Ada Apa? Pelatih Ukraina Berterima Kasih pada Portugal usai Lolos ke Piala Eropa

by
Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko / footballua.tv

FAJAR.CO.ID, KIEV—Ukraina memastikan diri sebagai negara kelima yang mengunci tiket putaran final Piala Eropa 2020. Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko menyebut itu sebagai bukti janjinya kepada pendukung usai kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Saya punya banyak emosi. Saya sangat senang sekarang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua Ukraina dan Kiev atas dukungan mereka. Stadion memberi momentum bagi tim. Saya bangga dengan pemain saya. Ssaya bisa berterima kasih kepada para pemain atas dampak dan permainan yang telah mereka perlihatkan,” katanya di ZIK.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada tim Portugal atas sepakbola berkualitas tinggi mereka. Kami dua kali lebih senang memenangkan tiket untuk bermain dengan saingan seperti itu. Dan yang tak kalah pentingnya, saya menepati janji saya setelah turnamen kualifikasi Piala Dunia 2018, ketika saya mengatakan bahwa para penggemar bisa memesan tiket Euro mereka,” ujarnya.

Pada laga yang berlangsung di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kyiv, Ukraina yang hanya butuh satu poin membuka skor lewat gol cepat, Roman Yaremchuk. Saat laga baru berjalan enam menit, ia menaklukkan kiper Rui Patricio usai menerima assist dari Sergey Krivtsov.

Bomber andalan tuan rumah, Andriy Yarmolenko menggandakan keunggulan di menit ke-27 usai mendapat umpan dari Vitalii Mykolenko. Skor 2-0 bagi anak asuh Andriy Shevchenko ini bertahan hingga wasit mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, Portugal yang melakukan penguasaan bola hingga 60 persen mencoba mengejar ketertinggalan. Peluang itu terbuka ketika di menit ke-72, Taras Stepanenko mendapat kartu merah yang diikuti penalti Cristiano Ronaldo.

Sayang, meski terus menekan hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan yang bisa dicetak Ronaldo dan kawan-kawan. Skor 2-1 pun menjadi hasil akhir yang memastikan Ukraina lolos ke EURO 2020. Dengan poin 19, Ukraina tidak mungkin lagi terkejar oleh Portugal yang tertinggal delapan angka meski punya satu laga sisa lebih banyak. Sebaliknya, Portugal harus waspada. Mereka bisa saja kehilangan tiket langsung sebab hanya unggul satu angka di atas Serbia. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *