Jebol di Menit 85, PSM Dipermalukan Persija di Stadion Andi Mattalatta

by
Selebrasi pemain dan official Persija usai striker, Simic mencetak gol ke gawang PSM/ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—PSM Makassar dipermalukan Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta pada laga lanjutan Liga 1. Gol Marko Simic di menit ke-85 menjadi penentu kemenangan 1-0 Macan Kemayoran. Ini adalah kekalahan kedua PSM di kandang sendiri musim ini.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan ini, peluang  pertama didapatkan PSM di 20 menit awal ketika Rizky Pellu menerima umpan tarik dari Rizky Eka. Sayang, tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti bisa ditangkap Andritany Ardhiyasa. Ini direspons Marko Simic setelah menerima umpan Riko Simanjuntak di mulut gawang. Namun, Simic gagal menendang bola dengan baik.

Rizky Eka mendapat peluang terbaik di menit ke-24 ketika ia mendapat bola liar di dalam kotak penalti. Namun, bola hasil tendangan kaki kirinya lagi-lagi bisa ditangkap Andritany. Semenit berselang, Rizky Eka kembali mendapat peluang. Sayang, Andritany lagi-lagi bisa mengamankannya.

Ferdinand Sinaga berhasil menjebol gawang Persija di menit ke-28. Akan tetapi, gol itu dianulir karena Ferdinand Sinaga terlebih dulu berada di posisi ofside. Pada menit ke-30, giliran Raphael Maitimo yang menjajal kehebatan Andritany. Sayang, tendangan jarak jauhnya juga bisa digagalkan dengan kaki oleh Andritany.

Ramdani Lestaluhu lolos dari jebakan ofside beberapa saat kemudian. Beruntung, tendangan kaki kirinya terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi Rivki Mokondompit. Tak mau kalah, Asnawi Mangkualam Bahar juga menguji Andritany di menit ke-35. Tapi Andritany kembali menunjukkan kelasnya sebagai kiper nomor satu Indonesia. Ia berhasil menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok. Skor 0-0 pun menutup paruh pertama.

Kembali dari ruang ganti, jual beli serangan langsung terjadi. Peluang terbaik pertama didapatkan PSM ketika Ezra Walian menerima bola di kotak penalti dari Wiljan Pluim di menit ke-51. Sayang, bola terlebih dulu mengenai tangannya.

Setelah itu, giliran Persija yang mendapat peluang di menit ke-54. Diawali umpan jauh, Simic berhasil mengirim bola kepada Riko. Pemain sayap mungil itu berhasil mengecoh pertahanan PSM sebelum mengirim bola kembali ke Simic, Beruntung bagi PSM, sundulan Simic yang berdiri bebas masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Rivki Mokodompit.

Novri Setiawan nyaris membawa Macan Kemayoran memimpin di menit ke-58 ketika Persija melakukan serangan bergelombang di sisi kanan. Akan tetapi, tendangan keras Novri masih melenceng tipis di sisi kanan tiang gawang PSM.

Skill individu luar biasa dipertontonkan Rizki Eka di menit ke-62 ketika ia berhasil melewati dua pemain Persija dan menembus kotak penalti. Sayang, tendangan keras kaki kirinya masih mengenai badan pemain Persija meski sudah di depan gawang.

Kesalahan bek Persija memberi peluang kepada Pluim di menit ke-66. Pluim pun langsung melepaskan tendangan keras kaki kanan di depan kotak penalti. Tapi, bola masih menyamping di sisi kiri gawang Andritany.

Semenit setelah itu, Amido Balde dimasukkan menggantikan Ferdinand. Lalu, di menit ke-70, Pelatih PSM, Darije Kalezić juga menarik keluar Ezra dan memasukkan penyerang sayap, Zulham Zamrum.

Amido harusnya bisa membawa PSM memimpin di menit ke-74 ketika menerima umpan yang begitu matang dari Pluim. Namun sulit dipercaya, Amido yang berdiri bebas tidak mampu mengarahkan bola ke gawang.

Persija kemudian balik menyerang dan memberi ancaman di menit ke-78 saat Simic mendapat umpan jauh. Beruntung bagi PSM, tendangan jarak dekat kaki kiri Simic masih bisa dijangkau Rivki Mokodmpit.

Setelah Rizky Pellu melewatkan peluang dari umpan manis Zulham, Persija akhirnya mencuri gol di menit ke-85. Diawali serangan dari sisi kanan, Simic mendapatkan bola. Usai mengecoh bek PSM, Simic melepaskan tendangan keras kaki kanan yang bersarang ke sudut kanan gawang Rivki Mokodompit.

Simic nyaris menggandakan keunggulan dua menit kemudian. Beruntung tendangannya ke sudut kiri masih bisa ditangkap Rivki. Pluim harusnya bisa menyamakan kedudukan di injury time saat mendapat bola liar di dalam kotak penalti. Sayang, bola hanya menyamping di sisi kanan gawang. Skor 1-0 pun menjadi hasil akhir. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *