Dipinjam Mahal dari Barcelona, Status Bintang Coutinho Dipertanyakan

by
Philippe Coutinho/TeamTalk

FAJAR.CO.ID, MUNICH—Playmaker Brasil, Philippe Coutinho meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan raksasa Bundesliga, Bayern Munchen. Meski hanya berstatus pemain pinjaman satu musim, Bayern harus membayar mahal yakni 8,5 juta euro atau sekitar Rp134 miliar.

Keputusan Die Roten, julukan Bayern mendatangkan Coutinho musim panas ini lantas mendapat sorotan dari mantan manajer Jerman, Berti Vogts. Ia mempertanyakan langkah Bayern karena menganggap Coutinho bukan lagi bintang sepak bola dunia.

Coutinho bergabung dengan Barca dari Liverpool pada Januari 2018 dalam sebuah kesepakatan yang diklaim bernilai sekitar 160 juta euro. Angka itu menempatkan dia sebagai pemain termahal kedua dunia. Ia hanya kalah dari Neymar yang dibeli 222 juta euro oleh PSG dari Barca.

Akan tetapi, pemain berusia 27 tahun itu gagal membuat label harga besarnya terlihat pantas. Selama satu setengah tahun dengan klub Catalan itu, ia gagal bersinar. Coutinho hanya menjadi starter pada 22 pertandingan musim lalu dan menjadi pemain yang paling dikritik penggemar dan media atas penampilannya yang jauh dari ekspektasi.

Fakta itu membuat Vogts skeptis bahwa Bayern mendapatkan pemain yang layak untuk membantu mereka bersaing di kompetisi Eropa musim depan. “Pada pandangan pertama, pinjaman dari Coutinho adalah penandatanganan yang bagus untuk Bundesliga,” kata Vogts dalam sebuah kolom di t-online.de.

“Tetapi saya ingin mengajukan pertanyaan: Mengapa pemain berusia 27 tahun itu meninggalkan klub dunia seperti FC Barcelona? Karena dia telah menyerah untuk harapan menang di sana. Mungkin dia bukan bintang dunia, tapi pemain yang – mungkin di musim baru – akan menjadi pengganti FC Barcelona,” tegasnya. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *