Kalahkan Portugal, Ukraina Lolos Piala Eropa 2020

by
Ukraina lolos ke putaran final Piala Eropa 2020/EPA

FAJAR.CO.ID, KIEV—Ukraina berhasil memastikan tempat mereka di putaran final Piala Eropa 2020. Itu setelah mereka mengalahkan juara bertahan, Portugal di laga ketujuh mereka di Grup B Kualifikasi Piala Eropa, Selasa, 15 Oktober dinihari tadi.

Pada laga yang berlangsung di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kyiv, Ukraina yang hanya butuh satu poin membuka skor lewat gol cepat, Roman Yaremchuk. Saat laga baru berjalan enam menit, ia menaklukkan kiper Rui Patricio usai menerima assist dari Sergey Krivtsov.

Bomber andalan tuan rumah, Andriy Yarmolenko menggandakan keunggulan di menit ke-27 usai mendapat umpan dari Vitalii Mykolenko. Skor 2-0 bagi anak asuh Andriy Shevchenko ini bertahan hingga wasit mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, Portugal yang melakukan penguasaan bola hingga 60 persen mencoba mengejar ketertinggalan. Peluang itu terbuka ketika di menit ke-72, Taras Stepanenko mendapat kartu merah yang diikuti penalti Cristiano Ronaldo.

Sayang, meski terus menekan hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan yang bisa dicetak Ronaldo dan kawan-kawan. Skor 2-1 pun menjadi hasil akhir yang memastikan Ukraina lolos ke EURO 2020. Dengan poin 19, Ukraina tidak mungkin lagi terkejar oleh Portugal yang tertinggal delapan angka meski punya satu laga sisa lebih banyak. Sebaliknya, Portugal harus waspada. Mereka bisa saja kehilangan tiket langsung sebab hanya unggul satu angka di atas Serbia. (Live Score/amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *