Preview Inggris vs Kosovo: Hormati Tamu

by
Inggris menang 4-0 atas Bulgaria di laga sebelumnya/AFP

SOUTHAMPTON, FAJAR—Rekor 42 laga tanpa kekalahan di Kualifikasi Piala Eropa / Piala Dunia milik Inggris akan kembali diuji, dinihari nanti. Penantang mereka adalah Kosovo.

BICARA nama besar dan pengalaman, harusnya ini bukanlah pertandingan yang sulit bagi Inggris. Sebagaimana diakui seluruh dunia, Inggris adalah negara asal sepakbola. Sebaliknya, Kosovo berstatus anggota termuda UEFA dan FIFA.

Fakta ini cukup untuk memperjelas siapa yang akan menjadi favorit pada laga Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020. Apalagi, pertandingan juga akan berlangsung di kandang sendiri di St Mary’s Stadium.

Namun, Inggris tidak mau gegabah apalagi sampai meremehkan Kosovo. Sebaliknya,  The Three Lions memberi respek tinggi pada The Rising Eagle. Bekal 14 pertandingan tanpa kekalahan sejak awal Maret 2018 menjadi alasan Inggris menghormati tamunya.

“Kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dan kami tidak menganggap enteng Kosovo. Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan kemenangan dan itu akan menjadi enam poin yang bagus dari dua pertandingan,” kata Kapten Inggris, Harry Kane kepada BBC Radio 5 Live.

Kane yang mencetak hattrick ke gawang Bulgaria awal pekan lalu menegaskan, Inggris yang terakhir kalah di kualifikasi ketika takluk 0-1 dari Ukraina pada Oktober 2009 harus tampil lebih bagus. “Kami harus menekan dengan lebih baik. Ini akan sulit, tapi kami merasa baik,” ujar striker Tottenham Hotspur tersebut.

Manajer Inggris, Gareth Southgate tidak memiliki masalah cedera pemain. Jadi, ia bisa menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Kemungkinan lain, talenta baru seperti Mason Mount dan Jadon Sancho bisa mengambil peran lebih besar menghadapi Kosovo.

Southgate sendiri menegaskan para pemain mudanya pantas bermain. “Saya pikir yang paling penting adalah bahwa kita tidak melakukannya untuk wallpaper – mereka masuk karena mereka pantas berada di dalamnya,” kata Southgate di PA.

Baru saja mengalahkan Republik Ceko dan kini hanya terpaut satu angka di belakang Inggris, Kosovo tak mau muluk-muluk. Pelatih Bernard Challandes menegaskan, level Inggris masih jauh di atas mereka. “Bagi saya, Inggris saat ini adalah tim terbaik di dunia. Kami tidak di Liga yang sama dan itu akan sangat, sangat rumit,” katanya di LeMatin.ch.

Bernard Challandes mengatakan, duel ini seperti hadiah istimewa bagi anak asuhnya. Namun, ia sama sekali tidak bermimpi untuk menang. Bahkan, menurut sang pelatih, tidak kebobolan banyak gol bisa berarti kemenangan bagi timnya mengingat Inggris mencetak 14 gol dalam tiga laga awal mereka.

“Kami tidak berada dalam kategori yang sama. Saya tidak bisa mengatakan bahwa tim saya datang ke Inggris untuk menang. Dan untuk mengatakan bahwa kita tidak memiliki kesempatan, itu juga akan menipu. Jadi, terus terang, saya tidak tahu. Tidak kebobolan terlalu banyak gol bisa jadi kemenangan,” tegasnya.

Challandes juga memastikan anak asuhnya tidak terbebani karena rival mereka sesungguhnya adalah Republik Ceko. Laga itulah yang menurutnya akan menentukan apakah mereka bisa mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Euro 2020. “Adalah mimpi untuk mengalahkan mereka. Saya hanya berharap bermain Inggris tidak menjadi mimpi buruk,” ujar Challandes di The Sun.

Vedat Muriqi yang mencetak enam gol dalam 21 pertandingan masih akan menjadi tumpuan utama lini serang Kosovo. Saat menghadapi Ceko, Muriqi mengawali comeback Kosovo. Selain itu, Challandes juga bisa kembali mengandalkan winger Elba Rashani yang sudah melesakkan empat gol dalam delapan caps. (amr)

Prakiraan Pemain

Inggris (4-3-3): Pickford; Trippier, Keane, Maguire, Rose; Henderson, Rice, Barkley; Sterling, Kane, Rashford

Kosovo (4-2-3-1): Muric; Vojvoda, Rrahmani, Aliti, Hadergjonaj; Idriz Voca, Halimi; Zhegrova, Celina, Rashani; Vedat Muriqi

Lima pertandingan terakhir Inggris

23/03/19 Inggris 5 – 0 Republik Ceko
26/03/19 Montenegro 1 – 5 Inggris
07/06/19 Belanda 3 – 1 Inggris
09/06/19 Swiss 0 – 0 Inggris
08/09/19 Inggris 4 – 0 Bulgaria

Lima pertandingan terakhir Kosovo

22/03/19 Kosovo 2 – 2 Denmark
26/03/19 Kosovo 1 – 1 Bulgaria
08/06/19 Montenegro 1 – 1 Kosovo
11/06/19 Bulgaria 2 – 3 Kosovo
07/09/19 Kosovo 2 – 1 Republik Ceko

TOP SKOR SKUAT

INGGRIS

Harry Kane: 25 gol (40 caps)

Raheem Sterling: 9 gol (52 caps)

Marcus Rashford: 7 gol (33 caps)

Alex Oxlade-Chamberlain: 6 gol (33 caps)

 

KOSOVO

Vedat Muriqi: 6 gol (21 caps)

Elba Rashani: 4 gol (8 caps)

Amir Rrahmani: 4 gol (25 caps)

Atdhe Nuhlu: 2 gol (14 caps)

 

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *