Preview AZ Alkmaar vs Manchester United: Perbaiki Rekor Tandang

by
Juan Mata/Getty Images

FAJAR.CO.ID, DEN HAAG—Manchester United akan melawat ke Belanda untuk menghadapi AZ Alkmaar di matchday kedua Grup L Liga Europa. Ini momentum bagi Setan Merah memperbaiki rekor tandang mereka.

Musim ini, United belum sekalipun meraih kemenangan dalam laga away mereka. Di tiga laga Premier League, hasil terbaik mereka hanya berupa dua hasil seri. Dengan status mereka sebagai salah satu raksasa Eropa, catatan itu jelas mengejutkan.

Makanya, menghadapi AZ Alkmaar, kemenangan mestinya bisa menjadi target skuat Ole Gunnar Solskjaer. Ini masuk akal mengingat AZ Alkmaar tidak bisa bermain di AFAS Stadium. Laga harus dipindahkan ke Stadion Cars Jeans, Den Haag setelah atap stadion mereka runtuh akibat angin kencang, Agustus lalu.

Untuk pertandingan ini, Anthony Martial, Phil Jones, dan Eric Bailly akan absen karena cedera hamstring. Sementara Luke Shaw, Aaron Wan-Bissaka, Diogo Dalot dan Angel Gomes semuanya masih akan dilihat perkembangannya meski peluang mereka untuk ikut ke Belanda sangat kecil.

Khusus Martial yang cedera hamstring, Solskjaer mengakatan, ia sudah mulai berlatih. Hanya saja, laga Jumat ini masih terlalu cepat untuknya setelah absen sejak Agustus. “Mungkin akhir pekan [melawan Newcastle United, dia akan kembali] tetapi jika tidak, setelah akhir pekan. Jelas bukan hari Kamis,” kata Solskjaer di situs resmi MU.

MU sendiri terbang ke Den Haag hanya dengan modal hasil seri 1-1 kontra Arsenal. Meski begitu, Solskjaer yakin hasil itu tidak akan mengganggu anak asuhnya. “Kami tahu tim ini akan membaik dan saya pikir kami melihat beberapa penampilan luar biasa,” tegasnya.

Juan Mata yang akan mengisi lini serang MU bersama Jesse Lingard dan Mason Greenwood menambahkan, laga kontra AZ Alkmaar ini wajib mereka menangkan demi ambisi mereka meraih gelar. “Setiap kali Anda memenangkan kompetisi Eropa, itu istimewa. Saya harap saya bisa memenangkannya untuk ketiga kalinya,” ujarnya di situs resmi UEFA.

Tapi, tidak akan mudah untuk mengalahkan AZ Alkmaar yang kini menempati posisi ketiga Eredivisie. Klub berjuluk The Cheeseheads itu saat ini sedang dalam performa bagus setelah memenangi empat pertandingan liga terakhir mereka.

Kekuatan utama tuan rumah adalah pertahanan. Sejauh ini, mereka hanya kebobolan tiga gol di liga. Saat menghadapi Partizan Belgrade pada laga perdana Grup L, anak asuh Arne Slot juga sudah membuktikan kuatnya benteng mereka. Meski bermain dengan 10 orang sejak menit ke-27 akibat kartu merah Jonas Svensson, mereka masih bisa mencuri poin.

Dan motivasi tuan rumah sangat besar untuk melanjutkan tren positif mereka dalam duel perdana kontra MU. “Ini akan menjadi pengalaman hebat bagi kami sebagai sebuah tim. Bagi banyak pemain, ini adalah momen pembelajaran yang akan bermanfaat bagi selama sisa karier mereka,” kata kiper AZ, Maco Bizot di De Telegraaf.

Selain Svensson yang kemungkinan akan digantikan Yukinari Sugawara di posisi bek kanan, pelatih Arne Slot juga tidak bisa memainkan Albert Gudmundsson. Gudmundsson mengalami cedera dan hanya bermain 28 menit saat timnya menang 2-0 atas Heracles di akhir pekan. (amr)

Prakiraan pemain

AZ Alkmaar (4-2-3-1): Bizot; Sugawara, Vlaar, Wuytens, Wijndal; Midtsjo, Koopmeiners; Stengs, Wit, Idrissi; Boadu

Manchester United (4-3-3): Romero; Young, Tuanzebe, Lindelof, Rojo; Pereira, Matic, Fred; Mata, Greenwood, Lingard

 

Lima pertandingan terakhir Manchester United

01/10/19 Manchester United 1-1 Arsenal

26/09/19 Manchester United 1 – 1 Rochdale AFC
22/09/19 West Ham United 2 – 0 Manchester United
20/09/19 Manchester United 1 – 0 Astana
14/09/19 Manchester United 1 – 0 Leicester City

Lima pertandingan terakhir AZ Alkmaar

15/09/19 AZ Alkmaar 5 – 1 Sparta Rotterdam

20/09/19 Partizan 2 – 2 AZ Alkmaar

22/09/19  ADO Den Haag 0 – 1 AZ Alkmaar

27/09/19 Feyenoord 0 – 3 AZ Alkmaar

29/09/19 AZ Alkmaar 2 – 0 Heracles

PEMAIN KUNCI

AZ Alkmaar

Top rating: Myron Boadu: 7,9

Top goal: Calvin Stengs: 1

Top assist: Calvin Stengs: 1

Manchester United

Top ratings: Axel Tuanzebe: 7,78

Top goal: Mason Greenwood

Top assist: Fred: 1

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *