Anderson, Mantan Bintang Muda MU Pensiun Dini

by
Anderson saat masih bersama MU/Getty Images

FAJAR.CO.ID, ISTANBUL—Mantan gelandang Manchester United, Anderson pensiun dini dari sepak bola. Eks peraih gelar Golden Boy itu memutuskan mengakhiri kariernya pada usia 31 tahun. Pemain asal Brasil itu bermain terakhir kali di Turki.

Klub Turki, Adana Demirspor mengungkapkan keputusan Anderson ini. Menurut ketua Adana Demirspor, Murat Sancak, Anderson yang datang tahun lalu akan tetap bersama klub meski dalam posisi di luar lapangan. “Anderson menghabiskan waktu di kamp dengan sangat baik, tetapi tidak terlibat dalam rencana skuat,” kata Sancak kepada Radyospor dikutip dari Goal.

Di peran barunya, Anderson harus menerima pemotongan gaji yang signifikan. “Anderson mengurangi kontraknya yang € 600.000 untuk musim ini menjadi € 200.000. Anderson akan terus bekerja di klub kami. Saya pikir itu akan sangat efektif dalam hubungan luar negeri kami,” jelas Adana yang berencana mengadakan pertandingan testimonial untuk Anderson pada 12 Oktober melawan raksasa Turki Besiktas.

Setelah tampil hebat di Brasil bersama Gremio, Anderson pindah ke FC Porto sebelum berusia 18 tahun pada 2006. Meskipun kakinya patah pada akhir tahun itu, ia tetap menarik perhatian Setan Merah. MU mengontraknya pada 2007 dengan bayaran € 30 juta. Ia menunjukkan tanda-tanda bagus dan mengonversi penalti pada final Liga Champions 2008.

Pada tahun yang sama, Anderson juga diberikan penghargaan pemain muda terbaik, Golden Boy. Penghargaan itu sebelumnya diberikan kepada orang-orang seperti Lionel Messi, Cesc Fabregas dan Sergio Aguero.

Akan tetapi, cedera membuat penampilannya tidak konsisten di Manchester United. Mereka pun berpisah di awal 2015 dimana Anderson kembali ke Brasil untuk bermain bersama Internacional. Meski di tanah kelahirannya, Anderson kesulitan mengembalikan performa terbaiknya. Pada musim panas 2018, ia mendarat di Turki bersama tim level kedua Adana, tempat ia membuat 11 penampilan liga musim lalu. (amr)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *