Preview MU vs Arsenal: Siapkan Senjata Cadangan

by
Mason Greenwood / Lampson Yip - Clicks Images/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United tidak dalam kondisi terbaik menghadapi Arsenal di pekan ketujuh Premier League. Dengan sejumlah cedera, mereka harus menyiapkan senjata cadangan, dinihari nanti.

Sektor penyerang menjadi masalah paling serius Setan Merah. Sebagaimana dikonfirmasi Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, mereka tidak bisa menurunkan Marcus Rashford dan Anthony Martial yang sedang cedera.

Absennya Rashford dan Martial jelas menjadi kerugian besar. Pasalnya, kedua penyerag itu adalah pencetak lebih dari separuh gol United musim ini. Rashford hingga pekan keenam sudah melesakkan tiga gol. Sementara Martial punya koleksi satu gol lebih sedikit.

Solskjaer memang masih memiliki Daniel James yang juga sudah mengemas tiga gol. Tapi, jelas sang pelatih butuh sosok ujung tombak untuk menggantikan Rasford atau Martial. Dan bomber 17 tahun, Mason Greenwood hampir pasti akan mendapat kesempatan itu.

Di luar Premier League, pemain asli akademi United itu adalah top skor MU dengan dua gol. Ia menjadi penentu kemenangan 1-0 MU atas Astana di Liga Europa. Lalu, tengah pekan lalu ia mencetak satu gol ke gawang Rochdale di ajang Carabao Cup.

Walau harus mengunakan senjata cadangan, Solskjaer tampaknya cukup percaya diri. “Saya melihat mereka setiap hari dalam pelatihan dan kami tidak memiliki masalah dengan sikap, tingkat kerja atau keinginan. (Pertanyaan) saat ini, bisakah kita mempercayai diri kita sendiri?” kata Solskjaer dikutip Daily Mail.

Bagi legenda MU itu, yang dibutuhkan pemain muda, termasuk Greenwood hanya ketenangan di lapangan. “Anda bisa melihat melawan Astana dan Rochdale, anak-anak lelaki ini ingin mengesankan. Mereka ingin melakukannya dengan baik dan mungkin mereka terburu-buru menyelesaikannya,” tegasnya.

Musim ini, MU sudah menelan dua kekalahan dan hanya menang dua kali. Pada laga teranyar Premier League, United kalah 0-2 di markas West Ham United. Belum konsistennya penampilan mereka membuat MU terpuruk di posisi ke-11 dengan delapan poin.

Andai kembali gagal mengalahkan The Gunners, United akan menorehkan rekor buruk, yakni gagal mencapai poin dua digit di tujuh pertandingan awal liga untuk pertama kalinya sejak musim 1989/1990. Saat itu, Setan Merah menempati posisi ke-13 di tujuh laga awal.

“Saya tidak pernah mengatakan musim ini akan mudah. Akan ada pasang surut. Ketika kami kehilangan permainan, kami harus percaya diri dengan apa yang kami lakukan. Budaya ada di sana, tidak ada masalah dengan sikap, tingkat kerja atau keinginan,” tegas Solskjaer di BBC.

Tanpa kemenangan dalam 12 pertandingan tandang terakhir ke Old Trafford,  Manajer Arsenal, Unai Emery sangat bersemangat datang ke Manchester. “Saya pikir Senin pukul delapan (Selasa dinihari waktu Indonesia), di seluruh dunia, jika seseorang ingin menonton pertandingan sepak bola, ini yang harus ditonton,” kata Emery di Sky Sports.

Kedua tim bermain imbang 2-2 di Old Trafford Desember lalu ketika tuan rumah dua kali bangkit dari ketinggalan. Dan kali ini, Emery berharap bisa mengulangi hasil di pertemuan terakhir kedua klub Maret lalu di London dimana Arsenal menang 2-0.

“Kami benar-benar ingin memainkan pertandingan di mana kami dapat melakukan sesuatu yang penting. Kami sedang mempersiapkannya dengan baik. Para pemain ingin memainkan pertandingan berikutnya, kami tahu ini adalah peluang yang sangat besar bagi kami untuk mendapatkan tiga poin,” ujar Emery.

Sama seperti MU, Arsenal juga kehilangan penyerang andalannya, Alexandre Lacazette yang mengalami cedera pergelangan kaki. Selain itu, Emery juga tanpa Emile Smith Rowe dan Ainsley Maitland-Niles yang mendapat kartu merah saat Arsenal mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-2.

Tapi, klub London itu masih punya Pierre-emerick Aubameyang yang musim ini telah mencetak enam gol. Aubameyang yang melesakkan 16 gol dalam 16 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi jelas akan jadi ancaman serius bagi pertahanan United. (amr)

Prakiraan Pemain

Manchester United (4-3-3): De Gea; Bissaka, Maguire, Lindelof, Young; McTominay, Matic, Pogba; Mata, Greenwood, James

Arsenal (4-2-3-1): Leno; Chambers, Sokratis, Luiz, Kolasinac; Guendozi, Xhaka; Pepe, Ceballos, Nelson; Aubameyang

Head to head

10/03/19 Arsenal 2-0 Manchester United
25/01/19 Arsenal 1-3 Manchester United
05/12/18 Manchester United 2-2 Arsenal
29/04/18 Manchester United 2-1 Arsenal
02/12/17 Arsenal 1-3 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Manchester United

26/09/19 Manchester United 1 – 1 Rochdale AFC
22/09/19 West Ham United 2 – 0 Manchester United
20/09/19 Manchester United 1 – 0 Astana
14/09/19 Manchester United 1 – 0 Leicester City
31/08/19 Southampton 1 – 1 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Arsenal
25/09/19 Arsenal 5 – 0 Nottingham Forest

22/09/19 Arsenal 3 – 2 Aston Villa
20/09/19 Eintracht Frankfurt 0 – 3 Arsenal
15/09/19 Watford 2 – 2 Arsenal
01/09/19 Arsenal 2 – 2 Tottenham Hotspur

KEY PLAYERS

MANCHESTER UNITED

Top ratings
A. Wan-Bissaka: 7,18
S. McTominay:7,13
H. Maguire: 7,11
Top goals
M. Rashford: 3
D. James: 3
A. Martial: 2
Top assist
P. Pogba: 2
A. Martial: 1
A. Pereira: 1
ARSENAL

Top ratings
N. Pépé: 7,34
P. Aubameyang: 7,22
M. Guendouzi: 7,13
Top goals
P. Aubameyang: 6
A. Lacazette: 2
C. Chambers: 1
Top assist
D. Ceballos: 2
A. Maitland-Niles: 2
S. Kolasinac: 1

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *