Dzeko Perpanjang Kontrak, Pusinglah Inter, Juventus, serta PSG dan Tersenyumlah Napoli

FAJAR.CO.ID, ROMA—Edin Dzeko secara mengejutkan memutuskan memperpanjang kontraknya di AS Roma. Langkah Dzeko meneken kontrak baru berdurasi hingga Juni 2022 mengakhiri harapan Inter Milan untuk membawanya ke Giuseppe Meazza.

Roma mengumumkan perpanjangan kontrak ini pada Jumat malam waktu Italia tanpa banyak keriuhan. Dilaporkan bahwa dia menyetujui kesepakatan baru senilai 4,5 juta euro per tahun plus bonus, yang menyamai tawaran Inter.

“AS Roma dengan senang hati mengumumkan bahwa striker Edin Dzeko telah menandatangani perpanjangan kontrak dengan klub. Dzeko, 33, telah menyetujui kontrak tiga tahun baru dengan Giallorossi, yang berlangsung hingga 30 Juni 2022,” demikian bunyi pernyataan Roma.

Dzeko mengakui bahwa keputusan ini ia buat setelah melihat cinta Roma kepadanya. “Selama beberapa minggu terakhir saya menyadari betapa klub ingin saya tetap di sini,” kata Dzeko di situs web Roma.

“Percakapan saya dengan dewan, pekerjaan yang telah kami lakukan dengan pelatih, hubungan dengan rekan satu tim saya dan cinta para penggemar semuanya membuat saya menyadari sekali lagi apa yang telah saya pelajari selama empat tahun ini – bahwa Roma adalah rumah saya,” lanjutnya.

Perpanjangan kontrak mengejutkan Dzeko ini memiliki efek besar. Selain bagi Inter, keputusan Dzeko ini juga bakal memusingkan Juventus, hingga klub Prancis, PSG. Pemain seperti Mauro Icardi, Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain juga terpengaruh dengan keberhasilan Roma mempertahankan bomber andalannya ini.

Untuk Inter, ini jelas merusak rencana pelatih Antonio Conte yang sejak awal mengharapkan Dzeko menjadi tandem Romelu Lukaku. Mau tidak mau, Inter sekarang harus mencari penyerang tengah lain.

Ini juga berisiko menempatkan Inter dan Juventus di tikungan, sehingga mereka mungkin harus melakukan pertukaran yang tidak ingin dilalui oleh keduanya: Icardi ke Turin, Dybala ke Kota Milan.

Juve juga dipastikan semakin sulit melego Higuain karena rencana awal mereka adalah mengirim sang bomber ke Stadio Olimpico. Selain itu, hal ini juga memiliki efek untuk Paris Saint-Germain, yang berharap untuk mendatangkan Dybala sebagai pengganti Neymar.

Tapi tak semua pusing dengan keputusan Dzeko. Napoli dapat tersenyum, karena salah satu pesaing utama untuk mendapatkan tanda tangan Icardi kini telah menarik diri, meskipun pemain Argentina itu hanya menginginkan Juventus.

Sky Sport Italia melaporkan bahwa Napoli telah menawarkan 60 juta euro untuk Icardi. Namun, usaha mereka juga tidak lantas mulus. Inter kabarnya bertahan setidaknya untuk 70 juta euro sebagai syarat melepas Icardi. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir