Preview Argentina vs Meksiko: Tantangan Tata

by -466 views
Latihan pemain Argentina di Texas/PrensaArgentina

FAJAR.CO.ID, TEXAS—Gerardo “Tata” Martino akan diuji kemampuannya saat Meksiko menantang Argentina. Sang pelatih wajib meracik taktik jitu untuk mengakhiri superioritas Argentina.

Sejak kemenangan 1-0 di fase grup Copa America 2004, Meksiko tidak pernah lagi bisa mengalahkan Argentina. Hasil terbaik Meskiko pada sembilan pertemuan dalam 15 tahun terakhir adalah imbang tiga kali.

El Tri, julukan Meksiko pernah sangat dekat dengan kemenangan atas Albiceleste kala kedua negara beruji coba di AT & T Stadium, Arlington, 2015 silam. Saat itu, Meksiko sempat memimpin 2-0 hingga lima menit akhir pertandingan.

Sayang, keunggulan lewat gol Javier Hernández dan Héctor Herrera tidak bisa mereka mempertahankan. Di lima menit akhir, Argentina mampu bangkit lewat gol Sergio Aguero di menit ke-85 dan Lionel Messi pada menit 89.

Sebuah kebetulan, pada pertandingan 8 September itu, Argentina dilatih Martino yang kini menukangi Meksiko. Dan publik Meksiko kini berharap mantan pelatih Barcelona itu bisa membantu mengakhiri dominasi Argentina setelah hasil positif yang mereka raih sejauh ini.

Martino juga sepertinya ingin menjadi pelatih pertama Meksiko yang bisa mengalahkan negaranya sendiri. Dalam jumpa pers, ia menegaskan dirinya adalah seorang profesional dan siap memimpin Meksiko mengalahkan Argentina.

“Saya orang Argentina, tetapi kenyataan itu tidak pernah dikaitkan dengan pertandingan sepak bola. Yang harus saya lakukan adalah memiliki perilaku yang sejalan dengan pekerjaan saya di negara yang bukan negara saya,” kata Martino kepada TUDN.

Tapi, ini bukan pekerjaan enteng. Meski membawa modal kemenangan 3-0 atas Amerika Serikat, akhir pekan lalu, Martino tidak bisa menurunkan seluruh pemain terbaiknya di Stadion Alamodome, San Antonio, Texas, besok pagi.

Gelandang andalan Meksiko, Erick Gutierrez dipastikan absen bersama Rodolfo Pizarro dan Andrés Guardado. Pemain PSV Eindhoven itu tidak bisa turun dalam pertandingan persahabatan kedua El Tri karena mengalami patah tangan dalam pelatihan tim di New Jersey.

Untungnya, Argentina juga tidak dalam kondisi terbaik. Selain sang kapten Lionel Messi yang mendapat sanksi, Pelatih Lionel Scaloni juga tidak akan diperkuat gelandang muda, Giovani Lo Celso. Pemain Tottenham Hotspur itu harus kembali ke Inggris karena cedera.

Namun, Scaloni menegaskan bahwa ia memang berencana melakukan rotasi. Selain Lo Celso, menurut informasi sang pelatih juga akan memarkir Agustín Marchesín, Nicolás Otamendi, dan Joaquín Correa.

Sebagai gantinya, Esteban Andrada, Mac Allister, Acuna dan German Pezzella kemungkinan besar akan turun sebagai starter. “Tentunya kami akan membuat dua atau tiga perubahan, karena kami ingin terus melihat pemain yang bermain,” kata Scaloni di Pasion Futbol.

Di pertandingan sebelumnya, Argentina hanya bermain kaca mata dengan Cile. Meski begitu, Scaloni menegaskan tidak kecewa dengan penampilan anak asuhnya. Bagi dia, mereka melakukan beberapa hal positif pada laga tersebut.

“Ini sebagian karena kelelahan akibat perjalanan ke Amerika Serikat. Di babak kedua, perubahan tidak berjalan dengan baik, karena kami menguji pemain muda yang secara bertahap akan beradaptasi dengan permainan tim,” jelas Scaloni di Mundod Lavoz. (amr)

Prakiraan Pemain

Argentina (4-3-1-2): Andrada; Montiel, Martínez Quarta, Pezzella, Tagliafico; De Paul, Paredes, Acuna; Mac Allister; Lautaro Martínez, Dybala.

Meksiko: Orozco; Gallardo, Moreno, Reyes, Sanchez; Pineda, Herrera, Rodriguez; Lozano, Javier “Chicahrhito” Hernandez, Corona

Head to head

20/11/18 Argentina 2-0 Meksiko

16/11/18 Argentina 2-0 Meksiko

08/09/15 Argentina 2-2 Meksiko

27/06/10 Argentina 3-1 Meksiko

04/06/08 Meksiko 1-4 Argentina

 

Lima pertandingan terakhir Meksiko

06/24/19 Martinique 2 – 3 Meksiko
06/30/19 Meksiko 1 – 1 Kosta Rika
03/07/19 Haiti 0 – 1 Meksiko
07/08/19 Meksiko 1 – 0 Amerika Serikat
09/09/19 Amerika Serikat 0 – 3 Meksiko
Lima pertandingan terakhir Argentina
06/24/19 Qatar 0 – 2 Argentina
06/29/19 Venezuela 0 – 2 Argentina
03/07/19 Brasil 2 – 0 Argentina
07/07/19 Argentina 2 – 1 Cile
09/06/19 Cile 0 – 0 Argentina

REKAMAN PERTEMUAN
Pertandingan: 31
Argentina menang: 15
Meksiko menang: 4

Imbang: 12

Catatan gol
Gol Argentina: 50
Gol Meksiko: 29
Rekor skor
Kemenangan terbesar Argentina: 6-3

Kemenangan terbesar Meksiko: 2-0

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *