Preview Atletico vs Juventus: Musuh Besar

by
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak hattrick ke gawang ATletico Madrid, musim lalu/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MADRID—Cristiano Ronaldo akan kembali memimpin Juventus menghadapi Atletico Madrid di laga pertama Grup D Liga Champions, dinihari nanti. Sudah telanjur dicap musuh besar, CR7 lagi-lagi harus siap menghadapi tekanan di Wanda Metropolitano.

SUDAH bukan rahasia lagi, pendukung Atletico adalah salah satu pembenci utama Ronaldo. Itu tak lepas dari mimpi buruk yang kerap kali diberikan kapten Portugal itu pada klub ibu kota Spanyol tersebut.

Pada 2014, Ronaldo termasuk salah satu yang ikut menjebol gawang Los Rojiblancos ketika derby Madrid tersaji di final Liga Champions yang membuat Atletico gagal meraih gelar perdananya. Dua tahun kemudian, Ronaldo kembali menyumbang andil menghempaskan Atletico di final Liga Champions 2016 lewat drama adu penalti.

Dua momen itu tak hanya merusak mimpi juara Atletico namun juga mempertegas status Ronaldo sebagai kryptone anak asuh Diego Simeone. Selama sembilan musim bersama Real Madrid, peraih lima Ballon d’Or itu melesakkan total 22 gol ke gawang Atletico yang menempatkannya sebagai top skor El Derbi Madrileno.

Seolah tak puas hanya menyakiti Atletico, mantan pemain Manchester United itu juga menjadi pembawa mimpi buruk Los Rojiblancos ketika ia sudah hengkang ke Juventus. Musim lalu, hattrick Ronaldo membuat Atletico terkapar di babak 16 besar meski sempat di atas angin setelah menang 2-0 di Wanda Metropolitano.

Duel dua leg antara Juve dan Atletico itu bahkan diwarnai pertunjukan saling ledek. Pada leg pertama, fans Atletico menjadikan Ronaldo sasaran cemooh yang dibalas Ronaldo dengan isyarat jari, memperlihatkan jumlah trofi Liga Champions yang ia punya. Melengkapi penghinaannya, di leg kedua Ronaldo hattrick untuk menghentikan langkah Atletico.

Ronaldo pun sangat sadar dia akan kembali menjadi sasaran teror. Makanya, setelah drawing, ia sudah mengingatkan penggemar tuan rumah. “Saya harap para penggemar tidak mendorong saya dengan memanggil nama saya dan mengatakan hal-hal yang tidak sportif tentang saya lagi,” tegas Ronaldo dikutip dari Goal.

Yang membuat perseteruan Ronaldo dan Atletico bakal lebih menarik ditunggu adalah kehadiran Joao Felix di kubu tuan rumah. Sejak penampilan hebatnya bersama Benfica, penyerang Portugal berusia 19 tahun itu dianggap sebagai The Next Cristiano Ronaldo.

Jelas, Felix bisa memicu “masalah” baru bagi Ronaldo.  Kalau bisa tampil menawan seperti yang ia lakukan ketika Atletico mengalahkan Juve di Internasional Champions Cup (ICC), suporter tuan rumah akan punya bahan lain untuk kembali mengganggu Ronaldo.

Felix sendiri meskipun punya ambisi mereplikasi sukses seniornya di timnas Portugal menegaskan tidak ingin disamakan dengan CR7. “Saya di sini untuk menulis kisahku sendiri. Cristiano adalah Cristiano dan aku ingin menjadi diriku sendiri,” tegas Felix di Yahoo Sports.

Di luar pengaruh Ronaldo serta keberadaan Felix yang juga mencari panggung, laga ini memang sangat penting pasca hasil kurang menggembirakan kedua klub di liga domestik. Si Nyonya Tua baru saja ditahan imbang Fiorentina di Serie A yang membuat mereka kehilangan takhta untuk pertama kalinya setelah hampir dua tahun. Sementara Atletico secara mengejutkan kalah 0-2 dari Real Sociedad.

Makanya, laga ini bakal kembali sengit dan Juve sangat menyadari itu. “Kami akan pergi ke Madrid untuk mencari hasil bagus. Kami memiliki tim yang dapat melakukan hal-hal hebat, tetapi bermain di Atletico, tidak pernah mudah. Kami bertemu mereka di pertandingan persahabatan di musim panas, tetapi ini akan berbeda,” kata gelandang Juve, Blaise Matuidi di situs klub.

Pelatih Atletico, Diego Simeone sementara itu sedikit cemas dengan kesiapan timnya. Usai ditekuk Sociedad, Simeone mengatakan mereka harus melakukan perbaikan saat menyambut Bianconeri. “Kita perlu tumbuh, kita sadar akan kualitas yang kita miliki dan tentang siapa kita, kita tahu ke mana kita harus pergi,” ujarnya di AS.

Untuk duel ke-11 kedua klub ini, Atletico masih harus menunggu perkembangan kiper Jan Oblak yang cedera. Jika gagal tes kebugaran, Antonio Adan akan mengisi tempatnya. Alvaro Morata dan Thomas Partey juga kemungkinan masih akan absen. Di kubu Juventus, selain Giorgio Chiellini, Maurizio Sarri yang memburu kemenangan pertamanya juga tanpa Douglas Costa. (amr)

Prakiraan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak; Trippier, Gimenez, Savic, Lodi; Vitolo, Koke, Saul, Lemar; Diego Costa, Joao Felix.

Juventus (4-3-3): Szczesny; De Sciglio, Bonucci, de Ligt, Alex Sandro; Bentancur, Matuidi, Khedira; Bernardeschi, Higuain, Ronaldo.

Head to head

10/08/19 Atlético 2-1 Juventus

12/03/19 Juventus 3-0 Atlético

20/02/19 Atlético 2-0 Juventus

09/12/14 Juventus 0-0 Atlético

01/10/14 Atlético 1-0 Juventus

Lima pertandingan terakhir Atletico Madrid

11/08/19 Atlético 2 – 1 Juventus
19/08/19 Atlético 1 – 0 Getafe
26/08/19 Leganés 0 – 1 Atlético
02/09/19 Atlético 3 – 2 Eibar
15/09/19 Real Sociedad 2 – 0 Atlético

Lima pertandingan terakhir Juventus

11/08/19 Atlético 2 – 1 Juventus
18/08/19 Triestina 0 – 1 Juventus
25/08/19 Parma 0 – 1 Juventus
01/09/19 Juventus 4 – 3 Napoli
14/09/19 Fiorentina 0 – 0 Juventus

PERINGKAT UEFA

Atletico Madrid: 2

Juventus: 5

REKAMAN PERTEMUAN
Pertandingan: 10

Atletico Madrid menang: 4
Juventus menang: 5

Imbang: 1

CATATAN GOL

Total gol: 25
Gol Atletico Madrid: 11

Gol Juventus: 14
Selisih gol: 3

REKOR SKOR
Kemenangan terbesar Atletico Madrid: 3-1
Kemenangan terbesar Juventus: 3-0
Skor terbesar: 3-1

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *