Pelatih Spanyol, Robert Moreno Akui Rumania Bikin Mereka Menderita

FAJAR.CO.ID, BUCHAREST—Tim nasional Spanyol akhirnya mengakhiri kutukan tidak pernah menang di Rumania. Dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F, Jumat, 6 September, dinihari tadi, Tim Matador menang tipis 2-1. Meski begitu, Pelatih Spanyol, Robert Moreno mengakui tuan rumah membuat mereka menderita.

“Kami sudah tahu bahwa Rumania berjuang sampai akhir. Kami tahu itu karena melawan Swedia dan Norwegia mereka tertinggal hingga beberapa menit akhir pertandingan dan berhasil mencetak gol. Sangat disayangkan karena kami telah menciptakan banyak peluang. Terutama di babak pertama,” kata Moreno kepada Sport.

Namun, pelatih baru itu yakin bahwa pengalaman di Rumania akan meningkatkan mereka sebelum menghadapi Piala Eropa 2020. “Ini membuat kami tumbuh sebagai tim, bertahan bersama dan menyerang dengan cepat. Saya pikir itu bagus. Kami harus memberi selamat kepada diri sendiri atas hasilnya, kami sangat senang,” jelas pelatih asal Catalan itu.

Bermain di Arena Nationala, Bucharets, kapten tim, Sergio Ramos membawa Spanyol memimpin 1-0 lewat penalti di menit ke-29. Penyerang Borussia Dortmund, Paco Alcacer kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-47.

Tuan rumah memperkecil ketertinggalan lewat gol Florin Andone di menit ke-59 dan mendapat momentum bangkit kedua ketika Spanyol harus bermain dengan sepuluh orang setelah Diego Llorente dikartu merah di menit ke-79. Akan tetapi, mereka tidak mampu mencetak gol tambahan dan skor 2-1 menjadi hasil akhir.

Bagi Spanyol, ini adalah kemenangan pertama mereka di Rumania dalam 57 tahun. Dari enam lawatan sebelumnya, hasil terbaik mereka hanya bermain seri tiga kali. Khusus di Kota Bucharest, Spanyol sebelumnya menelan tiga kali kekalahan. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir