Tulis Buku “Butet”, Hamid Awaluddin: Dia Olahragawan Sejati

by -1,637 views
Mantan Menteri Hukum dan Ham, Hamid Awaludin, punya alasan khusus menyempatkan diri untuk menulis buku tentang Liliyana Natsir. (PB Djarum/Edward Luhukay)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Menteri Hukum dan HAM Dr Hamid Awaluddin menulis buku berjudul “Butet” yang diluncurkan saat peringatan hari ulang tahun PB Djarum ke-50 pada April 2019 lalu.

Buku itu bercerita mengenai Liliyana Natsir dengan judul “Butet Legenda Sejati”. Apa yang menarik dari buku itu?

Hamid Awaluddin, yang juga pengurus PB PBSI saat wawacara di stasiun TV, Minggu malam 18 Agustus 2019 mengatakan, buku itu membahas 10 pandangan dirinya terhadap sosok Butet, panggilan akrab Liliyana Natsir.

Buku setebal 268 halaman itu ditulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan langsung Hamid. “Sebelum saya menulis buku itu, saya minta kepada Butet bahwa kasi saya privilege (hak istmewa) untuk menulis tanpa wawacara. Saya tertarik menulis kisah dan pandangan-pandangan saya tentang kau. Ya jadilah buku itu,” terang Hamid.

Dikatakan, ada dua hal yang disoroti Hamid Awaludin dalam bukunya tersebut. Poin pertama mengenai sikap Butet selama bertanding yang selalu mengusung fair play.

“Dia punya prinsip ksatria atau fair play jika bertanding. Dia tidak pernah berpura-pura cedera, mengulur waktu, atau melakukan protes kepada wasit,” kata Hamid.

“Dia juga bukan tipikal pemain yang mengintimidasi lawan. Jadi, layak bila saya sebut Butet sebagai pemain profesional,” tegas mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia itu.

Liliyana Natsir bangga sekaligus bahagia perjalanan kariernya di bulutangkis diabadikan melalui buku karya Hamid Awaludin.

Adapun poin kedua Butet di mata Hamid Awaludin adalah sosok yang punya semangat juang tinggi. Butet digambarkan Hamid Awaludin adalah pemain dengan prinsip penakluk.

“Dia kalau bermain itu hemat tenaga. Bermain cerdas untuk menang, bukan untuk tepuk tangan penonton. Ini adalah modal utama menjadi atlet. Dia juga tidak pernah demam panggung,” ucap Hamid. (aci)**)

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *