Preview AC Milan vs Inter Milan: Momen Balas Dendam

by
Marco Giampaolo dan Antonio Conte/Ronaldo.com

FAJAR.CO.ID, MILAN—Derby della Madonnina akan tersaji di San Siro pada giornata keempat Serie A. Rekor bagus Marco Giampaolo bisa menjadi garansi AC Milan tak lagi inferior, dinihari nanti.

TIGA musim terakhir, Milan hampir selalu kerepotan menghadapi Inter Milan. Rossoneri tidak pernah menang dalam enam pertemuan dengan musuh sekotanya itu di Serie A. Hasil terbaik mereka dalam derbi hanya berupa tiga hasil seri.

Bahkan, musim lalu, dua pertemuan kedua rival kota mode itu berakhir dengan kekalahan untuk Milan. Setelah ditekuk 0-1 di pertemuan pertama, mereka kemudian takluk 2-3 ketika berstatus sebagai tuan rumah.

Catatan minor itu tentu bisa diperbaiki Giampaolo dalam derby Milano edisi 295 ini. Selain karena Milan akan bermain di depan penonton yang mayoritas adalah pendukung mereka, sang allenatore juga memang punya rekam jejak derbi yang bagus.

Saat masih menjadi juru taktik Sampdoria, Giampaolo tidak pernah sekalipun menelan kekalahan dalam derby della Lanterna. Dalam enam laga kontra Genoa, pelatih berusia 52 tahun tersebut menang empat kali dan imbang dua kali.

Harapan agar Giampaolo bisa menularkan catatan manisnya di derbi ini sendiri sudah menghiasi media Italia beberapa hari terakhir. Beberapa legenda Milan berbicara di media soal bagaimana pentingnya pertandingan ini mereka menangkan. Sejarah rivalitas adalah poin utama ekspektasi mereka.

Meski begitu, Giampaolo yang skuatnya dipastikan jauh lebih bugar karena tidak bermain di kompetisi Eropa, mencoba tidak terlalu membebani timnya. Penekanan pelatih kelahiran Swiss itu adalah bagaimana Milan memperlakukan derbi ini sama seperti laga lainnya.

“Anda tidak pergi berperang, tetapi untuk bermain sepak bola. Milan akan mencoba memainkan permainannya dan bermain dengan gaya Milan. Saya selalu memberi tahu anak-anak bahwa Anda harus menghormati semua orang, apakah Anda bermain melawan tim peringkat pertama atau yang terakhir di klasemen,” tegasnya di Calciomercato.

Milan bermodal kemenangan beruntun atas Brescia dan Verona dan baru kebobolan sekali di tiga pertandingan. Namun, dengan hanya keunggulan 1-0 di dua laga, Giampaolo meyakini persiapan mereka menghadapi derbi mesti lebih baik. Apalagi, gol terakhir mereka lahir dari titik putih ketika lawan bermain dengan 10 orang.

“Ada begitu banyak aspek yang perlu kita tingkatkan, itu normal dan benar bahwa ini masalahnya: tidak ada tim yang sempurna dan tidak akan pernah ada. Kita harus bekerja untuk meningkatkan detail,” tegas Giampaolo yang kehilangan Devide Calabria di laga ini.

Bek Milan, Mateo Musacchio yakin bahwa ia dan rekan setimnya memiliki apa yang diperlukan untuk memenangi Derby Madonnina. Dan menurutnya pekan ini akan menjadi istimewa jika mereka benar-benar bisa mengalahkan Inter yang saat ini menjadi satu-satunya klub yang mencatatkan rekor kemenangan 100 persen di Serie A.

“Ini akan menjadi minggu yang istimewa, kami ingin memainkan permainan ini. Kami memiliki tim yang kuat, kami tahu kami bisa melakukannya, kami tahu kami bisa melakukannya,” tegas bek Argentina dalam wawancara dengan AC Milan TV.

Tapi, kubu Inter tidak mungkin membiarkan laga ini menjadi milik Milan. Bomber Nerazzurri, Romelu Lukaku menegaskan ini akan menjadi laga berat bagi Rossoneri. “Kami adalah tim yang hebat dan siapa pun yang datang melawan Inter tahu itu akan sulit bagi mereka. Kami pasti akan sangat siap untuk pertandingan,” ujarnya di Football Italia.

Sayangnya, keyakinan Lukaku tak sejalan dengan hasil terakhir yang mereka raih. Menghadapi Slavia Praha di matchday pertama Liga Champions, Inter nyaris dipermalukan di Giuseppe Meazza. Beruntung Nicolò Barella bisa memaksakan hasil seri di injury time.

Tak heran, Pelatih Inter, Antonio Conte begitu dongkol. Ia menganggap timnya tidak memainkan jenis sepak bola yang biasa mereka latihkan. Dan ia ingin skuatnya bermain lebih bagus di derbi. “Kita harus meningkat dalam hal karakter,” kata Conte di Sky Sports Italia.

Selain Lukaku, Conte bisa kembali mengandalkan Stefano Sensi di laga ini. Mantan gelandang Sassuolo itu terbukti memiliki peran sangat penting dan menjadi pemain terbaik Inter sejauh ini. Sedangkan Milan, mereka akan berharap banyak pada Hakan Calhanoglu dan Krzystof Piatek. (amr)

Prakiraan Pemain

AC Milan (4-3-2-1): G Donnarumma; Conti, Musacchio, Romagnoli, Rodriguez; Kessie, Bennacer, Calhanoglu; Suso, Rebic; Piatek

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; Godin, De Vrij, Skriniar; Candreva, Barella, Brozovic, Sensi, Asamoah; Lautaro Martinez, R Lukaku

HEAD TO HEAD

17/03/19 AC Milan 2-3 Inter Milan

21/10/18 Inter Milan 1-0 AC Milan

04/04/18 AC Milan 0-0 Inter Milan

27/12/17 AC Milan 1-0 Inter Milan

15/10/17 Inter Milan 3-2 AC Milan

Lima pertandingan terakhir AC Milan

16/09/19 Verona 0-1 AC Milan

01/09/19 AC Milan 1-0 Brescia

26/08/19 Udinese 1-0 AC Milan

18/08/19 Cesena 0-0 AC Milan

11/08/19 Feronikeli 0-2 AC Milan

Lima pertandingan terakhir Inter Milan

18/09/19 Inter Milan 1-1 Slavia Praha

15/09/19 Inter Milan 1-0 Udinese

02/09/19 Cagliari 1-2 Inter Milan

27/08/19 Inter Milan 4-0 Lecce

11/08/19 Valencia 1-1 Inter Milan

Top skor

AC Milan

Hakan Calhanoglu: 1

Krzystof Piatek: 1

Inter Milan

Romelu Lukaku: 2

Stefano Sensi: 2

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *