Menyerahlah Solskjaer, Anda Sudah Terpojok

by
Ole Gunnar Solskjaer/Phil Cole/PA

FAJAR.CO.ID, NEWCASTLE—Start buruk Manchester United musim ini membuat posisi Ole Gunnar Solskjaer semakin terpojok. Dengan performa yang benar-benar sangat tidak meyakinkan, nasib Solskjaer berada di ujung tanduk.

Tagar #OleOut juga sudah dua kali menjadi trending topik dalam sepekan terakhir. Desakan fans itu juga sudah membuat petinggi MU dilaporkan mulai kehabisan kesabaran. Pada saat bersamaan, pemain dilaporkan mulai memprotes taktik sang manajer.

United saat ini berada di posisi ke-12 klasemen sementara. Dengan poin sembilan, Setan Merah hanya terpaut dua angka dari Everton yang ada di peringkat 18 atau batas akhir zona degradasi. Itu membuat Solskjaer diprediksi sebagai salah satu dari tiga manajer yang kemungkinan menjadi pelatih Premier League kedua yang dipecat setelah Javi Garcia yang disingkirkan Watford September lalu.

Fans menganggap 17 poin yang didapatkan MU dalam 16 pertandingan Premier League sejak Solskjaer mendapat kontrak permanen sama sekali tidak masuk akal. “Dua kemenangan dalam 13 pertandingan Premier League. Tidak memenangkan pertandingan tandang sejak menang di Paris. Belum mencetak lebih dari dua gol di liga sejak awal musim. Tidak ada gaya bermain yang jelas. Singkirkan dia #OleOut,” tulis penggemar bernama Taz di Twitter.

Wakil Ketua Eksekutif United, Ed Woodward seolah merespons desakan fans. Ia dilaporkan mulai menyinggung soal manajer baru Setan Merah. Ed Woodward mengatakan bahwa manajer Man Utd berikutnya mesti mendapat setidaknya 700 juta poundsterling untuk transfer pemain. Anggaran besar itu menurut Ed Woodward diperlukan untuk membawa kembali tim ke puncak persaingan Premier League.

Meski belum ada nama calon pengganti yang dimunculkan petinggi MU, sudah beredar nama-nama seperti Brendan Rodgers, Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri, hingga Laurent Blanc. Mereka dianggap punya potensi sebagai calon penerus Solskjaer jika Woodward memutuskan untuk memecatnya.

Mantan gelandang Arsenal, Paul Merson menyebut setiap manajer baru MU harus menghabiskan 700 juta poundsterling untuk membangun skuat yang bisa punya daya saing. Tapi, Merson juga tidak yakin siapa yang berani mengambil pekerjaan di Old Trafford dengan besarnya tekanan setelah masa kejayaan Sir Alex Ferguson berakhir.

“Siapa yang mengambil pekerjaan ini? Ini adalah pekerjaan sekali seumur hidup. Ini adalah pekerjaan seharga 700 juta poundsterling. Jika seseorang seperti Allegri masuk, dia ingin menghabiskan 700 juta poundsterling. Mereka membutuhkan tujuh pemain,” kata Merson ketika berbicara di The Debate di Sky Sports.

Setelah jeda internasional, MU akan menjamu pemimpin liga, Liverpool yang menyapu bersih delapan pertandingan mereka musim ini. Kalau kalah lagi, bukan tidak mungkin itu menjadi pertandingan terakhir Solskjaer.

“Liverpool adalah pertandingan yang sempurna bagi kami. Jeda internasional juga datang pada waktu yang tepat. Pemain akan kembali segar. Kami belum mendapatkan hasil hari ini tetapi kami harus terus melanjutkan,” tegas Solskjaer di situs resmi MU.

Axel Tuanzebe juga berharap laga kontra Liverpool menjadi momentum bangkit MU. “Sekarang ini adalah fase sulit, tapi kami percaya pada apa yang kami lakukan. Pertandingan berikutnya yang kami nantikan adalah Liverpool. [Kami] pasti ingin mendapatkan hasil dalam pertandingan itu,” ujar sang bek di MUTV. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *