Preview Barcelona vs Valencia: Sama-sama Tanpa Jimat

by
Ramon Navarro/MARCA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona akan melakoni laga berat kontra Valencia di Camp Nou, dinihari nanti. Kedua kubu sama-sama tanpa jimat mereka. Barca kehilangan sang superstar, Lionel Messi. Sedangkan Valencia sudah ditinggal Marcelino.

Kehilangan Messi menjadi kerugian besar bagi Blaugrana di awal musim La Liga 2019/2020. Tanpa sang kapten, lini serang Barca tampak kurang menakutkan. Tidak mengherankan kalau Barca harus memulai musim dengan catatan buruk.

Pada tiga pertandingan awal, anak asuh Ernesto Valverde hanya mampu meraih satu kemenangan. Dengan empat poin di tiga laga itu, Barca mencatatkan rekor start terburuk di La Liga dalam satu dekade terakhir.

Selain itu, Messi memang merupakan jimat utama Barca ketika berhadapan dengan Valencia. Penyerang 32 tahun kelahiran Rosario itu adalah top skor duel Barca kontra Valencia dimana ia total sudah melesakkan 28 gol ke gawang klub berjuluk El Che tersebut.

BACA JUGA:

Preview Liverpool vs Newcastle: Hajar The Magpies!

Preview Fiorentina vs Juventus: Pembuktian Awal Sarri

Jangan Terkejut, Seperti Ini Cedera Messi sehingga Ia Tak Bisa Bermain

Hadapi Madrid, Pelatih Levante Tegaskan Siap Bertarung untuk Menang Lagi

Cilllessen Ingin Bantu Valencia Permalukan Barcelona di Camp Nou

Tapi, Messi berharap absennya dia tidak membuat Barca terus menelan hasil buruk. Bagi dia, momentum pasca jeda internasional harus mereka manfaatkan untuk mendulang hasil positif. “Ini merupakan awal yang aneh karena kami memiliki lebih banyak cedera daripada biasanya,” kata Messi kepada surat kabar Spanyol, Sport.

“Saya tidak khawatir meskipun kita semua sadar bahwa kita tidak boleh melakukan awal yang buruk seperti ini dan setelah jeda internasional kita perlu membuat segalanya berbunyi klik, memperkuat diri sebagai tim dan mulai memenangkan pertandingan,” lanjutnya dikutip dari Reuters.

Dengan absennya Messi, Luis Suarez yang sudah pulih dari cedera dan telah berlatih sepekan terakhir akan memimpin barisan penyerang. Bomber Uruguay yang mencetak 10 gol ke gawang Valencia itu akan didampingi Antoine Griezmann dan Carles Perez.

Selain di sektor penyerangan, Valverde yang kehilangan Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele kemungkinan tidak akan melakukan perubahan. Di sektor tengah, Frenkie de Jong diprediksi kembali akan bermain bersama Sergio Busquest dan Arthur. Opsi perubahan yang bisa dilakukan adalah mengembalikan Sergi Roberto di posisi tengah atau bek kanan.

Kalau Barca kembali harus tanpa Messi, Valencia tidak kalah mengkhawatirkan. Itu setelah mereka memutuskan memecat pelatih Marcelino jelang lawatan ke Camp Nou. Pemecatan itu memicu munculnya kritik termasuk dari kalangan pemain.

Seperti Messi, Marcelino juga adalah jimat bagi Valencia ketika berhadapan dengan Barcelona. Musim lalu, ia memimpin Valencia mempersulit Barca. Di La Liga, Marcelino dua kali mengimbangi Raksasa Catalan. Sementara di final Copa del Rey, ia sukses mengalahkan Barca bersama skuatnya.

Namun, pelatih anyar Valencia, Albert Celades cukup percaya diri mampu mengejutkan Barca seperti yang dilakukan Marcelino ketika mengantar El Che menjuarai Copa del Rey dengan mengalahkan Messi dan kawan-kawan. Celades menegaskan dia siap menghadapi tantangan di Valencia walaupun sebelumnya ia hanya melatih tim junior.

“Valencia selalu banteng, klub besar, raksasa. Kami akan mencoba melakukan pekerjaan terbaik kami. Saya tidak takut, saya tahu ekspektasinya tinggi dan saya mengerti kekhawatiran yang ada karena saya tidak memiliki banyak pengalaman di klub lain,” tegasnya di Marca.

Mantan asisten pelatih Real Madrid itu mengakui sangat sulit mengambil alih posisi Marcelino. Ia juga menyadari adanya reaksi negatif pemain. Namun, ia berjanji menyelesaikan seluruh masalah itu.

“Pada akhirnya, pelatih tahu bahwa apa yang akan menyelamatkan kita adalah hasilnya. Apa yang pelatih coba adalah memainkan para pemain yang akan membantunya menang dan itulah yang akan kita lakukan,” ujar Celades dikutip Cadena Cope.

Terlepas dari riak akibat pergantian pelatih, kiper Valencia, Jasper Cillessen memiliki kepercayaan diri penuh datang ke Camp Nou. “Barcelona adalah lawan yang sangat sulit, tetapi kami pergi ke sana dengan perasaan yang baik setelah kemenangan kami di Mallorca,” kata eks kiper Barca itu di Voetbal Internasional.

Valencia mengimbangi Barca di dua pertemuan La Liga musim lalu dan menang di final Copa del Rey. Fakta itu menurut Cillessen menjadi modal mereka menang di Camp Nou. “Saya pikir sekarang mungkin untuk menang, itulah yang saya tuju. Kami mengejar kemenangan pada hari Sabtu (Minggu Wita),” kunci Cillessen. (amr)

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Arthur, Busquets, De Jong; Perez, Suarez, Griezmann.

Valencia (4-4-2): Cillessen; Wass, Garay, Diakhaby, Gaya; Guedes, Coquelin, Parejo, Torres; Moreno, Gameiro

Head to head

25/05/19 Barcelona 1-2 Valencia
02/02/19 Barcelona 2-2 Valencia
07/10/18 Valencia 1-1 Barcelona
14/04/18 Barcelona 2-1 Valencia
08/02/18 Valencia 0: 2 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Barcelona

08/08/19 Barcelona 2 – 1 Napoli
11/08/19 Napoli 0 – 4 Barcelona
17/08/19 Athletic Bilbao 1 – 0 Barcelona
26/08/19 Barcelona 5 – 2 Real Betis
31/08/19 Osasuna 2 – 2 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Valencia

04/08/19 Bayer Leverkusen 1 – 2 Valencia
11/08/19 Valencia 1 – 1 Inter Milan
18/08/19 Valencia 1 – 1 Real Sociedad
25/08/19 Celta Vigo 1 – 0 Valencia
01/09/19 Valencia 2 – 0 Mallorca

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *