Ini Daftar Pelatih yang Dipecat di Awal Musim 2019/2020

by
Manajer Everton, Marco SIlva/AFP/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LYON—Awal musim 2019/2020 menjadi mimpi buruk sejumlah pelatih di liga elite Eropa. Mereka menjadi tumbal kerasnya persaingan. Beberapa lainnya diprediksi akan menyusul lengser.

KORBAN pertama musim ini adalah Manajer Watford, Javi Garcia. Menyusul hasil buruk tim asuhannya, ia ditendang dari kursinya, 8 September lalu, hanya beberapa pekan setelah Premier League bergulir. Sebagai gantinya, Watford yang tanpa satu pun kemenangan menunjuk kembali pelatih lama mereka, Quique Sanchez Flores.

Hanya berselang tiga hari, klub La Liga, Valencia juga menjatuhkan vonis kepada pelatih yang musim sebelumnya memberi mereka gelar Copa del Rey, Marcelino Garcia Toral. Marcelino didepak setelah berseteru dengan pemilik klub, Peter Lim yang kemudian menunjuk mantan pelatih Timnas Spanyol U-21, Albert Celades.

Setelah Garcia dan Marcelino, ambisi bersaing dan mempertahankan posisi di kasta tertinggi liga masing-masing terus memakan korban. Selasa, 8 Oktober kemarin, dua kabar pemecatan pelatih datang hampir bersamaan dari Liga Italia dan Prancis.

Dari Serie A, Sampdoria secara resmi mengumumkan pemecatan Eusebio Di Francesco. Sebuah pernyataan dari Il Samp menegaskan klub dan Di Francesco memutuskan hubungan mereka dengan persetujuan bersama.

EDF yang baru bergabung ke Marassi musim panas lalu disingkirkan setelah setelah timnya menelan enam kekalahan dari tujuh pertandingan awal Serie A yang membuat mereka terpuruk di dasar klasemen. Sky Sport Italia dan Sport Mediaset mengklaim Beppe Iachini adalah favorit untuk menggantikan pelatih berusia 50 tahun.

Beberapa jam setelahnya, raksasa Prancis, Lyon juga mengeluarkan pengumuman pemecatan Sylvinho lewat laman resmi mereka. Olympique Lyon memecat Sylvinho dari jabatan manajer setelah mereka terpuruk di peringkay 14 dengan hanya dua kemenangan dari sembilan laga.

Terbaru, Lyon takluk 0-1 dalam Derby Rhone-Alphis kontra Saint Etienne yang beberapa hari sebelumnya juga memecat pelatihnya. “Olympique Lyonnais memutuskan untuk menerapkan prosedur untuk penghentian kontrak kerja Sylvio Mendes Campo Junior,” demikian pernyataan Lyon.

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger disebut-sebut berpeluang mengisi posisi Sylvinho. Namun, untuk sementara, Lyon menunjuk asisten pelatih Gerald Baticle sebagai manajer interim. “Selama penerapan prosedur ini, sesi latihan akan dimpimpin Gerald Baticle di bawah pengawasan Direktur Olahraga Juninho,” jelas Lyon.

Hari ini, pelatih yang jadi korban pemecatan bertambah. AC Milan secara resmi mengumumkan pemecatan Marco Giampaolo. Sebagai gantinya, Rossoneri menunjuk mantan pelatih Inter Milan, Stefano Pioli sebagai allenatore baru mereka.

Selain yang sudah dipecat, beberapa pelatih lain kini di ujung tanduk. Di Italia ada naman Pelatih Genoa, Aurelio Andreazzoli. Bahkan, nama-nama calon penggantinya sudah berseliweran di media pasca kekalahan dalam laga terakhir kontra Milan. Jika Genoa sudah menemukan pelatih baru, pemecatannya akan langsung diumumkan.

Di Inggris dan Spanyol, beberapa pelatih juga di ambang pemecatan. Marco Silva yang membesut Everton disebut-sebut paling berpeluang menyusul Javi Garcia. Ada juga nama manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, serta pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. Sedangkan di La Liga, Fran Escriba, Mauricio Pellegrino, serta David Gallego diklaim paling rawan posisinya. (amr)

Pelatih yang Dipecat

Marco Giampaolo (AC Milan/Serie A)

Javi Garcia (Watford/Premier League)

Marcelino Garcia Toral (Valencia/La Liga)

Eusebio Di Francesco (Sampdoria/Serie A)

Sylvinho (Lyon/Ligue 1)

Ghislain Printant (Saint Etienne/Ligue 1)

Marcel Keizer (Sporting Lisbon/Primera Liga Portugal)

Jorge Manuel Fernandes (SAD Belenenses/ Primera Liga Portugal)

Terancam Dipecat

Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United/Premier League)

Marco Silva (Everton Premier League)

Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur Premier League)

Aurelio Andreazzoli (Genoa/Serie A)

Fran Escriba (Celta Vigo/La Liga)

Mauricio Pellegrino (CD Leganes/La Liga)

David Gallego (Espanyol/La Liga)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *