Preview Manchester City vs Aston Villa: Takut Heemio

by
Latihan pemain Manchester City/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Raheem Sterling membuat lawan-lawan Manchester City bergidik. Tak terkecuali Aston Villa yang akan mengunjungi Etihad Stadium di pekan ke-10 Premier League.

Manajer Aston Villa, Dean Smith bahkan sampai bercanda bahwa mereka mesti mengikat tali sepatu Heemio, sapaan Sterling kalau ingin gawang mereka tetap aman. Menurutnya, winger berusia 24 tahun itu adalah ancaman nyata bagi gawang manapun saat ini.

Sterling musim ini total sudah melesakkan 16 gol bersama The Citizens dan timnas Inggris. Di antara seluruh pemain yang merumput di Inggris, angka itu adalah catatan terbesar. Teranyar, ia mencetak hattrick dalam 11 menit ke gawang Atalanta di ajang Liga Champions.

Dengan kondisi fisik yang begitu bugar serta hasrat menjadi penantang top skor plus tekad membantu klubnya mengejar Liverpool, pemain kelahiran Jamaika itu jelas akan berusaha menambah golnya malam nanti. Makanya, Smith sangat mewaspadai kekasih Paige Milian tersebut.

“Saya akan menggemakan sentimen bahwa dia adalah pemain yang luar biasa. Dia membuktikannya dengan klub dan negara saat ini. Kami sedang berusaha untuk mengikat tali sepatunya! Dia yang harus dihentikan karena dia luar biasa selama enam hingga 12 bulan terakhir,” kata Smith dikutip dari FFT.

Smith dalam sesi jumpa pers jelang laga menegaskan, mereka harus bisa menghentikan Sterling membuat kerusakan yang menurutnya akan sangat sulit. Itu karena Pep Guardiola sudah menyulap eks pemain Liverpool itu menjadi pemain yang lebih paripurna.

“Dia terlihat seperti pemain serba bisa sekarang. Tidak individualistis, dia pemain tim. Sangat menakutkan bahwa dia baru berusia 24 tahun. Dia ada di sana sebagai salah satu pemain terbaik di Eropa,” tegas Smith.

Tapi, di luar ketakutan mereka pada Sterling, Villa yang mengunjungi Etihad dengan bekal tiga kemenangan dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi bertekad membuat kejutan. Kalau Norwich City dan Wolverhampton Wanderers bisa mengalahkan City, Smith yakin anak asuhnya juga punya peluang.

“Anda menyaksikan mereka melawan Atalanta, mereka mencetak lima gol bagus dan itu membuat Anda sedikit gentar. Mereka adalah tim papan atas dengan rekor kemenangan luar biasa di Liga Premier selama dua atau tiga musim terakhir, tetapi mereka telah menunjukkan bahwa mereka tidak sempurna,” tegasnya.

Setelah berhasil memperpendek jarak menjadi enam angka dari Liverpool, Pep Guardiola jelas tidak mau membiarkan Aston Villa  keluar dari Etihad dengan tersenyum. Karena itu, Pep siap menurunkan amunisi terbaiknya malam nanti. Tidak terkecuali Sterling.

“Semua kredit untuknya. Dia pria yang fisiknya luar biasa. Dia sangat kuat. Sehari setelah pertandingan, dia bisa memainkan permainan yang lain.  Regenerasinya luar biasa; dia bisa bermain di kedua sisi. Dia adalah pemain yang luar biasa. Saya pikir dia punya keinginan menjadi lebih baik,” kata Pep di situs resmi City.

Pada lima pertemuan terakhir kedua klub, City yang malam nanti tidak bisa diperkuat Rodri menang empat kali. Termasuk kemenangan 4-0 di dua duel teranyar mereka. Selain itu, City tidak pernah kalah dalam pertandingan kandang liga berturut-turut sejak Februari 2016. Fakta tersebut membuat Villa yang tanpa Jota di laga ini benar-benar mesti ekstra hati-hati. (amr)

 

Prakiraan pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Fernandinho, Mendy; Bruyne, Gundogan, D. Silva; B. Silva, Aguero, Sterling

Aston Villa (4-3-3): Heaton; Guilbert, Engels, Mings, Targett; McGinn, Nakamba, Hourihane; Trezeguet, Wesley, Grealish

 

Head to head
05/03/16 Manchester City 4-0 Aston Villa

30/01/16 Aston Villa 0-4 Manchester City

08/11/15 Aston Villa 0-0 Manchester City

25/04/15 Manchester City 3-2 Aston Villa

04/10/14 Aston Villa 0-2 Manchester City

 

Lima pertandingan akhir Manchester City

22/10/19 Manchester City 5-1 Atalanta

19/10/19 Crystal Palace 0-2 Manchester City

06/10/19 Manchester City 0-2 Wolverhampton Wanderers

01/10/19 Manchester City 2-0 Dinamo Zagreb

28/09/19 Everton 1-3 Manchester City

Lima pertandingan terakhir Aston Vila

19/10/19 Aston Villa 2-1 Brighton & Hove Albion

05/10/19 Norwich City 1-5 Aston Villa

28/09/19 Aston Villa 2-2 Burnley

25/09/19 Brighton & Hove Albion 1-3 Aston Villa

22/09/19 Arsenal 3-2 Aston Villa

 

REKAMAN PERTEMUAN
Pertandingan: 170
Manchester City menang: 72
Aston Villa menang: 57

Imbang: 41
CATATAN GOL
Total gol: 516

Gol Manchester City: 274
Gol Aston Villa: 242
Selisih gol: 32
REKOR SKOR

Kemenangan terbesar Manchester City: 6-1
Kemenangan terbesar Aston Villa: 7-1
Skor terbesar: 2-6
Hasil imbang terbesar: 3-3

 

 

STATISTIK STERLING MUSIM INI

Premier League

Main: 8

Gol: 6

Assist: 1

Liga Champions

Main: 3

Gol: 4

Assist: 0

Piala Liga Inggris

Main: 1

Gol: 1

Assist: 1

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *