Barca Sudah Punya Ansu, Bolehkah Messi Pensiun?

by
Messi memeluk Ansu Fati setelah melakoni debut Agustus lalu/Instagram

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona mungkin sudah tidak perlu lagi terlalu mengkhawatirkan kelak akan ditinggal pensiun atau hengkang oleh sang superstar, Lionel Messi. Titisan El Messiah, sekarang sudah muncul dan mulai pamer skill.

Anssumane Fati. Ya, dialah calon penerus kehebatan Messi bersama Raksasa Catalan. Setelah mencetak gol perdananya ke gawang Osasuna, 31 Agustus lalu, penyerang berusia 16 tahun itu kembali memperlihatkan insting predator dalam tubuhnya ketika El Barca melumat Valencia di Camp Nou, kemarin.

Cara Ansu mencetak gol dan melewati lawan menunjukkan bagaimana hebatnya bakat yang ia punya. Saat mencetak golnya di menit ke-2, ia begitu dingin menaklukkan kiper sekaliber, Jasper Cillessen usai menerima bola dari Frenkie de Jong. Tanpa kontrol, ia langsung melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang ke sudut kiri gawang.

Aksi magis berikutnya ia pertontonkan di menit ke-7 ketika ia menyisir di sisi kiri pertahanan Valencia. Dengan enteng ia mempedaya bek berpengalaman, Ezequiel Garay sebelum mengirim umpan tarik ke mulut gawang yang dengan mudah dituntaskan De Jong menjadi gol.

Dengan usia 16 tahun dan 318 hari, satu gol dan assist Fati menjadi rekor baru La Liga. Ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol sekaligus memberi assist dalam satu laga La Liga di abad ke-21 ini. Selain itu, Fati kini menjadi top skor Blaugrana bersama Suarez dan Antoine Griezmann. Sebuah pencapaian luar biasa yang membuat Valverde berdecak kagum.

“Menjadi pemain Barcelona tidak mudah. Dia fokus dan sangat baik. Tidak normal untuk mencetak gol dengan sentuhan pertama, memberi assist dengan yang kedua dan hampir mencetak gol dengan yang ketiga,” kata Valverde takjub dikutip dari MARCA.

Gelandang senior Barca, Sergio Busquets tak ingin ketinggalan memuji Fati. Menurutnya, Fati yang juga membuat timnas Spanyol kepincut merekrutnya sudah membuat fans punya mimpi besar. “Dia masih sangat muda dan kami tahu kualitas yang dimilikinya pada usia 16. Dia membuat para penggemar bermimpi,” puji Busquest.

Setelah awal memukau ini, Busquest berharap Fati menjaga konsistensi. “Setiap kali seorang pemain keluar mereka membandingkannya dengan banyak pemain. Dia harus terus tumbuh dan mengambil langkahnya. Dia harus tahu di mana dia berada dan seberapa sulitnya,” tegasnya.

Lalu, apakah Messi sudah bisa pensiun atau pergi ketika kontraknya berakhir 2021 mendatang? Kalau pertanyaan ini dilontarkan Mei lalu, bek Barca, Jordi Alba akan menentangnya. Dalam wawancara saat itu, Alba mengatakan Messi akan menjadi kehilangan besar ketika ia sudah pensiun.  Bagi Alba, rekan setimnya itu adalah sosok yang nyaris tidak tergantikan di klub Catalan tersebut. Ia pun percaya bahwa tidak akan pernah ada lagi sosok pemain seperti Messi di masa depan.

“Messi sangat unik. Kami tidak akan pernah menemukan pemain lain seperti dia, dan Barcelona akan merindukannya ketika dia pensiun,” kata Alba yang menjadi salah satu pemberi assist terbesar untuk gol-gol Messi dalam beberapa musim terakhir dikutip dari Football Espana. (amr)

 

PROFIL DAN STATISTIK ANSU FATI

Nama lengkap: Anssumane Fati

Lahir: Guinea-Bissau, 31 Oktober 2002

Usia: 16 tahun

Tinggi: 178 cm

Main: 3

Starter: 1

Pengganti: 2

Menit bermain: 117

Gol: 1

Assist: 1

Kartu kuning: 0

Kartu merah: 0

Tembakan per laga: 2

Akurasi passing: 81,9 %

Rating: 7,25

 

CATATAN FANTASTIS ANSU FATI

Dengan usia 16 tahun dan 318 hari, ia menjadi pemain termuda yang mencetak dan memberi assist dalam permainan La Liga di abad ke-21.

Saat debut bersama tim senior Barcelona, 26 Agustus lalu, Ansu Fati berusia 16 tahun, 9 bulan, dan 25 hari. Ia pemain termuda kedua sepanjang sejarah Barcelona setelah Vicenc Martinez yang bermain di usia 16 tahun, 9 bulna, dan 5 hari pada musim 1941/1942. Messi sendiri melakukan debut di tim senior pada usia 17 tahun, tiga bulan, dan 222 hari pada 2004.

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *