Gara-gara Tweet Candaan, Bernardo Silva Terancam Sanksi 6 Pertandingan

by
Bernardo Silva/Catherine Ivill/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Gelandang Manchester City, Bernardo Silva terancam terkena larangan bermain enam pertandingan. Itu setelah Tweet candaannya yang ia tujukan kepada rekan setimnya, Benjamin Mendy dianggap sebagai tindakan rasis.

Laporan yang dikutip dari Liverpool Echo, playmaker Portugal itu didakwa oleh Asosiasi Sepak Bola, FA sekaitan aktivitas “menghina dan / atau tidak pantas”. “Diduga bahwa aktivitas pemain Manchester City melanggar FA Rule E3 (1) karena menghina dan/atau tidak patut,” demikian bunyi dakwaan tersebut.

Bernardo Silva yang memiliki waktu hingga 9 Oktober untuk menanggapi dakwaan tersebut dianggap melakukan pelanggaran yang diperburuk. “Lebih lanjut diduga bahwa kegiatan tersebut termasuk ‘Pelanggaran yang Diperburuk’, yang didefinisikan dalam Peraturan FA E3 (2), karena termasuk referensi, baik tersurat maupun tersirat, untuk ras dan/atau warna dan/atau asal etnis,” lanjut dakwaan itu.

Mantan pemain AS Monaco itu mengunggah sebuah foto Minggu lalu di akun twitternya yang diyakini menunjukkan Mendy sebagai seorang anak bersama gambar logo perusahaan permen Spanyol Conguitos, dengan tulisan “Tebak siapa?”. Mendapat banyak sorotan, Tweet itu kemudian dihapus Silva.

Badan Anti-diskriminasi Sepak Bola, Kick It Out salah satu yang mengutuk tweet Silva dan meminta FA untuk mengambil tindakan. Mereka juga menulis surat kepada City untuk mengawasi aktivitas media sosial sang pemain.

“Jujur, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Bernardo adalah salah satu orang paling baik yang pernah saya temui dalam hidup saya. Mendy adalah juga salah satu teman baiknya. Dia seperti saudara bagi dia,” kata Manajer The Citizens, Pep Guardiola di Sky Sports. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *