Begini Berbahayanya Angin di Phillip Island, Vinales Berpeluang Start Pertama

by
Aleix Espargaro/Crash

FAJAR.CO.ID, PHILLIP ISLAND—Aleix Espargaro mendukung keputusan Race Direction MotoGP yang membatalkan kualifikasi balapan di Sirkuit Phillip Island. Keputusan ini diambil setelah mereka mendengarkan masukan dari pembalap yang menganggap angin sangat berbahaya.

Pada latihan bebas keempat (FP4) hari ini, Miguel Oliveira sempat mengalami kecelakaan ketika dia terpental keluar jalur akibat terpaan angin. Komisi Keselamatan kemudian dipanggil bersama para pengendara untuk melakukan pertemuan.

Hampir semua pembalap merasa tidak aman untuk melanjutkan dan Race Direction mengumumkan pembatalan kualifikasi MotoGP. Kualifikasi selanjutnya akan diadakan setelah pemanasan pada hari Minggu. Jika tetap tidak bisa dilaksanakan, posisi grid akan ditentukan oleh waktu latihan bebas gabungan dimana Maverick Vinales akan berada di posisi pole.

“Jelas keputusan yang tepat, hampir semua orang setuju bahwa hari ini sangat, sangat berbahaya untuk berkendara. Kecepatan angin sangat tinggi dan tidak konstan, jadi sangat sulit untuk diprediksi,” kata Espargaro dikutip dari Crash.

Menurut Espargaro, balapan dalam kondisi angin seperti yang terjadi di FP4 sangat berbahaya. “Saya berada di belakang Oliveira ketika dia jatuh. Dia melakukan segalanya dengan sempurna di tikungan pertama tetapi angin datang, menabraknya dan tabrakan besar. Jadi saya pikir kami mengambil keputusan yang baik,” jelasnya

Espargaro lantas menggambarkan mengapa hembusan angin begitu menakutkan di Phillip Island. “Tikungan 1 dan terutama 3 sangat sulit. Perasaannya adalah kami berputar dengan satu roda, hanya roda belakang. Roda depan melayang, jadi sangat berbahaya!” ujarnya. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *