Sempat Unggul di Set Pertama, Rinov/Pitha Gagal ke Final Korea Open

FAJAR.CO.ID, SEOUL—Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal memenuhi ambisinya untuk melanjutkan kejutan dan lolos ke babak final Korea Open 2019. Menghadapi wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai Rinov/Pitha dalam pertarungan tiga game.

Rinov/Pitha yang menekuk langkah juara bertahan asal Cina, He Ji Ting/Du Yue di babak delapan besar pada set pertama unggul 22-20. Namun, Dechapol/Sapsiree yang merupakan unggulan keempat turnamen mampu bangkit dan memenangi dua game berikutnya dengan skor 21-11 dan 21-18.

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan hanya menempatkan satu wakilnya di final. Satu-satunya duta Indonesia di partai puncak adalah ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Fajar/Alfian memastikan satu tempat di partai final Korea Open 2019 setelah di semifinal sore tadi mengalahkan pasangan tangguh asal Cina, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Pada pertandingan yang berlangsung di Incheon Airport Skydome, Korea, Fajar/Rian mengalahkan lawannya dalam pertarungan dua set yang diwarnai setting poin. Di game pertama, Fajar/Rian menang 27-25. Sementara pada set kedua, finalis Asian Games 2018 itu menang 22-20.

Bagi Fajar/Rian, ini adalah balas dendam atas Li Jun Hui/Liu Yu Chen setelah di Japan Open 2018 mereka kalah. Saat itu, Fajar/Rian kalah dalam duel tiga set; 20-22, 21-18, 14-21. Di final, Fajar/Rian akan menghadapi ganda Jepang, Takeshi Kamura/ Keigo Sonoda. Unggul empat itu lolos ke final usai mengalahkan wakil tuan rumah Choi Solgyu/Seo Seung Jae dengan skor 21-13, 21-14. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir