Preview Bilbao vs Barcelona: Berebut Panggung

by
Griezmann, Suarez dan Alba merayakan gol mereka ke gawang Napoli/FC Barcelona

FAJAR.CO.ID, BILBAO—Barcelona memulai usaha mempertahankan gelar La Liga di markas Athletic Bilbao, dinihari nanti. Tanpa Lionel Messi, ini kesempatan pemain depan untuk berebut panggung dan memikat Ernesto Valverde.

Sang kapten hampir tidak mungkin bermain di jornada pertama ini karena cedera betis dan tidak pernah bermain di pramusim. Karena itu, tim yang menghancurkan Napoli pada pertandingan pramusim pekan lalu akan menjadi andalan pelatih Ernesto Valverde.

Valverde sendiri sejak awal sudah memberi isyarat Messi tidak bisa bermain di San Memes. “Saya berharap kita bisa memilikinya di sini dan mengandalkan dia untuk hari Jumat [melawan Athletic Bilbao pada Sabtu dinihari] tetapi itu terlihat sulit,” kata Valverde dikutip dari Daily Star.

Absennya Messi jelas merupakan kehilangan besar. Meski usianya yang sudah 32 tahun, ia masih tetap menjadi tumpuan utama gol-gol Barcelona. Musim lalu, pemain asal Argentina itu total mencetak 51 gol dan 22 assist dalam 50 penampilan.

Selain itu, San Memes juga tidak pernah bersahabat bagi Raksasa Catalan. Dalam perjalanan terakhir mereka musim lalu, Barca hanya pulang dengan satu angka setelah kedua klub bermain imbang tanpa gol.

Namun, penampilan Blaugrana yang mulai membaik di Amerika Serikat jelas akan tetap menempatkan pasukan Valverde sebagai favorit di laga pembuka ini. Apalagi, statistik memperlihatkan Barca selalu memenangi laga perdana mereka 10 musim terakhir.

Selain Luis Suarez yang memang hampir selalu menjadi andalan lini depan sejak didatangkan dari Liverpool, aksi-aksi Griezmann akan sangat dinantikan penggemar Barca di laga ini. Sebelumnya, Griez sudah mencetak gol pertamanya ke gawang Napoli di Amerika Serikat.

Melengkapi trisula lini depan mereka, nama Ousmane Dembele sepertinya akan menjadi pilihan Valverde. Seperti halnya Griezman, winger muda Prancis itu juga kembali menemukan ketajamannya dalam laga terakhir Barca.

Aksi-aksi lain yang juga bisa disaksikan di partai pembuka La Liga ini adalah gelandang anyar, Frenkie De Jong. Pemain internasional Belanda itu didatangkan bersama Griez musim panas ini dan diprediksi akan menjadi starter di lini tengah bersama Sergio Busquest dan Ivan Rakitic.

Bagaimana dengan Bilbao? Selaku tuan rumah, mereka bertekad mempermalukan Barca di laga ini. Gelandang Bilbao, Unai Lopez menegaskan, ini akan menjadi pertandingan sulit namun ia dan rekan-rekannya siap bertarung habis-habisan untuk mengalahkan Barca.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, tetapi kami bermain di rumah dan kami akan mengalahkan mereka. Kami akan berusaha untuk bertarung, menggigit mereka dan mencoba untuk menang. Kami akan menderita tetapi juga memiliki momen memukul mereka dan mudah-mudahan mereka juga menderita,” tegas Lopez di Deia.

Bilbao tanpa perubahan berarti musim panas ini. Selain pemain muda Asier Villalibre, Gaizka Larrazabal, Peru Nolaskoaian dan Ingio Vincente yang dipromosikan dari tim B, mereka juga hanya menambah kekuatan dengan memulangkan pemain pinjaman.

Gelandang bertahan Mikel Vesga dan pemain sayap Sabin Merino kembali dari masa peminjaman di Leganes. Sementara tiga bek; Andoni Lopez, Xabier Etxeita, dan Cristian Ganea masing-masing telah kembali dari UD Almeria, SD Huesca dan CD Numancia.

Hal ini tak lepas dari kebijakan Bilbao yang memang hanya menggunakan pemain dari negara Basque, yang mencakup Spanyol timur laut dan Prancis barat daya. Kebijakan ini mulai sejak konsepsi pada tahun 1912.

“Ini sangat istimewa. Kami sangat bangga melakukan hal-hal seperti ini. Menurut pendapat saya, kami adalah tim paling unik di dunia yang menggunakan filosofi bermain dengan orang-orang Basque ini dan kami merasa sangat bangga,” jelas pelatih Gaizka Garitano di The Guardian.

Garitano yang menggantikan Eduardo Berizzo Desember lalu biasanya menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Inaki Williams atau bomber veteran Aritz Aduriz sebagai ujung tombak. Iker Muniain, Inigo Cordoba dan Raul Garcia sementara itu akan mendukung dari posisi gelandang. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Herrerin; Capa, Nunez, Yeray, Yuri; Dani Garcia, Unai Lopez; Cordoba, Muniain, Raul Garcia; Williams

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busques, De Jong; Dembele, Suarez, Griezmann

 

Pramusim Barcelona

07/23/19 Barcelona 1 – 2 Chelsea
07/27/19 Vissel Kobe 0 – 2 Barcelona
08/05/19 Barcelona 2 – 1 Arsenal
08/08/19 Barcelona 2 – 1 Napoli
08/08/19 Napoli 0 – 4 Barcelona

Pramusim Athletic Bilbao

07/20/19 Arenas Getxo 1 – 6 Athletic Bilbao
07/27/19 Paderborn 3 – 3 Athletic Bilbao
07/28/19 Borussia M’glabach 0 – 2 Athletic Bilbao
02/08/19 Numancia 1 – 1 Athletic Bilbao
08/08/19 West Ham United 2 – 2 Athletic Bilbao
08/05/19 Racing Santander 2 – 1 Athletic Bilbao
08/08/19 AS Roma 2 – 2 Athletic Bilbao
08/09/19 Mirandés 1 – 2 Athletic Bilbao

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *