Prediksi Juara Liga Italia: Perang Segitiga yang Sulit bagi Juventus

by
Juventus/Getty Images

FAJAR.CO.ID, ROMA—Genderang perang Serie A Italia akan ditabuh, Minggu, 25 Agustus, dinihari. Juventus masih favorit scudetto, namun mereka akan mendapatkan perlawanan lebih sengit musim ini.

KALAU pada dua edisi terakhir hanya Napoli yang bisa sedikit merepotkan, kali ini Si Nyonya Tua harus bersiap untuk perang segitiga. Inter Milan yang terakhir menjadi scudetto di era Jose Mourinho musim ini terlihat cukup ambisius menjegal Juve meraih scudetto kesembilannya secara beruntun.

Selain mendatangkan eks pelatih Juventus, Antonio Conte, Inter juga melakukan aktivitas bagus di bursa transfer. Menambal lini belakang mereka, Nerazzurri mendatangkan salah satu bek terbaik dunia, Diego Godin dari Atletico Madrid.

Di sektor tengah, Conte meningkatkan kekuatan dengan membeli Stefano Sensi dan Nicolo Barella. Sementara untuk lini serang, bomber timnas Belgia, Romelu Lukaku diboyong dari Manchester United. Khusus penyerang, Conte masih butuh satu pemain dengan nama Alexis Sanchez berada di daftar teratas.

Dengan kemampuan Conte meramu strategi dan tekad pembuktian dari pemain anyar seperti Lukaku, Inter jelas bisa menjadi pesaing berat Juventus. Dan itu setidaknya sudah bisa terlihat di ajang Internasional Champions Cup (ICC) 2019 dimana skuat Conte sudah bisa merepotkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dan mengalahkan finalis Liga Champions, Tottenham Hotspur.

Napoli yang musim lalu terpaut 11 angka di belakang Juventus pada klasemen akhir Serie A juga punya tekad besar mengakhiri superioritas Juventus. Motivasi mereka menjegal sang juara bertahan semakin tinggi mengingat Bianconeri saat ini dilatih Maurizio Sarri yang tak lain adalah mantan pelatih Napoli.

Keputusan Sarri yang kelahiran Napoli untuk pindah ke Turin membuat fans terluka. “Bagi kami orang Neapolitans, itu adalah pengkhianatan. Sekarang kita harus mencoba mengalahkannya dengan cara apa pun,” tegas kapten Napoli, Lorenzo Insigne dikutip dari Business Standard.

Yang dilontarkan sang kapten tentu bukan sekadar gertak sambal. Setelah dua musim bertugas, Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti jelas sudah bisa membentuk tim penantang yang lebih tangguh. Apalagi, hampir tidak ada perubahan berarti dalam tim utama mereka.

Ancelotti yang mendatangkan bek Kostas Manolas, gelandang Elif Elmas dan pemain sayap Hirving Lozano, menegaskan dia telah belajar pada musim pertamanya dan kini sudah siap bersaing menjadi jawara. “Kami menarik anak panah, sekarang kami siap menembak,” ujarnya.

Tekad rival menjegal diakui pemain Juventus akan membuat pekerjaan mereka musim ini bakal lebih berat. “Inter dan Napoli juga bertekad memenangkan scudetto. Mereka ingin mengalahkan kami dan akan semakin sulit untuk mempertahankan gelar juara setiap musim,” kata bek Juve, Alex Sandro di Sky Sports Italia.

Meski begitu, Juventus sudah mempersiapkan diri sejak awal. Selain membajak Sarri dari Chelsea yang diharapkan mengubah gaya bermain Juve menjadi lebih menyerang, mereka juga telah mendatangkan bintang baru seperti Matthijs de Ligt, Aaron Ramsey, hingga Adrien Rabiot.

“Sarri berbeda dengan (Massimiliano) Allegri. Tapi, kami telah memiliki mentalitasnya. Kami tahu apa yang harus dilakukan. Kami harus meningkat, kami berada di jalur yang tepat. Skuat dalam kondisi yang baik, secara teknik dan fisik,” ujar Alex.

Mantan Pelatih Italia, Cesare Prandelli yakin persaingan gelar musim ini akan berlangsung hingga giornata terakhir. “Perlombaan gelar tidak akan selesai pada Paskah seperti tahun lalu. Napoli tidak pernah sedekat ini dengan Juventus seperti sekarang. Lebih dari Inter,” katanya di Sky Sports.

Pelatih Italia, Roberto Mancini sependapat. Namun, mantan pelatih Inter itu menyebut Juventus masih kandidat terkuat. “Masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang akan memenangkan Scudetto, tetapi Juventus sejauh ini merupakan tim terbaik,” katanya kepada Gazzetta dello Sport.

Mancini juga memprediksi AC Milan bisa menjadi tim kejutan. “FFP adalah masalah bagi Milan: itu memaksa Anda untuk berbuat lebih sedikit di pasar. Namun, jika Anda berganti pelatih, memiliki lebih banyak waktu untuk berlatih bisa menjadi keuntungan. Milan bisa menjadi paket kejutan,” jelasnya. (amr)

PERGERAKAN DI BURSA TRANSFER MUSIM PANAS

JUVENTUS

Pemain baru

Matthijs de Ligt (bek)

Danilo (bek kanan)
Merih Demiral (bek tengah)
Adrien Rabiot (gelandang)
Aaron Ramsey (gelandang)
Gianluigi Buffon (kiper)

Pemain Keluar

Joao Cancelo (bek kanan)

Leonardo Spinazzola (bek kiri)
Moise Kean (striker)
Andrea Barzagli (bek/pensiun)
Martín Cáceres (bek)

INTER MILAN

Pemain baru

Romelu Lukaku (penyerang)
Valentino Lazaro (gelandang)
Nicolò Barella (geladang)
Stefano Sensi (gelandang)
Diego Godin (bek)

 

Pemain keluar

Ivan Perisic (penyerang)
Cristian Ansaldi (bek)
Yann Karamoh (penyerang)
Miranda (bek)
Radja Nainggolan (gelandang)
Sime Vrsaljko (bek)
Cédric Soares (bek)
Keita Baldé (penyerang)

NAPOLI

Pemain masuk

Konstantinos Manolas (bek)

Elif Elmas (gelandang)

Hirving Lozano (penyerang)

Pemain keluar

Amadou Diawara (gelandang)
Raúl Albiol (bek)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *