Kata Koeman, De Ligt Sedang Sekolah Bek di Italia bersama Juventus

by
Matthijs de Ligt/EPA

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman mengatakan bek Matthijs de Ligt masih perlu beradaptasi dengan cara baru dalam bertahan bersama Juventus. Koeman menegaskan, pemain berusia 20 tahun itu kini tengah mengambil pelajaran bertahan di “sekolah Italia”.

De Ligt bergabung ke Juventus bulan Juli dengan biaya awal 75 juta euro setelah musim yang gemilang bersama Ajax. Dia melakoni debut buruk dalam kemenangan 4-3 dramatis Juventus atas Napoli. Meski sudah mulai makin membaik, ia masih tetap punya ruang perbaikan. “Saya pikir dia benar-benar perlu beradaptasi dengan cara bertahan yang baru, karena itu berbeda dari cara dia bermain di Ajax,” ujar Koeman di Goal.

Bagi Koeman, proses adaptasi ini memang tidak mudah. Apalagi, gaya bertahan ala Maurizio Sarri berbeda dengan cara pelatih Juventus sebelumnya, Massimiliano Allegri. “Itu semacam ‘sekolah Italia’. Bonucci mengatakan hal yang sama: dia juga perlu beradaptasi dengan gaya semacam ini. Saya pikir Matthijs butuh waktu. Tapi dia sudah sangat bagus di usia ini akan aneh kalau dia tidak terus belajar,” lanjut legenda Barcelona itu.

Koeman sendiri tidak pernah ragu dengan kemampuan De Ligt. “Tepat sebelum jeda internasional terakhir, ada banyak kritik, tetapi dia masih bermain sangat baik dengan tim nasional. Saya pikir ini adalah lingkungan yang sangat bagus baginya. Tetapi seiring waktu, saya pikir dia akan belajar bagaimana beradaptasi dengan posisi barunya di Juventus juga. Saya pikir dia bisa mencapai level yang sangat tinggi baik di tim kami maupun di Juventus,” tandasnya. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *