Percayalah, Ini Alasan Dortmund Akan Kalahkan Barcelona

by
Signal Iduna Park dengan fans fanatik Dortmund/Wolrd Soccer

FAJAR.CO.ID, DORTMUND—Borussia Dortmund tidak harus khawatir menghadapi Barcelona di laga pembuka grup Liga Champions, Rabu mendatang. Kondisi Lionel Messi yang belum bugar 100 persen plus performa bagus pemain Dortmund bisa menjadi alasan mereka optimis mengalahkan Barca di Signal Iduna Park.

Berikut lima alasan yang diuraikan bundesliga.com mengapa skuat Lucien Favre tidak perlu merasa takut memulai kampanye Grup F mereka melawan lima kali juara Eropa itu:

1) Jadon Sancho Sedang Bagus-bagusnya

Dua gol dan empat assist dalam empat pertandingan Bundesliga pertamanya menunjukkan bagaimana berbahayanya Sancho. Dan di laga internasional, ia kembali menunjukkan talenta luar biasanya dengan mencetak dua gol Inggris. Setelah kembali memberi assist di laga terakhir kontra Bayer Leverkusen, pemain 19 tahun itu bisa menjadi malapetaka pertahanan Barca.

2) Lionel Messi Mungkin tidak Bermain

Lionel Messi sudah berlatih kembali dan masuk dalam daftar skuat yang dibawa Ernesto Valverde ke Jerman. Akan tetapi, ia kemungkinan besar masih akan absen. Dengan 120 gol dalam 144 pertandingan di kompetisi ini, absennya Messi tentu menjadi kehilangan besar bagi Raksasa Catalan. Sebab, tanpa Messi di lapangan, Barcelona akan menjadi tim yang berbeda.

3) Paco Alcacer, Kembali Tampil Tajam

Pemain internasional Spanyol ini bergabung di Dortmund – awalnya dengan status pinjaman – dari Barcelona pada awal musim lalu setelah dua tahun di Camp Nou. Berbekal pengalaman di Camp Nou, Alcacer menjelma menjadi predator di Jerman. Mantan pemain Valencia ini mencetak gol di setiap pertandingan kompetitif untuk klub dan negara musim ini. Dalam delapan laga terakhir, ia mencetak 10 gol. Dengan ambisinya yang begitu besar untuk menjebol gawang Barca, ia jelas teror paling menakutkan.

4) Signal Iduna Park yang Angker

Dortmund memiliki sesuatu yang ajaib dengan para penggemar mereka. Pemain ke-12 Dortmund yang begitu menakutkan ini memiliki efek menggembleng yang maha dahsyat pada pemain tuan rumah. Pada fase grup 2018/19, tak satupun dari Atletico Madrid, Monako atau Club Brugge yang berhasil mencetak gol di venue ikonik ini. Dan pemain Barca pasti akan merasakan teror sama.

5) Rekor buruk tim Spanyol di Markas Dortmund

Sederhananya, klub Spanyol tidak suka bermain di Dortmund. Atletico – tamu terakhir mereka dari Spanyol – dikalahkan 4-0 di babak penyisihan grup musim lalu. Total, Dortmund hanya kalah tiga kali dari 15 pertandingan kandang mereka di Eropa melawan klub Spanyol. Lima dari tujuh laga terakhir mereka menangi. Dua lainnya imbang dan sekali kalah.

Pasukan Ernesto Valverde yang kali ini bertamu juga punya catatan buruk dalam laga away. Mereka hanya menang empat kali dari 13 pertandingan tandang terakhir mereka di kompetisi Eropa. Yang tidak mungkin terlupakan adalah bagaimana mereka dibantai Liverpool empat gol tanpa balas di Anfield pada laga semifinal musim lalu. (amr)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *