Perburuan Terakhir Madrid

by
Paul Pogba / Reuters

FAJAR.CO.ID, MADRID—Real Madrid hanya punya waktu empat hari lagi untuk membeli satu gelandang. Kalau Paul Pogba gagal, mereka harus memilih antara Christian Eriksen atau Donny Van de Beek.

SEMPAT dilaporkan mundur karena Manchester United memasang harga teramat tinggi, keinginan Madrid memboyong Pogba ke Santiago Bernabeu muncul kembali. Pihak Madrid kabarnya sudah bergerak melakukan pembicaraan dalam beberapa hari terakhir.

Laporan MARCA, Pelatih Madrid, Zinedine Zidane menganggap Pogba adalah pemain yang sangat mereka butuhkan, musim ini. Karena itu, legenda Prancis itu bersikeras meminta Madrid membuat kesepakatan dengan MU dan mengorbankan target transfer lainnya.

Namun, seperti sebelumnya, perburuan terakhir ini tidak akan mudah. MU yang sudah tidak punya kesempatan mencari pengganti berjuang mati-matian mempertahankan Si Gurita, julukan Pogba. Selain itu, mereka tetap dengan harga awal, 200 juta euro atau sekitar Rp3,1 triliun.

Meski demikian, sebelum bursa transfer ditutup 2 September mendatang, segalanya masih mungkin terjadi. Itu bahkan dilontarkan langsung saudara Paul Pogba, Mathias Pogba. Pemain Tours FC, klub level keempat Liga Spanyol itu mengatakan, semua tergantung pada MU dan Madrid.

“Semua orang tahu adik saya akan hebat untuk Real Madrid dan Zidane. Zidane selalu memuji saudara saya, itu suatu kehormatan. Hal lain adalah mereka mendengarkannya. Saya tidak tahu (apakah dewan akan mendengarkan Zidane), saya tidak di dalam Bernabeu. Dalam sepak bola Anda tidak pernah tahu,” kata Mathias kepada media Spanyol, AS.

Tetapi, kalaupun Paul Pogba tidak ke Madrid, musim panas ini, Mathias percaya adiknya akan memberikan yang terbaik bagi Setan Merah. Alasannya, Paul Pogba yang saat ini berusia 26 tahun adalah sosok yang sangat profesional.

“Dia baik-baik saja, seperti biasa. Tidak ada yang mengharapkan dia mengatakan hal buruk tentang United. Dia seorang profesional dan di sanalah dia sekarang. Masa depannya? Itu tergantung pada klub: Manchester perlu ingin menjual dan Madrid perlu ingin membeli. Begitulah cara kerja bisnis ini,” ujarnya.

Mantan rekan Pogba, Zlatan Ibrahimovic menegaskan, dirinya sudah berbicara dengan sang gelandang terkait masa depannya. Menurut eks bomber MU itu, Pogba bisa meninggalkan Old Trafford jika dia memang menghendakinya.

Pogba sebelumnya sudah menyatakan keinginannya mencari tantangan baru. “Aku berbicara dengannya. Banyak saran yang saya berikan, tetapi tidak ada yang akan saya bagikan kepada Anda,” tegas legenda timnas Swedia tersebut dikutip dari Goal.

Andai Pogba gagal diboyong ke Bernabeu, Madrid yang sudah menghabiskan 300 juta euro atau sekitar Rp4,7 triliun akan segera beralih ke Eriksen. Playmaker Denmark itu sudah menolak perpanjangan kontrak di Tottenham Hotspur dan diprediksi akan berganti klub.

Seperti Pogba, Eriksen juga mahal. Ketua Spurs, Daniel Levy sejak awal mengumumkan hanya akan melegonya di angka 144 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun. Namun, dengan kontrak yang berakhir di akhir musim, Spurs dipastikan akan menurunkan harganya.

Madrid sendiri disebut-sebut bisa dengan mudah mendatangkan pemain berusia 27 tahun tersebut. Bahkan, menurut klaim Marca, Madrid bisa menyelesaikan kepindahan Eriksen ke Bernabeu hari ini. Itu dengan catatan Zidane bersedia melupakan Pogba dan menyetujui pembelian Eriksen.

Pilihan terakhir Madrid adalah Van de Beek. Pemain Ajax berusia 22 tahun itu malah dilaporkan sudah setuju ke Bernabeu musim panas ini. Hanya saja, De Beek yang kabarnya berharga 50 juta euro hanya menjadi pilihan terakhir Zidane. (amr)

PROFIL BURUAN TERAKHIR

Paul Pogba

Usia: 26 tahun

Kebangsaan: Prancis

Jejak karier

Manchester United: 2010-2012

Juventus: 2012-2016

Manchester United: 2016-sekarang

Statistik di MU

Main: 138

Gol: 31

Harga: 200 juta euro (Rp3,1 triliun)

Christian Eriksen

Usia: 27 tahun

Kebangsaan: Denmark

Jejak karier

Ajax: 2009-2014

Tottenham Hotspur: 2014-sekarang

Statistik di Tottenham Hotspur

Main: 277

Gol: 66

Harga: 144 juta euro (Rp2,2 triliun)

Donny Van de Beek

Usia: 22 tahun

Kebangsaan: Belanda

Jejak karier

Ajax: 2015-sekarang

Statistik di Ajax

Main: 142

Gol: 33

Harga: 50 juta euro (Rp790 miliar)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *