Preview Brasil vs Kolombia: Berebut Hati Tite

by
Neymar / REX Features

FAJAR.CO.ID, MIAMI—Brasil akan menghadapi Kolombia dalam laga uji coba pertama mereka setelah merengkuh gelar Copa America 2019. Pertandingan ini mengawali proyek Selecao menuju Piala Dunia 2022.

Sebagai proyek baru, Pelatih Brasil, Adenor Leonardo Bacchi memangggil beberapa wajah baru untuk laga di Hard Rock Stadium, Miami, besok pagi. Di sektor tengah, pelatih yang akrab disapa Tite memasukkan nama gelandang Udinese, Tite. Sedangkan di lini serang ada nama Vinícius Junior dan Bruno Henrique.

Selain pendatang baru, Tite juga kembali memasukkan nama Neymar dalam skuat yang juga akan dipersiapkan menghadapi Peru pada laga berikutnya. Neymar sebelumnya harus dicoret dari skuat Copa America karena cedera dan harus menghadapi kasus tuduhan pemerkosaan.

Para pendatang baru plus Neymar pastinya akan menjadikan dua laga uji di Amerika Serikat ini sebagai kesempatan merebut hati Tite. Mereka akan bersaing dengan wajah-wajah lama yang juga terus berusaha menggoda Tite seperti Richarlison dan David Neres.

Neymar sendiri sejauh ini belum pernah bermain, baik di laga pramusim maupun pertandingan resmi klub. Makanya, ia akan berusaha menjadikan dua laga uji di Amerika Serikat ini sebagai ajang pembuktian dirinya masih layak memimpin barisan penyerang Selecao.

Target utama Neymar adalah menjadi pilihan utama di sektor penyerang sayap kiri. Maklum, di posisi ini, Everton sudah menunjukkan bakat luar biasa sepanjang Copa America 2019 dimana ia mampu menjaringkan empat gol dan menjadi top skor turnamen.

Penampilan hebat Everton dan pemain-pemain seperti Gabriel Jesus membuat sejumlah fans sempat mengeritik pemanggilan Neymar yang dianggap tidak siap untuk dua laga di AS. Akan tetapi, Tite menegaskan bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan penyerang berusia 27 tahun itu.

Bahkan, Tite memastikan akan memberi Neymar waktu bermain di AS. Bisa di posisi sayap kiri atau posisi baru seperti halnya ketika bermain bersama PSG. “Saya tidak akan meninggalkan seorang pemain dengan kualitas seperti Neymar,” tegas Tite seperti dikutip dari First Post.

Kiper Brasil, Ederson yang akan mengisi tempat Alisson Becker yang absen karena cedera mendukung keputusan sang pelatih. Penjaga gawang Manchester City itu menegaskan, terlepas dari masalah Neymar yang gagal pindah kembali ke Barcelona, ia bahagia bisa kembali ke timnas.

“Tentu saja Neymar senang. Saya tidak tahu apakah dia akan bermain. Ini adalah pertanyaan yang harus dijawab Tite. Karena dia satu-satunya orang yang bisa menjawab jika dia [Neymar] bermain atau jika dia tidak bermain,” kata Ederson di Sport Star.

Setelah memulai pekerjaannya di Copa America, pelatih baru Kolombia, Carlos Queiroz juga akan menjadikan laga di Miami sebagai bagian awal penyusunan kembali skuat baru. Dia diprediksi akan menggunakan kesempatan bertemu Brasil sebagai laboratorium untuk mencapai kesimpulan tentang pemain yang akan ia gunakan untuk kualifikasi.

Cara Queiroz membangun permainan menyerang akan menjadi pertanyaan kunci dalam fase ini. Khususnya bagaimana ia mempersiapkan pengganti kapten tim, Radamel Falcao yang sepertinya akan segera mengakhiri karier internasionalnya.

Di Copa Amerika lalu, Kolombia tampak jauh lebih baik ketika Duvan Zapata memimpin barisan penyerang. Dan tanpa Falcao dan James Ridriguez, akan menarik untuk melihat apakah Queiroz bisa membuat penyerang Atalanta itu menyulitkan pertahanan Brasil yang hanya kebobolan satu gol di Copa America.

“Kami harus bergerak maju dengan sepakbola kreatif, dengan banyak penetrasi operan, dan konsistensi. Saya perlu waktu untuk bekerja agar memiliki inovasi. Selama pertandingan, kita perlu berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya tanpa menimbulkan gangguan pada pemain. Saya punya beberapa latihan untuk melakukan itu,” kata Queiroz di El Tiempo.

Bek tengah Kolombia, Oscar Murillo menambahkan, laga kontra Brasil adalah kesempatan bagus bagi mereka. “Kami tahu bahwa kami berada di level yang baik, kami telah bermain dengan cara terbaik. Ini akan menjadi laga yang menyenangkan,” katanya.

Secara khusus, Murillo mengomentari kehadiran Neymar. “Kami tahu gerakannya, kami tahu dia dan kami berharap untuk penuh perhatian dan memenangkan duel dengannya. Selalu ada perhatian pada Neymar seperti para pemain lainnya,” jelas Murillo. (amr)

Prakiraan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Ederson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Neymar, Coutinho, Richarlison; Firmino

Kolombia (4-3-3): Ospina; Medina, Mina, Sanchez, Tesillo; Cuadrado, Barrios, Uribe; Diaz, Zapata), Martinez

 

Head to head

05/09/17 Kolombia 1-1 Brasil
06/09/16 Brasil 2-1 Kolombia
25/01/17 Brasil 1-0 Kolombia
17/06/15 Brasil 0-1 Kolombia

05/09/14 Brasil 1-0 Kolombia

 

Lima pertandingan terakhir Brasil

06/19/19 Brasil 0 – 0 Venezuela
06/23/19 Peru 0 – 5 Brasil
06/28/19 Brasil 0 – 0 Paraguay
03/07/19 Brasil 2 – 0 Argentina
07/08/19 Brasil 3 – 1 Peru

 

Lima pertandingan terakhir Kolombia

06/10/19 Peru 0 – 3 Kolombia
06/16/19 Argentina 0 – 2 Kolombia
06/20/19 Kolombia 1 – 0 Qatar
06/24/19 Kolombia 1 – 0 Paraguay
06/29/19 Kolombia 0 – 0 Cile

 

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *