Preview Indonesia vs Vietnam: Jaga Harga Diri

by
Foto: PSSI

FAJAR.CO.ID, GIANYAR—Indonesia hampir pasti gagal ke Piala Dunia 2022 setelah menelan tiga kekalahan beruntun di Grup G Zona Asia. Namun, pemain harus tetap menjaga harga diri dan kehormatan saat menjamu Vietnam.

KEDUA negara akan berduel di Stadion Kapten I Wayan Dipta, malam ini. Setelah memulai kualifikasi dengan buruk, laga kandang ketiga ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk bangkit dan meraih kemenangan perdana di Grup G.

Kalau bicara sejarah pertemuan kedua negara, anak asuh Simon McMenemy tidak harus minder menghadapi Vietnam. Indonesia dalam 22 pertemuan menurut data Wildstat mampu menang delapan kali dan hanya kalah lima kali.

Pada pertemuan terakhir kedua negara, 2016 silam, Pasukan Garuda bahkan membuat pemain Vietnam menangis di depan pendukung mereka sendiri di Hanoi. Dalam laga leg kedua babak semifinal Piala AFF itu, Hansamu Yama dan kawan-kawan menyingkirkan Vietnam dengan agregat 4-3 setelah bermain imbang 2-2 sepanjang 120 menit.

Dengan modal itu plus dukungan melimpah di Bali, peluang untuk mempertegas superioritas atas Vietnam sangat terbuka. Apalagi, pada saat bersamaan, Pelatih Indonesia, Simon McMenemy mengklaim mental tim asuhannya dalam kondisi sangat baik jelang pertandingan ini.

Menurut pelatih asal Skotlandia itu, timnya sudah melupakan kekalahan 0-5 di Uni Emirat Arab (UEA), akhir pekan lalu. Dan mantan pelatih Bhayangkara FC itu memastikan Hansamu dan kawan-kawan akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya malam nanti.

“Hal positif, ada spirit. Pemain sudah punya motivasi, sudah tersenyum, sudah bahagia. Tentu kami akan bekerja keras bersama-sama melawan Vietnam. Pemain siap bermain dan saya tidak khawatir terhadap mental,” kata Simon di situs resmi PSSI.

Simon tak menutup mata pada kekuatan Vietnam. Makanya, ia meminta anak asuhnya fokus dan tidak lagi melakukan blunder seperti di laga-laga sebelumnya. “Menjadi tantangan melawan Vietnam, apalagi di dua pertandingan awal mereka belum kebobolan. Ini akan jadi pertandingan yang sulit,” tegasnya.

Striker Indonesia, Alberto “Beto” Goncalves menambahkan, mereka akan berusaha menunjukkan performa terbaik dan memenangkan laga ini. “Kami berharap meraih kemenangan,” kata penyerang Madura United tersebut.

Sebelum pertandingan ini, Indonesia yang kebobolan 10 gol di tiga laga awal Grup G mendapat kabar bagus dengan bergabungnya bek Persebaya, Otavio Dutra. Simon memanggil Dutra setelah proses naturalisasinya selesai dan bisa langsung diduetkan dengan Hansamu yang merupakan rekan se-klubnya.

“Mimpi saya menggunakan jersey dan bermain bersama Timnas Indonesia, negara yang saya cintai. Saya sudah datang ke sini sejak 2010 dan bermimpi bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Sudah hampir 10 tahun saya di sini dan berdoa setiap hari agar saya bisa membantu Timnas Indonesia,” jelas Otavio Dutra.

Berhasil menahan imbang Thailand di Bangkok sebelum menaklukkkan Malaysia di Hanoi, pekan lalu, Pelatih Vietnam, Park Hang-seo sangat percaya diri bisa mencuri kemenangan di Gianyar. “Lawan yang kuat, tetapi yakinlah,” kata Park di Laodong.vn.

Park mengaku sudah mematai-matai Indonesia sejak awal. Ia datang menyaksikan pertandingan melawan Thailand di Jakarta. “Indonesia memiliki pemain naturalisasi. Dalam serangan, ada nomor 9,10,17. Mereka memiliki kemampuan bekerja sama dengan baik. Nomor 17 adalah penendang sudut yang cukup bagus. Saya tahu mereka juga baru saja menaturalisasi bek Brasil,” jelasnya.

Kendati begitu, Park tetap menghargai Indonesia dan tidak berani sesumbar akan menang besar. “UEA dan Thailand mengalahkan Indonesia, tapi saya pikir ini bukan masalah besar. Bagi kami, mencetak lebih banyak gol tidak sepenting kemenangan. Tapi, tentu saja, saya juga yakin bahwa Vietnam akan menang,” tegas Park.

Pada pertandingan ini, Park akan menurunkan starter yang relatif sama ketika mereka mengalahkan Malaysia. Selain pencetak gol, Nguyen Quang Hai, Park juga akan memainkan Nguyen Cong Phuong yang dikenal sebagai Messi Vietnam. Di sektor belakang, nama-nama seperti Bui Tien Dung tidak akan tergeser. (amr)

Prakiraan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Wawan; Gavin, Dutra, Hansamu, Ricky; Zulfiandi, Evan; Saddil, Lilipaly, Riko; Beto

Pelatih: Simon McMenemy

Vietnam (4-4-2): Dang Van Lam; Que Ngọc Hai, Bui Tien Dung, Do Duy Manh, Doan Van Hau; Nguyen Trong Hoang, Phạm Duc Huy, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Quang Hai; Do Hang Dung, Nguyen Van Toan

Head to head

07/12/16 Vietnam 2-2 Indonesia
09/10/16 Indonesia 2-2 Vietnam

08/11/16 Vietnam 3-2 Indonesia

22/11/14 Vietnam 2-2 Indonesia

03/12/10 Indonesia 2-1 Vietnam

Lima pertandingan terakhir Indonesia

11/09/19 UEA 5-0 Indonesia

10/09/19 Indonesia 0 – 3 Thailand

05/09/19 Indonesia 2 – 3 Malaysia
15/06/19 Indonesia 6 – 0 Vanuatu
11/06/19 Jordania 4 – 1 Indonesia

Lima pertandingan terakhir Vietnam

10/10/19 Vietnam 1 – 0 Malaysia

05/09/19 Thailand 0 – 0 Vietnam
08/06/19 Vietnam 1 – 1 Curaçao
05/06/19 Thailand 0 – 1 Vietnam
24/01/19 Vietnam 0 – 1 Jepang

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *