 46 tim yang terbagi 25 tim di Zona Barat dan 21 tim di Zona Timur. Para peserta dibagi ke dalam 11 grup. Sembilan grup terdiri dari empat tim, sedangkan dua grup sisanya dihuni lima tim.

Grup yang dihuni lima tim akan memulai kualifikasi pada 2 November, sementara grup yang hanya diisi oleh empat tim bakal start 6 November. Seluruh kualifikasi ini akan berakhir pada 10 November. Juara setiap grup akan lolos ke putaran final, yang rencananya diselenggarakan pada 14-31 Oktober tahun depan.

Timnas U-19 asuhan manajer pelatih Shin Tae-yong akan berlaga di ajang ini pada 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Sebanyak 16 tim yang berlaga di ajang ini dibagi menjadi empat grup, lalu empat tim semi finalis berhak tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang di Indonesia.

Timnas U-19 ikut ke putaran final Piala AFC U-19 setelah lolos dari babak kualifikasi Piala AFC U-19 pada November 2019. Bermain di Stadion Madya dan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Garuda Muda finis di tempat pertama di atas Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. (fin/tgr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir