Barcelona-Madrid Ingin El Clasico 18 Desember

by
Foto: MARCA

FAJAR.CO.ID, MADRID—El Clasico yang mempertemukan Barcelona dan Real Madrid yang dijadwalkan 26 Oktober mendatang resmi ditunda. Meski jadwal baru belum diputuskan, Barca dan El Real dilaporkan cenderung menginginkan laga klasik itu digelar pada 18 Desember.

La Liga sebenarnya mengusulkan El Clasico jilid I ini dihelat pada hari Sabtu, 7 Desember dan tidak senang dengan kemungkinan laga digelar Rabu, 18 Desember. Itu karena bisa berdampak pada siaran televisi. Seperti diketahui, pertandingan Rabu malam tidak akan menjangkau penonton yang sama banyaknya ketika El Clasico digelar akhir pekan.

Akan tetapi, usul itu dengan cepat ditolak Barca ataupun Madrid.  Kedua klub menganggap 18 Desember itu sebagai waktu terbaik mereka untuk bermain. Jadwal tunda ini sendiri harus disepakati sebelum 21 Oktober.

El Clasico pertama ini harus ditunda lantaran situasi Catalonia yang diangap tidak kondusif. Menyusul penjatuhan vonis penjara kepada penggerak referendum 1 Oktober 2017 silam, warga melakukan aksi demonstrasi yang berakhir kericuhan.

Aksi protes pada hari kelima kemarin diikuti ratusan ribu orang. Mereka mengibarkan bendera pro-kemerdekaan dan meneriakkan desakan pembebasan kepada tahanan politik. Aksi itu seperti sebelumnya berakhir dengan bentrokan antara pendemo dan polisi anti huru hara.

Hingga kemarin, setidaknya 96 orang dilaporkan terluka di seluruh wilayah Catalonia. Selain itu, puluhan orang juga ditangkap. Sebelumnya, sembilan pemimpin separatis dihukum penjara antara sembilan dan 13 tahun oleh Mahkamah Agung Spanyol. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *