Preview Torino vs AC Milan: Duel Tim Pesakitan

by
Pelatih Milan, Marco Giampaolo/EPA

FAJAR.CO.ID, TURIN—AC Milan dan Torino akan berduel di Stadio Grande Torino pada giornata keenam Serie A, dinihari nanti. Kedua klub membutuhkan kemenangan untuk mengakhiri krisis yang menimpa mereka.

Milan dan Torino berada dalam sorotan tajam setelah hasil buruk yang mereka dapatkan belakangan ini. Milan baru saja kalah 0-2 dalam Derby della Madonnina kontra Inter Milan yang menjadi kekalahan kedua mereka musim ini. Sedangkan Torino menelan kekalahan beruntun menghadapi Lecce dan Sampdoria.

Tapi, tekanan kubu Milan untuk bangkit dan memenangkan pertandingan jauh lebih besar. Bukan saja karena mereka kalah dan bermain buruk dalam derbi, namun penampilan mereka di awal musim ini juga dianggap terlalu jauh di bawah ekspektasi.

Dari empat pertandingan sejauh ini, anak asuh Marco Giampaolo hanya mencetak dua gol. Tak berlebihan kalau kemudian kursi sang pelatih mulai digoyang. Koran olahraga yang berbasis di Turin, Tuttosport menyebut Giampaolo kini sudah menerima ultimatum pemecatan.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa mantan pelatih Sampdoria itu hanya diberi kesempatan tiga pertandingan lagi, yakni melawan Torino, Fiorentina, dan Genoa. Jika hasil ketiga laga itu mengecewakan, ia akan ditendang dari jabatannya. “Giampaolo akan menghitung hari. Jabatannya tergantung dari pencapaian Milan sepanjang periode tersebut,” demikian klaim Tuttosport.

Giampaolo sendiri mengakui penampilan tim asuhannya sejauh ini belum sesuai harapan. Khusus dalam derbi Milan, ia menyebut performa mereka menunjukkan bagaimana minimnya pengalaman yang dimiliki skuatnya. “Kami menunjukkan kurangnya kedewasaan,” kata Giampaolo di DAZN.

Gelandang Milan, Lucas Biglia yang berada di starting eleven dan bermain 90 menit penuh kontra Inter juga berkomentar senada. Makanya, ia berharap di markas Torino mereka bisa menunjukkan penampilan bagus. “Kita harus meningkat,” tegas Biglia di situs resmi AC Milan.

Fakta bahwa mereka miskin gol di empat laga membuat Milan harus melakukan sedikit perubahan di sektor depan menghadapi Torino. Dan Giampaolo yang kehilangan Lucas Paqueta di pertandingan ini dilaporkan mempertimbangkan menurunkan Ante Rebic untuk mengganti Rafael Leao yang jadi starter di laga sebelumnya.

Rebic yang didatangkan dari Eintracht Frankfurt musim panas ini akan bermain bersama Suso dan Krzysztof Piatek dalam formasi 4-3-3. “Bermain untuk AC Milan adalah kehormatan besar dan juga tanggung jawab besar. Saya ingin menunjukkan bahwa saya pantas mengenakan baju ini,” tegas Rebic dalam wawancara jelang pertandingan.

Bagaimana dengan Torino? Mereka akan menjadikan laga versus Rossoneri ini sebagai momentum bangkit. Dan misi itu cukup masuk akal kalau melihat catatan lawatan tim tamu. Sejak Desember 2012, Milan tidak pernah meraih kemenangan dalam away mereka ke Kota Turin.

Pelatih Torino, Walter Mazzarri menegaskan, di laga kontra Sampdoria dan Lecce, anak asuhnya tidak pantas kalah. Karena itu, ia berharap kali ini bisa bermain lebih baik dan menunjukkan agresivitas. “Kami harus lebih lapar daripada yang lain. Kejuaraan tahun ini sangat menarik dibandingkan dengan yang terakhir,” katanya di Sky Sports.

Cristian Ansaldi, Vittorio Parigini dan Sasa Lukic akan absen membela Torino akibat cedera. Dan Simone Verdi yang membuat perbedaan besar melawan Il Samp diharapkan mendapatkan start pertamanya. Diego Laxalt diperkirakan juga akan menjadi starter melawan mantan klubnya.

Mazzarri juga sudah bisa mempertimbangkan untuk memainkan kembali Nicolas Nkoulou setelah kembali berlatih bersama rekan-rekannya. “Jika dia melakukan apa yang saya harapkan darinya, saya harus memanggilnya untuk Milan,” ujar Mazzarri di Goal Italia. (amr)

Prakiraan Pemain
Torino (3-4-2-1): Sirigu; Izzo, Lyanco, Bremer; De Silvestri, Baselli, Rincon, Laxalt; Berenguer, Verdi; Belotti

AC Milan (4-3-1-2): G Donnarumma; Calabria, Musacchio, Romagnoli, Theo Hernandez; Kessie, Bennacer, Calhanoglu; Suso; Piatek, Rebic

Head to head

28/04/19 Torino 2-0 AC Milan

09/12/18 AC Milan 0-0 Torino
18/04/18 Torino 1-1 AC Milan

26/11/17 AC Milan 0-0 Torino

16/01/17 Torino 2-2 AC Milan

Lima pertandingan terakhir Torino

22/09/19 Sampdoria 1-0 Torino

16/09/19 Torino 1-2 Lecce

01/09/19 Atalanta 2-3 Torino

29/08/19 Wolverhampton Wanderers 2-1 Torino

26/08/19 Torino 2-1 Sassuolo

Lima pertandingan terakhir AC Milan

21/09/19 AC Milan 0-2 Inter Milan
15/09/19 Verona 0-1 AC Milan

31/08/19 AC Milan 1-0 Brescia

25/08/19 Udinese 1-0 AC Milan

18/08/19 Cesena 0-0 AC Milan

PERBANDINGAN KEKUATAN

Rangking klub UEFA

Torino: 71

AC Milan: 42
REKAMAN PERTEMUAN
Main: 151
Torino menang: 35
AC Milan menang: 61

Imbang: 55
CATATAN GOL

Total gol: 381
Gol Torino: 153
Gol AC Milan: 228
Selisih gol: 75

REKOR SKOR
Kemenangan terbesar Torino: 6-2

Kemenangan terbesar AC Milan: 7-0
Skor terbesar: 6-2
Hasil imbang terbesar: 3-3

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *