Preview PSG vs Madrid: Dendam Mantan

by
Karim Benzema berlatih bersama pemain Real Madrid lainnya/Real Madrid FC

FAJAR.CO.ID, PARIS—Paris saint Germain (PSG) tanpa trisula terbaiknya kala menjamu Real Madrid di Parc des Princes, dinihari nanti. Namun, amunisi yang mereka punya masih cukup untuk mempermalukan El Real di laga perdana Grup A Liga Champions ini.

TANPA Neymar yang terkena sanksi dan Kylian Mbappe serta Edinson Cavani yang cedera, Pelatih PSG, Thomas Tuchel bisa mengandalkan Mauro Icardi, Pablo Sarabia, dan Angel di Maria. Nama terakhir punya ambisi besar membalas dendam pada Madrid dan itu bisa menjadi senjata mematikan PSG.

Bukan rahasia lagi, winger Argentina itu punya luka menganga di hatinya akibat perlakuan buruk Los Blancos kepadanya. Ia merasa dibuang ke Manchester United pada 2014 dengan alasan yang sulit diterimanya hanya beberapa pekan setelah ia membantu Argentina lolos ke final Piala Dunia di Brasil.

Rumor muncul sebelum Piala Dunia 2014 bahwa Florentino Perez menyukai gaya James Rodriguez yang tampil sangat baik di Brasil. Di Maria sementara itu berjuang ke final meskipun menderita cedera otot dan bermain dengan penghilang rasa sakit.

Karena itu adalah final Piala Dunia pertama Argentina sejak Italia 1990, Di Maria ingin bermain. Namun, pada malam final, bagian medis Argentina memberinya surat dari Los Blancos yang meminta dia tidak bermain di final.

“Saya segera mengerti apa yang terjadi, semua orang telah mendengar desas-desus bahwa Real ingin membeli James setelah Piala Dunia dan saya tahu mereka ingin menjual saya untuk memberikan ruang baginya. Mereka tidak ingin pemain mereka cedera sebelum menjualnya, sesederhana itu,” tegas Di Maria kala itu dikutip dari MARCA.

Ini telah memicu bara dendam yang membara di dalam diri Di Maria. Dan meskipun ia menikmati kesuksesan luar biasa di Spanyol, Di Maria yang jadi pahlawan di final Liga Champions 2014 jelas sangat ingin membalas luka yang diberikan Madrid dengan mengalahkan mereka dinihari nanti.

Selain Di Maria, keinginan mengalahkan Madrid juga dilontarkan kiper PSG, Keylor Navas. Sama seperti Di Maria, ia juga adalah pahlawan terbuang. Navas yang mempersembahkan tiga gelar Liga Champions secara beruntun di Madrid dipaksa pergi setelah jatahnya di bawah mistar gawang diserahkan kepada Thibaut Courtois.

“Saya memiliki banyak pengalaman luar biasa di Madrid, tetapi sekarang saya berada di Paris dan saya ingin melakukan yang terbaik untuk klub ini. Saya mendapat banyak dukungan dan rekan satu tim dan fans di sini, jadi saya ingin memberikan kemenangan untuk tim ini di laga nanti,” tegas Navas yang sudah melakoni debut kontra Strasbroug dikutip AS.

Pelatih PSG, Thomas Tuchel sendiri sejak awal menegaskan ambisinya mengamankan tiga angka di Paris. Meski juga akan kehilangan Julian Draxler, Thilo Kehrer dan Colin Dagba akibat cedera, Tuchel mengatakan mereka siap bertarung sejak awal. “Kami tahu setiap tahun kami harus siap dan siap sejak pertandingan pertama,” ujarnya di UEFA.com.

Tapi, Madrid yang ingin kembali berkuasa di Eropa juga tidak akan mengalah begitu saja. Walau tidak bisa memainkan Marcelo, Sergio Ramos, Nacho Fernandez, Isco, Luka Modric, Marco Asensio, dan Fede Valverde, mereka bertekad memulai kompetisi dengan kemenangan.

Karena itu, Pelatih Madrid, Zinedine Zidane meminta timnya bisa bermain seperti halnya babak pertama laga kontra Levante dimana mereka mencetak tiga gol. “Kami harus fokus bermain seperti yang kami lakukan di babak pertama selama 90 menit penuh. Itu bagus untuk kita,” ujar Zidane di situs resmi Madrid.

Legenda Prancis itu tak ketinggalan mengingatkan pentingnya memperkokoh pertahanan setelah gawang Courtois jebol enam kali di empat laga awal. “Kami harus meningkat. Itulah yang kami kerjakan. Kami akan kebobolan lebih sedikit dan mencetak lebih banyak gol, saya tidak ragu tentang itu,” tegasnya.

Eden Hazard yang diprediksi menjadi starter untuk pertamanya kalinya sejak dibeli dari Chelsea, musim panas lalu mengaku tertantang menunjukkan performa bagus pada debutnya di Liga Champions. Bermain untuk Madrid baginya adalah mimpinya sejak kecil dan ia tak mau menyia-nyiakannya.

“Sejak saya tiba, saya merasakan hubungan yang dimiliki Real Madrid dengan Liga Champions. Berada di sini adalah mimpi bagi saya dan saya berharap dapat memanfaatkannya sebaik-baiknya,” kata kapten timnas Belgia itu dalam wawancara dengan UEFA.com.

Pertandingan ini menjadi pertemuan ke-10 kedua klub. Madrid yang musim ini tampil untuk ke-24 kalinya di Liga Champions di sembilan duel terdahulu menang empat kali dan kalah tiga kali. Pada pertemuan terakhir di babak 16 besar Liga Champions 2017/2018, Madrid menang 2-1 di Paris untuk menyingkirkan tuan rumah. (amr)

Prakiraan Pemain

PSG (4-3-3): Navas; Meunier, Silva, Marquinhos, Bernat; Verratti. Gueye, Herrera; Di Maria, Icardi, Sarabia

Prakiraan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militao, Varane, Mendy; James, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Hazard

Head to head

06/03/18 PSG 1-2 Real Madrid
15/02/18 Real Madrid 3-1 PSG

27/07/16 Real Madrid 1-3 PSG
04/11/15 Real Madrid 1-0 PSG
22/10/15 PSG 0-0 Real Madrid

Lima pertandingan terakhir PSG

14/09/19 PSG 1-0 Strasbourg

31/08/19 FC Metz 0-2 PSG
26/08/19 PSG 4-0 Toulouse
19/08/19 Stade Rennais 2-1 PSG
12/08/19 PSG 3-0 Nimes Olympique

Lima pertandingan terakhir Real Madrid

15/09/19 Real Madrid 3-2 Levante

01/09/19 Villareal 2-2 Real Madrid

25/08/19 Real Madrid 1-1 Real Valladolid

17/08/19 Celta Vigo 1-3 Real Madrid
12/08/19 19 AS Roma 2-2 Real Madrid

PERBANDINGAN KEKUATAN

Peringkat UEFA

PSG: 7

Real Madrid: 1

REKAMAN PERTEMUAN
Pertandingan: 9
PSG menang: 3
Real Madrid: 4

Imbang: 2

CATATAN GOL
Total gol: 24
Gol PSG: 12
Gol Real Madrid: 12
REKOR SKOR
Kemenangan terbesar PSG: 4-1
Kemenangan terbesar Real Madrid: 1-3
Skor terbesar: 4-1
Hasil imbang terbesar: 1-1

FAKTA KUNCI

PSG tidak pernah mencatatkan clean sheet dalam enam pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Champions.

Ini adalah penampilan ke-24 Real Madrid di Liga Champions dan mereka selalu lolos fase sistem gugur pada semua kesempatan sebelumnya.

Real Madrid memenangkan 14 dari 22 pertandingan tandang terakhir mereka dan hanya kalah empat kali.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *