PSM Kalahkan PS TIRA-Persikabo

by
Pemain PSM merayakan gol Wiljan Pluim/ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—PSM Makassar berhasil mengalahkan PS TIRA-Persikabo dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2019. Kemenangan di laga ke-16 ini membuat Pasukan Ramang kembali ke tren positif mereka di laga kandang. Dari sembilan laga di kandang, PSM menang delapan kali dan kalah sekali. Satu-satunya kekalahan diderita PSM saat menjamu PSIS Semarang di pertandingan ke-14, dua pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Stadion Andi Matalatta, Kamis, 19 September, malam Wita, PSM langsung menekan sejak awal. Di menit ke-2, tuan rumah sudah mendapat peluang emas lewat Ferdinand Sinaga yang mendapat bola dari Muhammad Rizky Eka Pratama.

Sayang, meski sama sekali tidak terkawal dan jaraknya begitu dekat dari gawang Angga Saputra, Ferdinand gagal memaksimalkan peluang bagus dari umpan silang tersebut. Sundulan sang bomber hanya menghantam mistar gawang.

Di menit ke-18, giliran M Rahmat yang mendapatkan peluang emas. Menerima bola dari Ferdinand, Rahmat yang berhasil mendapat ruang tembak terbuka di dalam kotak penalti melepaskan tembakan keras yang melayang jauh di atas mistar gawang.

Setelah melewatkan beberapa peluang, PSM akhirnya bisa membuka keran golnya di menit ke-38. Diawali pergerakan M Rahmat di sektor kiri, bola kemudian diberikan kepada Wiljan Pluim. Sekali kontrol, playmaker asal Belanda itu melepaskan tendangan keras yang bersarang ke sudut kanan gawang Angga.

PS TIRA mencoba merespons setelah tertinggal. Mereka mendapat peluang terbaik di menit ke-40 saat terjadi pelanggaran di depan kotak penalti. Namun, tendangan keras Ciro Alves bisa diblok kiper PSM, Rivki Mokodompit meski sempat menghasilkan kemelut. Tak ada gol tercipta, skor 1-0 menjadi hasil babak pertama.

Kembali dari ruang ganti, PSM langsung menekan. Saat laga baru berjalan dua menit, Pluim sudah memberi ancaman. Menerima bola dari Hasyim Kipuw, Pluim lepas dari pengawalan. Sayang, tendangan Pluim tidak mengenai bola dengan baik sehingga si kulit bundar melenceng jauh dari gawang.

Tim tamu mencoba membalas lewat dua sepak pojok yang cukup merepotkan Rivki. Dua peluang ini direspons PSM lewat dua serangan balik. Pertama lewat M Rahmat yang tinggal berhadapan dengan kiper di menit ke-50. Namun, tendangan Rahmat bisa ditahan Angga dengan tangannya.

Penyelamatan kedua dilakukan Angga untuk menggagalkan peluang Ferdinand. Seperti Rahmat, Ferdinand juga tinggal berhadapan dengan sang kiper. Akan tetapi tendangan kaki kiri Ferdinand juga bisa diblok Angga.

Ciro membalas beberapa menit kemudian. Menerima bola di tengah kotak penalti, Ciro melakukan heading yang melayang tipis di atas mistar gawang. Berawal dari kesalahan Hasyim, Ciro kembali mendapat peluang di menit ke-57. Beruntung bola bisa ditangkap Rivki.

Save terbaik dilakukan Rivki di menit ke-53 ketika menggagalkan peluang Guntur Triaji. Tendangan keras Guntur di depan kotak penalti yang mengarah ke sudut kanan atas gawang berhasil ditinju Rivki dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ke-65, PSM menggandakan keunggulan. Melihat Ferdinand tak terkawal, Rizky Eka mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Tanpa kontrol, Ferdinand melepaskan tendangan kaki kiri yang tak bisa diantisipasi Angga. Gol cantik.

Ferdinand hampir mencetak gol keduanya di menit ke-73 saat mendapat umpan dari M Rahmat. Sayang sekali, tendangan first-time Ferdinand melayang jauh di atas mistar gawang. Setelah peluang ini,  Rizky mengalami cedera dan digantikan Ezra Walian. Ini menjadi debut Ezra walian.

Pemain PS TIRA, Ryan Kurnia mendapat kans emas memperkecil ketertinggalan di menit ke-90. Namun, tendangannya bisa dibaca Rivki. Skor 2-0 pun menjadi hasil akhir pertandingan. Dengan poin 27, PSM naik ke posisi ketujuh klasemen sementara. Selamat PSM! (amr)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *