Preview Mallorca vs Barcelona: Harusnya Pesta Gol

Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID, PALMA—Barcelona akan mengunjungi Iberostar Stadium, Palma untuk melakoni pekan ke-28 La Liga. Persaingan ketat dengan Real Madrid membuat Raksasa Catalan wajib memenangi pertandingan ini.

KALAU melihat kondisi kedua tim, laga dinihari nanti mestinya bisa dimenangkan dengan mudah oleh Lionel Messi dkk. Malah, melihat posisi kedua klub di klasemen, duel ini ibarat pertarungan si raksasa, Goliath versus David si kecil dalam kisah dongeng

Hingga pekan ke-27,Barcelona adalah pemuncak klasemen dengan poin 58. Sebaliknya, tuan rumah masih terjerambab di zona dengradasi. Dengan poin hanya 25, klub berjuluk Los Bermellones tersebut tertahan di peringkat ke-18.

Jika merujuk head to head kedua tim, Barcelona bahkan harusnya bisa berpesta gol di Mallorca. Seperti diketahui, dalam lima pertemuan paling anyar mereka, Barcelona total melesakkan 21 gol atau rata-rata 4 gol per laga.

Barcelona sebagaimana data yang dikutip dari Whoschored juga memenangkan 10 dari 12 pertandingan tandang terakhir mereka melawan Mallorca di semua kompetisi. Yang mesti dikhawatirkan Barca adalah catatan tandang mereka musim ini.

Bukan hanya sudah menelan lima kekalahan, gawang Marc-Andre ter Stegen juga sangat gampang jebol. Mereka kebobolan setidaknya dua gol dalam lima pertandingan tandang terakhir mereka di La Liga.

Tapi, keroposnya lini belakang bisa ditutupi dengan ketajaman trisula Raksasa Catalan. Apalagi, Luis Suarez diklaim Pelatih Barca, Quique Setien sudah bisa bermain. Hanya saja, Suarez yang sempat divonis absen hingga akhir musim setelah menjalani operasi di awal tahun tidak bisa bermain 90 menit.

Setien kepada Tot Costa menegaskan, ia tidak akan mengambil risiko dan memaksakan Suarez bermain full. “Suarez bisa bermain sejak awal, tapi saya merasa ceroboh untuk membuatnya memainkan seluruh pertandingan,” kata Setien dikutip dari Barca Blaugranes.

Di luar problem Suarez, Barca nyaris tidak punya masalah. Hanya Ousmane Dembele, Clement Lenglet dan Nelson Semedo yang akan absen karena cedera dan skorsing. Tapi, pemain lain, termasuk Samuel Umtiti dan Sergi Roberto bisa menutupi absennya Lenglet dan Semedo.

Gelandang Barca, Frenkie de Jong menjelaskan, timnya saat ini sangat siap memulai liga setelah rehat akibat pandemi virus corona. Menurutnya, dari awal musim hingga Maret, mereka tidak dalam performa bagus. Tapi, sekarang, ia percaya timnya jauh lebih baik.

“Sebelum liga berhenti, kami mengambil tempat pertama tetapi kami tidak dalam kondisi terbaik. Liga banyak berubah, kami tidak konsisten tetapi Madrid juga tidak. Namun, saya pikir kami akan menjadi tim yang lebih baik daripada yang Anda lihat sebelum rehat,” tegasnya kepada AFP dikutip dari The National.

Lalu, bagaimana dengan Mallorca? Pastinya mereka akan berusaha membalikkan semua prediksi agar bisa keluar dari zona degradasi. Meski begitu, Pelatih Mallorca, Vicente Moreno mengakui ini memang akan menjadi partai berat bagi anak asuhnya.

“Ini bukan waktu yang tepat untuk menghadapi Barcelona, tetapi kita akan selalu memiliki ilusi melakukan sesuatu dengan sempurna dan berharap mereka tidak memiliki hari yang baik. Sebab jika tidak, itu akan selalu sulit meskipun kita akan mencobanya,” kata Moreno di AS.

Moreno secara khusus menyoroti peran Messi. Menurutnya, Messi selalu menjadi pembeda bagi Barcelona. “Kita beruntung menikmati Messi di satu sisi sebagai penggemar sepak bola, tetapi juga menderita. Dia adalah pemain yang ketika dia ingin membuat perbedaan, itu benar terjadi,” tandasnya.

Mallorca hanya kehilangan Leonardo Koutris dan Lumor Agbenyenu di pertandingan ini. Nama-nama bintang Mallorca, seperti Takefusa Kubo, Fran Gamez, Alejandro Pozo, dan Salva Sevilla semuanya dipastikan siap bermain. (amr)

Prakiraan Pemain

Mallorca (4-4-2): Reina; Gamez, Raillo, Valjent, Pozo; Kubo, Baba, Sevilla, Rodriguez; Hernandez, Budimir

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; De Jong, Busquets, Rakitic (Vidal); Griezmann, Suarez, Messi

Head to head

07/12/19 Barcelona 5-2 Mallorca              

06/04/13 Barcelona 5-0 Mallorca              

11/11/12 Mallorca 2-4 Barcelona              

24/03/12 Mallorca 0-2 Barcelona              

29/10/11 Barcelona 5-0 Mallorca

Lima pertandingan terakhir Mallorca

07/02/20 Eibar 1-2 Mallorca        

01/03/20 Mallorca 0-1 Getafe    

21/02/20 Real Betis 3-3 Mallorca               

15/02/20 Mallorca 1-0 Alaves     

09/02/20 Espanyol 1-0 Mallorca

Lima pertandingan terakhir Barcelona

07/03/20 Barcelona 1-0 Real Sociedad    

01/03/20 Real Madrid 2-0 Barcelona       

25/02/20 Napoli 1-1 Barcelona   

22/02/20 Barcelona 5-0 Eibar      

15/02/20 Barcelona 2-1 Getafe

KEY PLAYERS

Mallorca

Top ratings

Ante Budimir: 6.93

Dani Rodríguez: 6.8

Fran Gámez: 6.76

Top goals

Ante Budimir: 9

Dani Rodríguez: 5

Lago Junior: 4

Top assist

Salva Sevilla: 3

Aleix Febas: 3

Ante Budimir: 2

Barcelona

Top ratings

Lionel Messi: 8.61

Luis Suárez: 7.56

Sergio Busquets: 7.13

Top goals

Lionel Messi: 19

Luis Suárez: 11

Antoine Griezmann: 8

Top assist

Lionel Messi: 12

Luis Suárez: 7

Antoine Griezmann: 4

STATISTIK LA LIGA MUSIM 2019/2020

Mallorca

Gol: 28

Rataan gol: 1

Rataan penguasaan bola: 46%

Akurasi passing: 76,2%

Rata-rata tembakan per laga: 10,3

Tekel per laga: 14,9

Kartu kuning: 59

Kartu merah: 3

Barcelona

Gol: 63

Rataan gol: 2

Rataan penguasaan bola: 62%

Akurasi passing: 88,4%

Rata-rata tembakan per laga: 12,7

Tekel per laga: 14,7

Kartu kuning: 62

Kartu merah: 5

DATA DAN FAKTA

Barcelona mencetak setidaknya 4 gol dalam 3 pertandingan terakhir mereka melawan Mallorca di semua kompetisi.

Barcelona memenangkan 10 dari 12 pertandingan tandang terakhir mereka melawan Mallorca di semua kompetisi.

Barcelona memenangkan 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka di LaLiga.

Barcelona kebobolan setidaknya 2 gol dalam 5 pertandingan tandang terakhir mereka di La Liga.

Mallorca kebobolan lebih dari 2,5 gol dalam 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka melawan Barcelona di semua kompetisi.

Mallorca mencetak di bawah 2,5 gol dalam 3 pertandingan kandang terakhir di La Liga. (Sumber data: Whoschored)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir