Timnya Dipermalukan, Valverde Pilih Puji Aduriz

by
Ernesto Valverde selama pertandingan melawan Athletic Bilbao/ANDER GILLENEA/AFP

FAJAR.CO.ID, BILBAO—Gol menit akhir Aritz Aduriz yang memukau menjadi mimpi buruk Barcelona di pekan pertama La Liga saat mereka melawat ke markas Athletic Bilbao. Gol di menit ke-89 itu menggulingkan Barcelona di San Mames.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menegaskan, sama sekali tidak terkejut dengan dampak instan pemain berusia 38 tahun itu. Tendangan overhead yang memukau yang jadi sentuhan pertamanya yang kemudian berujung gol menurut Valverde sangat biasa bagi Aduriz.

“Dengan Aduriz, bola apa pun di udara adalah bahaya dan ia mendapatkan golnya. Langkah itu dominan, dan dia mencetak gol yang sama. Aku sama sekali tidak terkejut dengan eksekusi itu,” ,” kata Valverde setelah pertandingan dikutip dari MARCA.

Bermain di San Memes, Barca yang menurunkan Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann untuk mendampingi Luis Suarez mendominasi permainan. Mereka tercatat melakukan penguasaan bola hingga 72 %. Hanya saja, mereka kesulitan menembus benteng pertahanan tuan rumah.

Sepanjang laga, Raksasa Catalan hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran. Sebaliknya, Bilbao yang lebih banyak bertahan mampu melakukan setidaknya lima tembakan on target termasuk yang kemudian menjadi gol di menit ke-89.

Pencetak gol Bilbao yang jadi mimpi buruk Barca adalah bomber gaek, Aritz Aduriz. Masuk menggantikan Inaki Williams di menit ke-88, Aduriz menaklukkan kiper Marc-Andre Ter Stegen semenit kemudian setelah menerima umpan dari Ander Capa.

Bagi barcelona, ini adalah kekalahan pertama mereka dalam laga pembuka musim dalam sepuluh musim terakhir. Sementara bagi Bilbao, kemenangan ini mempertegas status mereka sebagai tim yang sulit dikalahkan di kandang. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *