Preview Ukraina vs Portugal: Mimpi Besar Sheva

by
Oleksandr Zinchenko dan kawan-kawan ditarget lolos usai melawan Portugal/Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty Images

FAJAR.CO.ID, KHARKIV—Andriy Shevchenko menikmati karier luar biasa sebagai striker terhebat Ukraina. Sekarang, sebagai pelatih tim nasional, ia punya mimpi besar meloloskan negaranya ke Euro 2020

Mimpi Sheva itu bisa menjadi kenyataan, dinihari nanti saat Ukraina menjamu juara bertahan, Portugal di Stadion Metalist, Kharkiv. Cukup satu angka, Ukraina dipastikan akan melenggang ke putaran final Piala Eropa 2020.

Mantan bintang Dynamo Kiev dan AC Milan, itu pun sangat antusias menyambut duel kontra Portugal ini setelah mereka memenangkan lima pertandingan terakhir. “Saya ingin melihat proyek ini lolos ke Euro dan tampil baik di sana,” kata Shevchenko kepada AFP.

Sheva diangkat menjadi pelatih Ukraina pada Juli 2016. Meski sempat diragukan lantaran minim pengalaman, Ukraina tampil superior di bawah kendalinya. Khusus di kualifikasi, Ukraina tak terkalahkan dan kini memuncaki klasemen Grup B dengan 16 poin, unggul lima angka di atas Portugal.

“Itu adalah tantangan yang sangat besar bagi saya. Saya setuju untuk melakukannya dengan mata terbuka. Semakin sulit untuk berhasil, semakin memotivasi saya. Saya ingin sukses dengan tim nasional dan saya percaya pada para pemain,” kata Sheva tentang peran manajerialnya.

Untuk pertandingan kontra Portugal, Sheva akan menurunkan komposisi pemain seperti saat mereka menang 2-0 atas Lithuania, akhir pekan lalu. Dengan demikian, nama-nama seperti Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, hingga Junior Moraes akan bermain sebagai starter.

Portugal sementara itu datang ke Ukraina dengan tekad mempermalukan tuan rumah. Pelatih Portugal, Fernando Santos menegaskan, ini adalah partai terbesar anak asuhnya di kualifikasi. “Ini pasti akan seperti final,” kata Santos kepada Sport TV.

Seperti Ukraina, Portugal yang tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan terakhir mereka di kompetisi Eropa juga bisa mengunci tiket jika mampu mencuri tiga angka. Syaratnya, Serbia yang ada di posisi ketiga Grup B tidak mampu mengalahkan Lithuania. Makanya, Santos meminta pemainnya lebih fokus.

Ronaldo dan kawan-kawan datang ke Ukraina dengan modal kemenangan 3-0 atas Luksemburg. Dengan penampilan bagus mereka, Santos diprediksi juga akan memainkan starter yang sama. Termasuk trisula; Joao Felix, Bernanrdo Silva, dan Ronaldo yang mengincari gol ke-700-nya di laga ini. (amr)

Prakiraan Pemain

Ukraina (4-5-1): Pyatov; Bolbat, Krivtsov, Matviyenko, Sobol; Marlos, Malinovskiy, Stepanenko, Zinchenko, Yarmolenko; Junior Moraes

Portugal (4-3-3): Patricio; Semedo, Dias, Pepe, Guerreiro; Neves, Danilo, Fernandes; Bernardo, Ronaldo, Felix

Head to head

22/03/19 Portugal 0-0 Ukraina

Lima pertandingan terakhir Ukraina

11/10/19 Ukraina 2-0 Lithuania
10/09/19 Ukraina 2-2 Nigeria
07/09/19 Lithuania 0-3 Ukraina
10/06/19 Ukraina 1-0 Luksemburg
07/06/19 Ukraina 5-0 Serbia

Lima pertandingan terakhir Portugal

11/10/19 Portugal 3-0 Luksemburg
10/09/19 Lithuania 1-5 Portugal
07/09/19 Serbia 2-4 Portugal
09/06/19 Portugal vs Belanda
05/06/19 Portugal 3-1 Swiss

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *