Preview Belanda vs Irlandia Utara: Ujian Mental Tim Oranye

by
Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Jerman/AFP

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Belanda wajib mengalahkan Irlandia di Stadion Feijenoord, dinihari nanti. Imbang apalagi kalah bisa merusak mimpi Tim Oranye lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2020.

Dengan poin sembilan, Belanda saat ini masih di peringkat ketiga Grup C Kualifikasi EURO 2020. Anak asuh Ronald Koeman yang baru melakoni empat laga terpaut tiga angka di belakang Jerman dan Irlandia Utara yang sama-sama sudah menyelesaikan lima pertandingan.

Meski belum secara otomatis meloloskan mereka karena kedua negara masih harus bersua di Belfast, kemenangan atas Irlandia Utara akan membuka lebar-lebar jalan Belanda ke putaran final. Itu karena Belanda hanya menyisakan laga kontra Belarusia dan Estonia sementara Irlandia Utara masih harus melawat ke Jerman.

Melihat performa anak asuhnya di dua laga terakhir dimana mereka bisa mengalahkan Jerman dan Estonia dengan melesakkan total delapan gol, Koeman yang tidak punya masalah cedera pemain cukup percaya diri menekuk Irlandia Utara. Sekarang, ujian Koeman hanya bagaimana memilih pemain terbaik untuk misi ini.

“Sebagai pelatih, penting untuk berpikir keras tentang tim nasional dan pilihan sulit yang harus Anda buat. Semua pemain telah membuat langkah kuat dan itu yang paling positif,” kata Koeman pada konferensi pers dikutip Reuters.

Koeman menyebut, posisi gelandang dan penyerang bisa saja ia ubah. Khusus sektor tengah, Donny Van de Beek kembali dipanggil setelah absen di laga sebelumnya karena cedera. “Mungkin kami akan membuat beberapa perubahan di antara dua pertandingan, tetapi itu juga tergantung pada kondisinya,” lanjutnya.

Yang patut diwaspadai Koeman adalah tekanan mental pada anak asuhnya. Dengan kegagalan mereka lolos ke Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, permainan Virgil Van Dijk bisa sedikit terganggu kalau mereka tidak mencetak gol cepat atau setidaknya tak mampu unggul di babak pertama.

Dan Manajer Irlandia Utara, Michael O’Neill sepertinya sudah membaca celah itu. “Mereka telah melewatkan dua kompetisi terakhir, jadi itu merupakan tekanan tambahan pada mereka. Skuat Belanda ini tidak berpengalaman seperti skuat sebelumnya dan mungkin itu sesuatu yang kami bisa eksploitasi,” kata O’Neill di Belfast Telegraph.

Kekalahan telak dari Belanda akan menjadi pukulan telak bagi peluang Irlandia Utara untuk lolos sebagai salah satu dari dua wakil grup C. Mereka memang masih bisa melalui jalur play-off, akan tetapi O’Neill menegaskan itu tidak ada dalam pikirannya. Target dia adalah lolos langsung.

“Fokus saya adalah mencoba untuk finis di dua tempat teratas di grup kami. Play-off bukan sesuatu yang akan saya diskusikan dengan para pemain. Fokus kami bulan lalu adalah berusaha memenangkan pertandingan melawan Jerman. Kami tidak berhasil melakukan itu, jadi fokus kami sekarang pindah ke Belanda dan dalam dua pertandingan ini, kami membutuhkan hasil untuk memenuhi syarat itu,” tegasnya.

O’Neill akan mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati di Rotterdam. Walau menyerang adalah salah satu opsinya, bermain bertahan jelas lebih masuk akal. Apalagi, ia memang hanya menargetkan satu angka. “Saya percaya jika kami mendapatkan empat poin melawan Belanda kami akan lolos. Itulah tantangan bagi kami,” ujarnya.

Penyerang Irlandia Utara, Gavin Whyte menjelaskan, pertandingan ini akan sangat sulit. Namun, ia memastikan mereka siap. “Ini mungkin akan menjadi salah satu pertandingan tersulit yang pernah saya mainkan sejauh ini dalam karier saya, tetapi saya benar-benar menantikannya,” kata pemain berusia 23 tahun itu di PA.

Bek kiri Norwich City, Jamal Lewis menarik diri dari skuat Irlandia Utara karena cedera lutut. Skenario yang mungkin dilakukan tim tamu untuk menutupi kehilangan Lewis adalah memindahkan Stuart Dallas ke kiri dan Michael Smith yang kembali dari cedera diplot sebagai bek kanan.

Ini akan menjadi pertemuan ketujuh kedua negara. Di enam duel terdahulu, Belanda unggul head to head dengan tiga kemenangan dan hanya kalah sekali. Pada pertemuan terakhir kedua negara dalam laga uji coba, Juni 2012 silam, Belanda menggasak Irlandia Utara dengan skor 6-0. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Belanda (4-3-3): Cillessen; Veltman, Van Dijk, De Ligt, Blind; Propper, De Jong, Wijnaldum; Malen, Depay, Babel

Irlandia Utara (4-3-3): Peacock-Farrell; Smith, Cathcart, J.Evans, Dallas; McNair, Davis, Saville; C.Evans, McGinn, Lafferty

PERBANDINGAN KEKUATAN

Belanda
Peringkat FIFA: 13
Peringkat UEFA: 11

Irlandia Utara
Peringkat FIFA: 33
Peringkat UEFA: 52

Head to head
02/06/12 Belanda 6-0 Irlandia Utara

12/10/77 Irlandia Utara 0-1 Belanda

13/10/76 Belanda 2-2 Irlandia Utara

07/04/65 Belanda 0-0 Irlandia Utara

17/03/65 Irlandia Utara 2-1 Belanda

09/05/62 Belanda 4-0 Irlandia Utara

 

Lima pertandingan terakhir Belanda

09/09/19 Estonia 0-4 Belanda

06/09/19 Jerman 2-4 Belanda

09/06/19 Portugal 1-0 Belanda

06/06/19 Belanda 3-1 Inggris

25/03/19 Belanda 2 – 3 Jerman

Lima pertandingan terakhir Irlandia Utara
09/09/19 Irlandia Utara 0-2 Jerman

05/09/19 Irlandia Utara 1-0 Luksemburg

11/06/19 Belarusia 0-1 Irlandia Utara

08/06/19 Estonia 1-2 Irlandia Utara

25/03/19 Irlandia Utara 2 – 1 Belarusia

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *