Preview Dortmund vs Barcelona: Teror Alcacer

by
Paco Alcacer / Getty Images

FAJAR.CO.ID, DORTMUND—Barcelona akan mengawali kiprah mereka di Liga Champions 2019/2020 dengan melawat ke markas Borussia Dortmund, dinihari nanti. Sektor pertahanan menjadi kekhawatiran Raksasa Catalan pada laga pembuka Grup F ini.

TUJUH gol yang bersarang ke gawang Barca di La Liga menjadi bukti adanya masalah di lini belakang pasukan Ernesto Valverde. Dan keroposnya sektor pertahanan Barca itu jelas akan coba dieksploitasi Dortmund yang kini menjadi klub tersubur Bundesliga dengan torehan 13 gol di empat laga awal.

Satu nama yang akan menjadi ancaman paling nyata bagi benteng Barca di Signal Iduna Park adalah Paco Alcacer. Pemain buangan Barca itu sejak musim lalu sudah menjelma menjadi penembak jitu yang begitu garang di depan gawang.

Alcacer yang meninggalkan Camp Nou dengan status pinjaman Desember tahun lalu musim ini juga sudah menunjukkan kehebatannya. Di setiap pertandingan yang ia mainkan bersama Die Borussen, mantan pemain Valencia itu selalu mencetak gol.

Ketajamannya berlanjut ke timnas Spanyol dengan mencetak tiga gol dalam dua laga Kualifikasi Piala Eropa 2020. Tambahan tiga gol di timnas plus satu ke gawang Bayer Leverkusen di laga terakhir Dortmund membuat Alcacer kini total melesakkan 10 gol dalam delapan pertandingan terakhirnya.

Dengan catatan fantastis itu, sang bomber sangat antusias menyongsong reuni dengan mantan rekannya. “Itu akan menjadi pertandingan khusus. Akan menjadi sukacita bermain melawan tim saya sebelumnya, dan itu membuat saya ingin bermain dengan baik,” katanya kepada Sport.

Tak hanya bermain baik, Alcacer bertekad menjebol gawang mantan klubnya. Namun, Alcacer yang mencetak lima golnya di Bundesliga dengan tendangan first-time mengaku belum tahu apakah dirinya akan melakukan selebrasi atau tidak.

“Banyak orang memperlakukan saya dengan sangat baik di Barcelona. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan (jika saya mencetak gol). Kegembiraannya akan sangat besar,” tegas penyerang berusia 26 tahun tersebut.

Dengan Alcacer begitu siap menggebrak pertahanan Barca, gelandang Dortmund, Thomas Delaney mengatakan mereka kini hanya perlu menjaga clean sheet. “Pada akhirnya, kami memenangkan 99 persen pertandingan kandang kami ketika kami menjaga clean sheet,” ujar Delaney di situs klub.

Pelatih Dortmund, Lucien Favre yang diyakini akan mengandalkan Jadon Sancho dan Marco Reus untuk membantu Alcacer di lini serang berharap anak asuhnya bisa tampil bagus menghadapi Barca. Menurutnya, penampilan kontra Leverkusen sangat luar biasa dan ia berharap timnya melanjutkan performa itu dinihari nanti.

“Kita harus melanjutkan dalam nada yang sama. Sangat penting bahwa kita menjaga clean sheet. Kita bisa memainkan sepakbola berbasis kepemilikan, tetapi kita juga bisa bermain dengan baik menghadapi serangan,” jelas Favre.

Di pihak Barca, bermodal kemenangan 5-2 atas Valencia, mereka datang ke Jerman dengan kepercayaan diri tinggi. Tapi, Pelatih Barca, Ernesto Valverde menegaskan mereka tidak boleh mengulang kesalahan seperti saat berhadapan dengan Valencia.

Sang pelatih menyebut mereka harus bisa mengantisipasi serangan balik lawan ketika sedang menyerang. “Terkadang kami dalam bahaya saat mengumpulkan banyak pemain di depan dan menyisakan ruang untuk serangan balik,” kata Valverde di Marca.

Lionel Messi sudah bergabung kembali dalam latihan Barca dan dipastikan ikut ke Jerman. Akan tetapi, Antoine Griezmann, Luis Suarez, dan Carles Perez kemungkinan besar masih akan jadi starter Raksasa Catalan. Opsi lainnya Ansu Fati menggantikan Perez dalam peran sebagai penyerang sayap.

Ini akan menjadi pertemuan ketiga kedua klub di Eropa. Sebelumnya, mereka berduel di final Piala Super UEFA 1996/1997. Saat itu, Barcelona menang 2-0 di Camp Nou lalu imbang 1-1 di Westfalenstadion. Barca sendiri datang ke Jerman dengan bekal hanya empat kemenangan dari 13 pertandingan tandang di kompetisi Eropa. (amr)

Prakiraan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki; Hakimi, Akanji, Hummels, Guerreiro; Delaney, Witsel; Sancho, Reus, Brandt; Alcacer

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquets, De Jong, Arthur; Perez, Suarez, Griezmann

Head to head

11/03/98 Borussia Dortmund 1-1 Barcelona
08/01/98 Barcelona 2-0 Borussia Dortmund

Lima pertandingan terakhir Borussia Dortmund

14/09/19 Borussia Dortmund 4-0 Bayer Leverkusen
06/09/19 Energie Cottbus 0-5 Borussia Dortmund

31/08/19 Union 3-1 Borussia Dortmund
23/08/19 Koln 1-3 Borussia Dortmund
17/08/19 Borussia Dortmund 5-1 Augsburg

Lima pertandingan terakhir Barcelona

15/09/19 Barcelona 5 – 2 Valencia

31/08/19 Osasuna 2 – 2 Barcelona

26/08/19 Barcelona 5 – 2 Real Betis
17/08/19 Athletic Bilbao 1 – 0 Barcelona

11/08/19 Napoli 0 – 4 Barcelona

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *