Data dan Fakta Liverpool vs Salzburg: Tamu tak Pernah Menang Lawan Klub Inggris

by
Sadio Mane akan menghadapi mantan klubnya/Reuters

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool akan menjamu wakil Austria, Salzburg di matchday kedua Grup E Liga Champions, dinihari nanti. Berikut data dan fakta duel itu dikuti dari situs resmi UEFA:

Ini adalah pertemuan pertama kedua klub, dan pertandingan pertama Liverpool melawan klub Austria dalam 15 tahun terakhir.

Salzburg tidak pernah mengalahkan tim Inggris.

Liverpool kalah di markas Napoli untuk tahun kedua berturut-turut. Sementara Salzburg menandai penampilan pertama mereka di kompetisi dalam 25 tahun dengan kemenangan 6-2 atas Genk.

Liverpool tidak terkalahkan dalam 22 pertandingan kandang Eropa mereka (menang 16, imbang 6), sejak kalah 0-3 dari Real Madrid pada 22 Oktober 2014.

Liverpool belum kebobolan dalam lima pertandingan terakhir Liga Champions di Anfield .

Liverpool memenangkan lima pertandingan kandang terakhir mereka di babak penyisihan grup Liga Champions dengan mencetak 18 gol.

Ini adalah pertandingan kandang keempat Liverpool melawan klub Austria. Mereka mencetak masing-masing empat gol di dua laga pertama tetapi pada pertemuan terakhir melawan Grazer AK di leg kedua babak kualifikasi ketiga Liga Champions 2004/05, mereka kalah 0-1.

Liverpool sudah meraih gelar Eropa musim ini setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 5-4 melalui adu penalti di Piala Super Eropa di Istanbul.

Tiga gol pemain Salzburg, Erling Braut Haaland ke gawang Genk di matchday pertama menjadikannya pemain kedelapan yang mencetak hat-trick dalam debut Liga Champions, dan yang pertama melakukannya di babak pertama.

Berusia 19 tahun 58 hari, Erling Braut Haaland adalah pemain termuda ketiga yang mencetak hat-trick di Liga Champions, di belakang Raúl González (18 tahun 113 hari) dan Wayne Rooney (18 tahun 340 hari).

Salzburg memenangkan gelar Bundesliga keenam berturut-turut pada 2018/19 dan menjuarai Piala Austria untuk menyelesaikan musim dengan gelar ganda domestik keenam kalinya.

Satu-satunya penampilan Salzburg sebelumnya di babak grup Liga Champions terjadi pada 1994/95. Pada debut kompetisi Eropa mereka tersebut, mereka hanya meraih satu kemenangan yakni menekuk AEK Athens dengan skor 3-1.

Salzburg tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan tandang Liga Champions (menang 4, imbang 3). Namun, semuanya terjadi di babak kualifikasi.

Salzburg kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka melawan tim Liga Premier tanpa mencetak gol. Termasuk dua pertandingan sebelumnya ketika kalah 0-2 di markas Blackburn dan 0-3 di kandang Manchester City.

Sadio Mané adalah pemain Salzburg antara 2012 dan 2014, mencetak 31 gol dalam 63 pertandingan liga dan memenangkan liga Austria dan gelar ganda domestik pada 2013/14.

Naby Keita adalah bagian dari tim Salzburg yang memenangkan gelar ganda domestik Austria beruntun di 2014/15 dan 2015/16. (am)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *