Preview Jerman vs Belanda: Gairah Loew

by
Twitter/DFB

FAJAR.CO.ID, HAMBURG—Jerman bertekad menjaga rekor 100 persen mereka di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Calon korbannya, Belanda yang akan bertamu ke Volksparkstadion, Hamburg, dinihari nanti.

PASCA penampilan mengecewakan di Piala Dunia FIFA 2018 dan UEFA Nations League (UNL) edisi perdana lalu, Jerman sepertinya sudah kembali menemukan kepercayaan diri mereka. Saat ini, Der Panzer tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka.

Khusus di Kualifikasi Piala Eropa, tim berjuluk Die Mannschaft menyapu bersih tiga pertandingan mereka di Grup C. Pada pertandingan terakhir, anak asuh Joachim Loew berpesta delapan gol ke gawang Estonia.

Hasil-hasil bagus itu mengurangi beban Loew yang mendapat begitu banyak kritik pasca Piala Dunia di Rusia. Tidak mengherankan sang pelatih begitu bergairah menyambut kedatangan Belanda yang ia klaim sebagai lawan utama mereka di grup ini.

Irlandia Utara kini masih memimpin klasemen dengan poin 12. Namun, Loew percaya rival utama mereka dalam perburuan tiket ke putaran final Euro 2020 tetap Belanda. “Ini permainan yang sangat menarik dan menarik. Ini mungkin (pertarungan) dua tim terkuat di grup,” kata Loew dikutip dari Teller Report.

Pada beberapa laga terakhir, Loew sudah memperlihatkan bahwa proyek revolusi timnas yang ia gagas cukup berhasil. Pemain-pemain muda yang ia beri kepercayaan mampu menunjukkan performa bagus. Termasuk Niklas Sule, Jonathan Tah, Lukas Klostermann, Leroy Sane, Timo Werner hingga Serge Gnabry.

Makanya, selain Sane yang harus absen karena cedera, senjata muda Tim Panser itu diyakini akan tetap menjadi pilihan pertama Loew. Mereka akan bermain bersama pilar senior seperti Joshua Kimmich, Toni Kroos, Ilkay Gundogan, dan Marco Reus. “Tim muda kami telah menunjukkan bahwa kami dapat melawan tim yang kuat,” jelas Loew.

Direktur DFB, Oliver Bierhoff menambahkan, ini akan menjadi laga sulit. Makanya, ia berharap skuat Loew bisa menunjukkan performa bagus. “Saya berharap bahwa kami sekali lagi menunjukkan kecerdasan dan kegembiraan bermain yang telah kami tunjukkan dalam pertandingan terakhir,” kata Bierhoff.

Tertahan di peringkat ketiga dengan poin tiga, Belanda jelas akan berusaha membalas kekalahan 2-3 mereka di matchday kedua lalu. Kendati demikian, Pelatih The Oranje, Ronald Koeman memastikan hasil pertandingan ini bukan penentu siapa yang akan lolos ke putaran final.

“Duel dengan Jerman bukan pertandingan kunci. Tidak, bahkan untuk sisa kualifikasi. Kami harus mendapatkan dua belas poin dalam pertandingan melawan Estonia dan Belarusia dan menjadi yang terbaik untuk pertandingan kontra Irlandia Utara,” tegas Koeman di Football-Oranje.

Sama seperti Jerman, Belanda juga tidak akan melakukan perombakan starter. Pemain-pemain seperti Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, hingga Memphis Depay, yang bermain di final UNL menghadapi Portugal masih akan dipercaya turun sejak awal. Sementara Steven Bergwijn dipastikan absen bersama Stefan de Vrij karena cedera.

Ini akan menjadi pertemuan ke-44 antara Jerman dan Belanda. Di 43 duel terdahulu, Die Mannschaft meraih 16 kemenangan berbanding 11 kali milik Belanda. Khusus delapan pertemuan terakhir, Belanda hanya menang satu kali yakni pada Oktober tahun lalu ketika mereka menghajar Jerman dengan 3-0 di UNL. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Jerman (4-3-3): Neuer; Klostermann, Sule, Tah, Halstenberg; Gundogan, Kimmich, Kroos; Gnabry, Werner, Reus

Belanda (4-2-3-1): Cillessen; Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind; De Roon, De Jong; Berghuis, Wijnaldum, Babel; Depay

Head to head

24/03/19 Belanda 2-3 Jerman
19/11/18 Jerman 2-2 Belanda
13/10/18 Belanda 3-0 Jerman

14/11/12 Belanda 0-0 Jerman
13/06/12 Belanda 1-2 Jerman

 

Lima pertandingan terakhir Jerman

20/11/18 Jerman 2 – 2 Belanda
21/03/19 Jerman 1 – 1 Serbia
25/03/19 Belanda 2 – 3 Jerman
09/06/19 Belarusia 0 – 2 Jerman
12/06/19 Jerman 8 – 0 Estonia

Lima pertandingan terakhir Belanda

20/11/18 Jerman 2 – 2 Belanda
22/03/19 Belanda 4 – 0 Belarusia
25/03/19 Belanda 2 – 3 Jerman
07/06/19 Belanda 3 – 1 Inggris
10/06/19 Portugal 1 – 0 Belanda

 

PERBANDINGAN KEKUATAN

Peringkat FIFA

Jerman: 15

Belanda: 16

Peringkat UEFA

Jerman: 4

Belanda: 11

Statistik Kunci

Ini akan menjadi pertemuan ke-44 antara Jerman dan Belanda. Die Mannschaft meraih 16 kemenangan sementara Tim Oranje menang 11 kali (16 imbang).

Pertemuan terakhir kedua negara berakhir dengan kemenangan 3-2 Jerman pada awal Maret tahun ini di Kualifikasi UEFA Euro 2020.

Jerman tidak terkalahkan dalam enam pertandingan sebelumnya, sejak kalah dari Prancis di UEFA Nations League pada Oktober tahun lalu (menang 4, imbang 2). Anak asuh Joachim Low mencetak 19 gol dalam enam pertandingan ini dan hanya kebobolan lima kali.

Belanda hanya menang satu kali dari delapan pertandingan sebelumnya melawan Jerman (imbang 4, 3 imbang). Satu-satunya kemenangan Belanda terjadi pada Oktober tahun lalu, ketika mereka menghajar Jerman 3-0 di UEFA Nations League.

Jerman memenangkan semua tiga pertandingan mereka di Kualifikasi UEFA Euro 2020 dan telah mencetak setidaknya dua gol di setiap pertandingan itu.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *