Preview Liverpool vs Leicester: Warning Benteng

by
Virgil van Dijk/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool akan ditantang Leicester City di pekan kedelapan Premier League, malam nanti. Tidak boleh ada kesalahan benteng pertahanan jika The Reds ingin melanjutkan rekor 100 persennya.

Performa sektor bek memang menjadi sorotan utama menjelang duel di Anfield. Itu setelah penampilan buruk mereka menghadapi klub Austria, Salzburg di Liga Champions. Pada laga tersebut, Liverpool kebobolan tiga gol yang membuat mereka nyaris kehilangan dua poin di kandang.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp yang memainkan Joe Gomez untuk mendampingi Virgil van Dijk di sektor bek tengah menegaskan, laga kontra Salzburg itu mesti menjadi pelajaran bagi anak asuhnya. Ia mewarning timnya segera berbenah diri kalau tidak ingin kembali mendapat masalah.

Warning Klopp penting mengingat tim tamu memulai musim dengan luar biasa. Di tujuh laga awal, mereka bisa mengalahkan Tottenham Hotspur dan mengimbangi Chelsea di London. Teranyar, mereka menghajar Newcastle United lima gol tanpa balas untuk naik ke posisi ketiga.

Tokoh sentral di balik sukses itu adalah bomber 32 tahun, Jamie Vardy. Mantan penyerang Inggris itu sejauh ini sudah melesakkan lima gol. Luar biasanya sebab kelima gol itu, termasuk dua ke gawang Newcastle hanya ia cetak dari tujuh tembakan. Kalau keropos lagi, Vardy bisa menjadi mimpi buruk mereka.

“Itu adalah pelajaran yang sangat penting bagi kami. Kita akan belajar tetapi kita harus belajar dengan cepat. Saya tahu sebelumnya bahwa kita harus banyak meningkatkan permainan kami, tetapi sekarang semua orang tahu itu mungkin,” kata Klopp di Foxes of Leicester.

Klopp mengatakan, Leicester juga jelas sudah mempelajari penampilan mereka dan akan berusaha memanfaatkan setiap kesalahan Liverpool. “Saya yakin Brendan Rodgers berpikir jika kita bertahan seperti ini, mungkin Jamie Vardy akan melewati kiper lima kali dan mencetak gol,” ujar Klopp.

Van Dijk yang banyak disorot setelah dengan gampang dilewati pemain Salzburg menegaskan, mereka tidak boleh panik hanya lantaran satu performa buruk. Ia juga secara khusus berjanji akan kembali menggalang pertahanan bagus untuk Si Merah.

“Tidak ada alasan untuk panik sama sekali, kita hanya perlu santai, melihat apa yang bisa diperbaiki. Ada banyak. Kami akan menganalisanya, dan kami memiliki pertandingan sulit melawan Leicester pada hari Sabtu. Tapi kami harus percaya diri dan terus melakukan apa yang kita lakukan,” tegasnya di Liverpool Echo.

Andrew Robertson menambahkan, ini akan menjadi pertandingan berbeda. Prediksinya, ini akan lebih sulit. “Sabtu bisa berbeda jadi kami perlu melihatnya dan kami harus bermain lebih baik. Kami membutuhkan performa yang lengkap dan kami membutuhkannya pada hari Sabtu,” tandasnya.

Tampil hebat di awal musim, Leicester percaya diri kali ini bisa mengakhiri rentetan delapan lawatan tanpa kemenangan di Anfield. “Kami hanya ingin melanjutkan level kinerja kami. Kami membawa pola pikir positif yang nyata ke dalam permainan kami, tidak peduli siapa lawannya,” kata manajer, Brendan Rodgers di AFP.

Meski begitu, Rodgers yang kembali ke Anfield untuk pertama kalinya setelah dipecat Liverpool 2015 silam memastikan ini akan jadi laga sulit. “Liverpool berada di jalur yang luar biasa, mereka adalah lawan yang hebat untuk menguji dan menantang kualitas tim kami,” tuturnya.

Bek Leicester, Ben Chilwell sementara itu berusaha memprovokasi rekannya untuk habis-habisan demi Rodgers. “Setiap manajer yang kembali ke stadion lama mereka ingin mendapatkan kemenangan. Akan menyenangkan pergi ke sana dan memberikan kinerja bagus untuk bos. Musim lalu kami tampil baik di kedua kesempatan melawan mereka,” ujarnya di Sky Sports.

Seperti pelatihnya, Chilwell mengharapkan pertemuan yang sulit. Sorotan utama bek Inggris itu adalah trisula Liverpool; Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane. “Sangat sulit menghentikan mereka. Tetapi sebagai tim semoga kita dapat mencobanya,” tandasnya.

Liverpool yang memenangi 16 laga Premier League secara beruntun sejak musim lalu masih tidak bisa diperkuat Nathaniel Clyne dan Xherdan Shaqiri. Kiper Alisson Becker sudah kembali berlatih namun kemungkinan belum turun sebagai starter bersama bek Joel Matip. Di kubu The Foxes, mereka tanpa Matty James dan masih harus menunggu perkembangan James Maddison. (amr)

Prakiraan Pemain
Liverpool (4-3-3): Adrian; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.

Leicester City (4-1-4-1): Schmeichel; Pereira, Evans, Soyuncu, Chilwell; Ndidi; Perez, Praet, Tielemans, Barnes; Vardy

Head to head

30/01/19 Liverpool 1-1 Leicester City

01/09/18 Leicester City 1-2 Liverpool

30/12/17 Liverpool 2-1 Leicester City

23/09/17 Leicester City 2-3 Liverpool

19/07/17 Leicester City 2-0 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Liverpool

03/10/19 Liverpool 4-3 Salzburg

28/09/19 Sheffield United 0-1 Liverpool

25/09/19 Milton Keynes Dons 0-2 Liverpool

22/09/19 Chelsea 1-2 Liverpool

17/09/19 Napoli 2-0 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Leicester City

29/09/19 Leicester City 5-0 Newcastle United

24/09/19 Luton 0-4 Leicester City

21/09/19 Leicester City 2-1 Tottenham Hotspur

14/09/19 Manchester United 1-0 Leicester City

31/08/19 Leicester City 3-1 Bournemouth

PEMAIN KUNCI

Liverpool

Top skor

Mohamed Salah: 4

Sadio Mane: 4

Roberto Firmino: 3

Top assist

Roberto Firmino: 3

Mohamed Salah: 3

Andrew Robertson: 2

Leicester City

Top skor

Javie Vardy: 5

Ricardo Pereira: 2

Wilfred Ndidi: 2

Top assist

James Maddison: 2

Jamie Vardy: 1

Jonny Evans: 1

FAKTA KUNCI

Liverpool tidak pernah kalah dalam pertandingan liga kandang melawan Leicester di semua kompetisi sejak Mei 2000. Dalam periode itu, mereka menang enam kali.

Leicester berhasil bermain imbang 1-1 pada pertemuan terakhir Januari lalu yang mengakhiri rangkaian tiga kekalahan berturut-turut dari Liverpool di Premier League.

Liverpool memenangkan 16 pertandingan terakhir mereka di Premier League.

 

Liverpool mencetak setidaknya 2 gol dalam 10 pertandingan kandang terakhir mereka di Premier League.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *