De Ligt Tampil Buruk di Juve, Pelatih Belanda Sebut Debutnya di Barca Juga Bencana

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman angkat bicara terkait penampilan mengecewakan Matthijs de Ligt bersama klub barunya, Juventus. Menurut Koeman, palang pintu berusia 20 tahun itu digunakan di posisi yang salah di klub Italia tersebut.

De Ligt dikritik karena kinerjanya dalam kemenangan mendebarkan Juventus atas Napoli di Allianz Stadium, akhir pekan lalu. Pada laga perdananya sebagai starter di Serie A, mantan pemain Ajax yang dibeli 75 juta euro itu melakukan kesalahan untuk lahirnya gol Napoli meski Juve pada akhirnya bisa menang 4-3.

“Apa yang mengejutkan? Itu juga pertanyaan mengapa dia tidak memainkan pertandingan pertama. Kemudian dia bermain karena ada orang lain yang cedera (cedera lutut Giorgio Chiellini). Dia tidak bermain dengan baik. Dia mengalami momen buruk dengan gol [Hirving] Lozano. Dua gol lainnya berbeda. Itu adalah tendangan bebas yang berbalik dan itu selalu sulit untuk diantisipasi,” kata Koeman dikutip Goal.

Koeman mengaku sudah berbicara dengan De Ligt terkait penampilannya bersama Si Nyonya Tua dimana ia dipasangkan dengan Leonardo Bonucci. “Tapi ya, dia tidak bermain seperti yang kita inginkan. Saya berbicara dengan Matthijs hari ini setelah makan siang,” bebernya.

Bagi Koeman, ini hanya masalah adaptasi saja. Dan ia mengaku juga memiliki memori buruk di Barcelona. “Kadang-kadang orang berpikir perubahan terlalu mudah. ​​Saya masih punya koran pertandingan pertama saya di Barcelona. Itu bencana. Kami kalah 2-0 dan semua orang mempertanyakan kedatangan saya. Tetapi jika Anda bertanya kepada mereka sekarang tentang saya, saya bertaruh itu berbeda,” tegasnya.

Sang pelatih juga menyebut keputusan Juventus memainkan Bonucci pada laga perdana sudah tepat. “Jadi Matthijs berusia 20 tahun. Di televisi mereka menganggap enteng klub baru. Tapi aku tidak akan menempatkannya di pertahanan. Aku akan menempatkan Bonucci di sana. Dia lebih berpengalaman,” ujarnya.

De Ligt akan membela Belanda menghadapi Jerman pada hari Jumat dalam pertandingan pertama jeda internasional sebelum menghadapi Estonia tiga hari kemudian. Setelah itu, ia akan kembali ke Juventus untuk bermain melawan Fiorentina di Serie A lalu Atletico Madrid di Liga Champions. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir