Xavi Akui Jatuh Cinta pada Sepak Bola Ala Pep Guardiola

by
Xavi Hernandez / EFE/Getty Images

FAJAR.CO.ID, DOHA—Legenda sekaligus eks kapten Barcelona, Xavi Hernandez saat ini mulai membangun karier sebagai pelatih. Ia menjadi manajer klub Qatar, Al Saad musim panas ini setelah bermain untuk klub itu selama empat tahun.

Berbicara tentang pengaruh dalam karier manajerialnya, mantan pemain timnas Spanyol itu menyebut gaya melatih Pep Guardiola adalah yang ia paling sukai. “Saya jatuh cinta dengan sepak bola Pep Guardiola,” kata Xavi tentang manajer Manchester City itu.

Xavi dan Pep bekerja sama di Barca antara 2008 dan 2012. Dan menurut Xavi, meski berganti klub, Pep tetap mempertahankan gaya bermain timnya yang berbeda dengan pelatih top lainnya. “Tapi ada juga cara lain untuk bermain sepakbola seperti [Jurgen] Klopp, [Mauricio] Pochettino, [Unai] Emery,” jelasnya di The Independent.

BACA JUGA: Benarkah Messi Akan Tinggalkan Barcelona? Ini Pendapat Mantan Kapten

“Sekarang saya sudah mulai sebagai pelatih, saya melihat berbagai metodologi. Anda bisa menang bermain sepakbola dengan cara yang berbeda, tapi saya paling suka City dan Guardiola,” jelas pria berusia 39 tahun tersebut.

Sukses bersama klub dan timnas dimana ia meraih lima gelar Liga Champions di Barca serta Piala Eropa dan Piala Dunia di Spanyol, Xavi punya ambisi besar menjadi pelatih klub top. Pada beberapa kesempatan ia mengatakan punya mimpi melatih Barcelona. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *