Preview Liverpool vs Arsenal: Jimat Juergen dan Hantu Bobby

by
Tantangan berat menanti Unai Emery di markas Sheffield United/Sky Sports

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Arsenal akan menantang Liverpool di pekan ketiga Premier League di Anfield Stadium. Kalau ada pemain yang perlu menjadi perhatian khusus The Gunners, mungkin Roberto Firmino orangnya.

Penyerang yang akrab disapa Bobby itu memang seperti hantu bagi Arsenal. Dalam delapan pertemuan kontra Arsenal, delapan kali pula pemain internasional Brasil itu menjebol gawang Arsenal atau rata-rata satu gol per pertandingan.

Pada duel terakhir Liverpool versus Arsenal, Desember 2018 silam, Bobby bahkan mencetak hattrick dalam kemenangan 5-1 tuan rumah. Catatan hebat itu disempurnakan dengan peran Bobby lainnya sebagai kreator gol dimana ia menyumbang tiga assist.

Dengan delapan gol, mantan pemain Mainz 04 itu menjadi pencetak gol terbanyak kedua dalam pertandingan liga antara Liverpool dan Arsenal di era Premier League. Ia hanya kalah subur dari legenda Liverpool, Robbie Fowler yang mencetak total sembilan gol dalam 13 pertandingan.

Tapi, tentu saja Arsenal tidak boleh sepenuhnya fokus pada Bobby. Penyerang Liverpool lainnya, Sadio Mane dan Mohamed Salah juga bisa menjadi mimpi buruk mereka, dinihari nanti. Keduanya total telah melesakkan delapan gol ke gawang Arsenal di Premier League dengan empat gol di antaranya dicetak Mane.

Manajer The Reds, Juergen Klopp sendiri sangat yakin trisulanya akan memberi pekerjaan berat pada bek-bek Arsenal. Ia merujuk pada dua penampilan awal mereka musim ini dimana ketiganya masing-masing sudah mencetak satu gol dan memberi satu assist.

“Syukurlah aku punya mereka dan mereka membuat perbedaan. Kita tidak perlu membicarakan hal itu. Sadio Mane, Bobby Firmino, dan Mo Salah benar-benar luar biasa. Mereka adalah ancaman yang konstan,” kata Klopp kepada Liverpoolfc.com.

Bukan saja trisula Liverpool, tim tamu juga perlu mencari cara meredam taktik Klopp yang seperti jimat bagi The Reds saat berhadapan dengan klub London Utara itu. Di tujuh pertemuan, manajer berpaspor Jerman itu meraih kemenangan dan tak pernah kalah.

Karena duel ini menjadi pertarungan perebutan takhta dan mengingat Liverpool akan bermain di kandang, Klopp jelas tidak ingin merusak rekor bagusnya. Apalagi, selain Arsenal, klub pesaing lainnya sudah tersandung. “Awal musim ini sangat penting,” tegasnya.

Namun, tentu saja Klopp dan anak asuhnya tidak boleh sembrono apalagi berpikir untuk meremehkan Arsenal. Sama seperti Liverpool, anak asuh Unai Emery juga mencatatkan hasil sempurna di dua laga awal musim ini.

Makanya, mereka datang ke Anfield dengan sangat percaya diri. Gelandang anyar Arsenal, Dani Ceballos sebagaimana dilansir Football London bahkan sudah mengirim pesan kepada fans Arsenal dengan menyatakan “tidak ada rasa takut” jelang pertemuan di Liverpool.

Manajer Arsenal, Unai Emery yang punya rekor satu kemenangan dan sekali kalah dalam tiga pertemuan dengan Liverpool juga optimis bisa mencuri angka. Bagi pelatih asal Spanyol itu, duel ini adalah pertandingan bagus untuk menguji sejauh mana mereka sudah berkembang.

“Ini benar-benar sebuah tantangan, ujian yang bagus. Kami pergi ke sana (ke Anfield) dengan enam poin dari dua pertandingan. Ini adalah pertandingan yang sangat bagus untuk setiap pendukung Arsenal,” tegas Emery di The Independent.

Untuk laga ini, Emery yang sudah diperkuat Mesut Ozil dan sang kapten, Granit Xhaka bisa membuat elemen kejutan dengan formasi tiga penyerang. Nicolas Pepe yang diberi waktu bermain 30 menit ketika Arsenal mengalahkan Burnley tampak sudah siap menjadi starter.

“Dia (Pepe) merasa semakin lebih baik. Misalnya, dalam pertandingan pertama, ia bermain 15 menit di Newcastle, kemudian 45 menit melawan Burnley. Untuk hari Sabtu (Minggu Wita), dia mungkin siap untuk memiliki beberapa menit lagi,” jelasnya di Reuters.

Arsenal masih kehilangan Hector Bellerin, Konstantinos Mavropanos, dan Rob Holding. Sementara tuan rumah tanpa Nathaniel Clyne dan kiper utama, Alisson. Absennya Alisson memberi kesempatan kepada Adrian terus berada di bawah mistar gawang kendati pekan lalu ia melakukan blunder konyol di markas Southampton. (amr)

Prakiraan pemain

Liverpool (4-3-3): Adrian; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah

Arsenal (4-2-1-3): Leno; Maitland-Niles, Sokratis, Luiz, Monreal; Guendouzi, Torreira; Ceballos; Pepe, Lacazette, Aubameyang

Head to head

29/12/18 Liverpool 5-1 Arsenal
03/11/18 Arsenal 1-1 Liverpool
22/12/17 Arsenal 3-3 Liverpool
27/08/17 Liverpool 4-0 Arsenal
04/03/17 Liverpool 3-1 Arsenal
14/08/16 Arsenal 3-4 Liverpool

 

Lima pertandingan terakhir Liverpool

17/08/19 Southampton 1-2 Liverpool

14/08/19 Liverpool 2-2 Chelsea

09/08/19 Liverpool 4-1 Norwich
04/08/19 Liverpool 1-1 Manchester City
31/07/19 Liverpool 3-1 Lyon
Lima pertandingan terakhir Liverpool

17/08/19 Arsenal 2-1 Burnley

11/08/19 Newcastle United 0-1 Arsenal

04/08/19 Barcelona 2-1 Arsenal

31/07/19 Angers 1-1 Arsenal
28/07/19 Arsenal 1-2 Lyon

PEMAIN KUNCI

LIVERPOOL

Pencetak gol

Virgil van Dijk: 1
Roberto Firmino: 1
Mohamed Salah: 1

Pemberi assist

James Milner: 1
Roberto Firmino: 1
Mohamed Salah: 1

LIVERPOOL

Pencetak gol
Pierre-emerick Aubameyang: 2
Alaxandre Lacazette: 1
Pemberi assist
Dani Ceballos: 2
A. Maitland-Niles: 1

DATA DAN FAKTA

Liverpool tidak terkalahkan di 8 pertandingan terakhir kontra Arsenal di semua kompetisi (4 menang, 4 imbang). Rentetan terpanjang sebelumnya adalah 14 laga.

Arsenal tidak pernah menang dalam enam lawatan terakhir ke Anfield di Premier League (2 imbang, 4 kalah). Mereka kebobolan total 22 gol (rata-rata dua gol atau lebih di tiap pertandingan).

Duel Liverpool versus Arsenal di Premier League menghasilkan total 155 gol dalam 54 pertandingan. Itu adalah rekor gol pertemuan klub di Premier League.

Laga Liverpool dan Arsenal sudah menghasilkan 6 hattrick, terbanyak di kompetisi ini.

Kemenangan kontra Arsenal akan menyamai rentetan kemenangan terpanjang mereka dalam sejarah Liga Inggris yang dicatat tim asuhan Kenny Dalglish (12 kemenangan antara April-Oktober 1990).

Liverpool tanpa kekalahan dalam 41 partai Premier League di Anfield (31 menang, 10 imbang). Mereka terakhir kalah 1-2 dari Crystal Palace 853 hari silam.

Gawang Arsenal adalah favorit Roberto Firmino. Delapan gol dalam delapan pertandingan yang ia cetak, lebih banyak dari gol-golnya ke gawang tim lain.

Jika berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal, Roberto Firmino akan jadi pemain Brasil pertama yang mengoleksi 50 gol di Premier League.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *