Drama Panjang Transfer Neymar

by -522 views
Neymar /AP Photo/Kamil Zihnioglu

FAJAR.CO.ID, PARIS—Musim 2019/2020 sudah bergulir. Namun, bursa transfer musim panas masih diliputi hingar bingar. Khususnya terkait Neymar yang drama transfernya menyita paling banyak perhatian pencinta bola dunia.

SUDAH hampir empat bulan Neymar mendominasi halaman depan media olahraga dunia. Di Spanyol, media seperti MARCA, AS, hingga Mundo Deportivo hampir tidak pernah absen memunculkan Neymar sebagai bahan headline mereka dalam sepekan.

MARCA misalnya, dalam terbitan Rabu kemarin mengangkat judul “Perang Dingin untuk Neymar” yang merujuk pada persaingan Barcelona dan Real Madrid untuk mendapatkan pemain berbanderol sekitar Rp3,4 triliun itu. Dalam laporan mereka, media yang berbasis di Kota Madrid itu menyebut Barcelona ingin meminjam sang pemain.

Raksasa Catalan disebut-sebut menawarkan ke PSG kesepakatan pinjaman di angka sekitar 40 juta euro dengan pembayaran wajib 150 juta euro di musim panas mendatang untuk mempermanenkan Neymar.  Akan tetapi, PSG ternyata menolaknya.

Proposal Blaugrana ditolak PSG karena klub kaya raya Prancis itu menginginkan Neymar pergi dengan kesepakatan permanen yang angkanya sama seperti saat mereka membelinya 2017 silam. PSG bertahan dengan opsi pelepasan permanen lantaran mereka juga membutuhkan uang tunai untuk membeli pengganti sang superstar.

Karena telah menghabiskan cukup banyak uang musim panas ini, termasuk 120 juta euro untuk pembelian Antoine Griezmann, hampir mustahil Barca bisa memenuhi permintaan PSG. Itu karena klub yang diasuh Ernesto Valverde tersebut harus menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

Setelah mengeluarkan banyak uang untuk Griezmann dan Frenkie de Jong, tampaknya tidak mungkin mereka akan dapat memiliki keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran kalau harus membayar angka yang diminta PSG. Masalahnya, Real sedang mengamati proses ini dengan cermat dan sewaktu-waktu bisa menelikung mereka.

Barca pun dipaksa memutar otak. Ousmane Dembele lagi-lagi dimasukkan dalam pembicaraan untuk pembelian kembali Neymar. Namun, winger Prancis itu lewat agennya menegaskan akan bertahan di Camp Nou. “Ousmane adalah pemain Barcelona dan 1000 persen akan tinggal di klub. Ousmane tidak berencana meninggalkan Barca,” kata sang agen Moussa, Sissoko di El Mundo Deportivo.

Meski seluruh upaya mereka terlihat menemui jalan buntu, Barca belum menyerah. Laporan terbaru Calcio Mercato menyebutkan, Luis Suarez akan dikorbankan. Media Italia itu menyebut Barca telah menawarkan Suarez ke Juventus guna mendapatkan dana tambahan untuk membeli Neymar.

Setelah laporan itu muncul, Radio Catalunya juga mengeluarkan klaim bahwa Barcelona sudah mengambil langkah-langkah persiapan untuk pengumuman transfer Neymar. Los Cules, julukan Barca dilaporkan sangat yakin bisa memulangkan Neymar sehingga sudah meminta Nike memproduksi tambahan jersey replika sang pemain.

Selain jersey replika yang diharapkan bisa dijual lebih banyak ketika penandatanganan Neymar sudah diumumkan, Radio Catalunya juga menyebut klub telah menyiapkan video pengumuman. Video itu rencananya untuk dibagikan di saluran media sosial klub.

Namun, media Catalan itu tidak merinci alasan di balik keyakinan Barca. Apakah mereka yakin Juve akan membeli Suarez? Ini juga masih tanda tanya besar. Pasalnya, Juventus sepertinya juga punya rencana lain.

Setelah gagal mendatangkan Romelu Lukaku dari Manchester United dan usaha pengejaran Mauro Icardi tampak membentur tembok karena Inter Milan ogah berbisnis dengan musuh bebuyutannya, Juve kini mengincar peluang membeli Neymar. Menurut MARCA, mereka mencoba menggunakan Paulo Dybala sebagai chip tawar-menawar.

PSG sendiri akan menunggu hingga penutupan bursa transfer musim panas, 2 September mendatang. Yang pasti, fans PSG sudah menyatakan perang pada Neymar dan Pelatih PSG, Thomas Tuchel kini hanya menunggu pemain penggantinya. “Kita harus menggantikannya sebelum kita bisa menjualnya,” tegas Tuchel di Football Italia. (amr)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *