Preview Fiorentina vs Juventus: Pembuktian Awal Sarri

by
Cristiano Ronaldo/EPA

FAJAR.CO.ID, FLORENZI—Juventus akan melakoni laga away kedua mereka ke Stadio Artemio Franchi, malam nanti. Pertandingan pekan ketiga Serie A ini akan menjadi ujian awal Maurizio Sarri.

Sebelumnya, Sarri yang menderita radang paru-paru menyerahkan kendali tim kepada asisten pelatih, Giovanni Martusciello. Meski harus susah payah, Juventus yang menjadi scudetto delapan musim terakhir bisa mengalahkan Parma dan Napoli dengan skor tipis.

Sarri yang akan melakoni debut Serie A-nya bersama Si Nyonya Tua tentu tidak boleh kalah dari asistennya. Makanya, ia harus mmeimpin Vecchia Signora mengalahkan tuan rumah sekaligus mempertahankan catatan sempurna mereka.

Tapi, laga ini tidak akan mudah. Itu bahkan diakui bomber Juventus, Gonzalo Higuain. “Itu tidak pernah mudah, tetapi kita harus kuat, seperti yang kita tahu, dan membawa pulang kemenangan,” kata Higuain dikutip dari situs resmi Juventus.

Penyerang berjuluk El Pipita itu sendiri sangat antusias menyambut lawatan ke markas Fiorentina. Selain karena sudah mencetak gol perdananya pasca kembali ke Turin, kandang La Viola juga punya makna khusus baginya. “Saya memiliki kenangan indah melawan Fiorentina, itu adalah debut Bianconeri saya,” ujarnya.

Pada laga kontra Napoli, Higuain bermain bersama Douglas Costa untuk mendampingi Cristiano Ronaldo. Formasi ini bisa jadi akan dipertahankan Sarri. Tapi, mengingat Mario Mandzukic tidak masuk daftar Liga Champions, Higuain bisa saja memulai laga dari bench.

Pertimbangan sama juga bisa diambil Sarri untuk memainkan Emre Can di lini tengah. Sementara untuk barisan pertahanan, posisi kapten Giorgio Chiellini yang absen hingga Maret akan tetap diisi Matthijs de Ligt dimana ia akan berduet kembali dengan Leonardo Bonucci.

Bagaimana dengan tuan rumah? Menelan dua kekalahan beruntun di pembuka musim, pelatih Vincenzo Montella jelas harus memutar otak agar bisa mengalahkan Juve. Dan dengan penampilan Juventus yang tampak kurang konsisten, Montella yakin misi itu bukan hal mustahil.

“Beberapa tim telah mengalahkan Juve akhir-akhir ini. Saya juga akan mencoba karena kisah-kisah hebat lahir dari tantangan yang mustahil. Saya ingin membuka babak hebat dalam sejarah Fiorentina dengan melakukan sesuatu yang istimewa melawan tim Sarri,” katanya di Gazzetta dello Sport.

Winger veteran, Franck Ribery yang sudah bekerja keras dalam latihan setelah didatangkan musim panas lalu kemungkinan bisa menjadi senjata andalan Montella. Ia bersama penyerap sayap muda, Federico Chiesa akan mencoba memanfaatkan belum padunya lini belakang tim tamu.

Kalau bisa mengalahkan La Viola, Juve akan meraih tiga kemenangan beruntun Serie A pertama mereka di Florence sejak 1952. Viola sementara itu hanya memenangkan dua pertandingan dalam 20 tahun terakhir. (amr)

Prakiraan Pemain

Fiorentina (4-3-3): Dragowski; Lirola, Milenkovic, Pezzella, Dalbert; Castrovilli, Badelj, Pulgar; Chiesa, Boateng, Ribery

 

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, De Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Khedira, Pjanic, Rabiot; Douglas Costa, Higuain, Ronaldo

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *