Bakal Ada Demonstrasi, Barcelona Terancam Batal Gelar El Clasico

by
El Clasico/EPA

FAJAR.CO.ID, KATALONIA—Barcelona terancam tidak bisa menjadi tuan rumah laga klasik kontra musuh bebuyutannya Real Madrid, pekan depan. Buntut aksi demonstrasi yang sedang terjadi di Barcelona, Liga Spanyol ingin El Clasico dipindahkan ke Kota Madrid.

Pihak Liga sepak bola Spanyol (LFP) mengatakan bahwa mereka telah meminta federasi sepakbola (RFEF) untuk memindahkan El Clasico antara Madrid dan Barcelona ke ibu kota. Hal tersebut menyusul terjadinya protes keras oleh separatis di Catalonia.

“Kami telah meminta komite kompetisi Federasi Sepakbola Spanyol untuk bertemu dan mengubah lokasi El Clasico ke Madrid karena keadaan luar biasa di luar kendali kami,” kata LFP dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Gulf Time.

Menurut laporan media Spanyol, kelompok separatis akar rumput Catalan dan partai politik sedang mempersiapkan demonstrasi di Barcelona, ​​ibukota Catalan, pada pukul 1 siang pada tanggal 26 Oktober. Itu bertepatan dengan El Clasico di Stadion Camp Nou.

Federasi sepakbola (RFEF) mengkonfirmasi telah menerima permintaan tersebut. RFEF mengatakan mereka memberi waktu hingga Senin waktu setempat kepada kedua klub untuk menyampaikan pendapat mereka. Setelah itu, EFEF akan membuat keputusan apakah memindahkan laga ini atau tetap dilangsungkan di Camp Nou.

Aksi demonstrasi kembali meletus di seluruh Katalonia setelah Mahkamah Agung Spanyol pada hari Senin lalu mengeluarkan keputusan menghukum berat para pemimpin separatis Catalan. Mereka yang dianggap sudah melakukan penghasutan untuk referendum 2017 dan deklarasi kemerdekaan jangka pendek, divonis penjara antara sembilan hingga 13 tahun.

Akibat demonstrasi yang berakhir bentrok dengan aparat di Barcelona dan kota-kota Catalan lainnya dalam dua malam terakhir, puluhan orang dilaporkan terluka dan puluhan lainnya ditangkap. Ketegangan di wilayah timur laut yang kaya itu diprediksi akan terus berlanjut. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *