Preview West Ham vs Man City: Jaga Tradisi dan Kejar Rekor

by
Latihan pemain Manchester City/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Manchester City akan memulai misi mereka mencetak hattrick juara Premier, malam nanti. Tradisi bagus di awal musim membuka peluang The Citizens mencetak rekor di markas West Ham United.

Kemenangan di London Stadium, Sabtu ini akan memastikan Manchester City menyamai rekor Premier League milik Chelsea yakni meraih sembilan kemenangan berturut-turut. Catatan impresif itu dibuat Chelsea antara 2002 hingga 2010.

Melihat head to head kedua klub serta performa mereka sepanjang pramusim, rekor itu sangat mungkin disamai City. Akan tetapi, Manajer City, Pep Guardiola mengingatkan anak asuhnya jangan lengah di markas The Hammers.

“Poin kunci dari sudut pandang kami adalah selalu bermain lebih baik, secara individu dan kolektif. Apa yang kami lakukan musim lalu tidak akan cukup. Kami harus melakukan sedikit lagi. Itulah targetnya,” tegas Pep dikutip dari BBC.

Mantan pelatih Barcelona itu menegaskan, respek tinggi harus mereka berikan kepada setiap lawan. Ia juga ogah berandai-andai soal peluang mengulang sukses menyapu bersih gelar domestik. “Tidak pernah ketika saya memulai musim saya memasang target harus memenangkan satu gelar, atau dua, atau empat atau lima. Saya pikir itu konyol,” jelasnya.

Menyambut musim baru ini, The Sky Blues sudah melakoni lima laga uji coba. Hasilnya sangat positif dimana Kevin de Bruyne dan kawan-kawan memenangi lima pertandingan. Termasuk kemenangan 4-1 atas West Ham di ajang Trophy Premier League Asia.

Hasil positif lain yang memberi harapan besar bahwa mereka siap memulai musim adalah kemenangan atas Liverpool di ajang Community Shield, akhir pekan lalu. Pada laga itu, City menang 5-4 dalam drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Satu-satunya hasil buruk skuat Pep adalah kekalahan dari Wolverhampton Wanderers yang menggagalkan ambisi mereka meraih Trophy Premier League Asia. Namun, hasil itu tidak akan mengkhawatirkan Pep. Selain hanya kalah adu penalti, itu juga terjadi Juli lalu.

Untuk laga pekan pertama ini, Leroy Sane dipastikan absen setelah mengalami cedera ligamen anterior lutut kanan pada Community Shield. Winger lainnya, Riyad Mahrez yang mestinya bisa menggantikan posisi Sane juga belum pasti bisa dimainkan karena dikhawatirkan tidak lolos tes doping.

Mahrez yang memimpin Aljazair menjuarai Piala Afrika 2019 diketahui mengkonsumsi obat sinus setelah turnamen tersebut. Dan menurut laporan yang dikutip dari Manchester Evening News, Pep tidak mau mengambil risiko dengan memainkannya.

Tapi, Pep juga punya kabar bagus. Dua pemain anyar mereka, Rodri dan Joao Cancelo dipastikan siap melakoni debutnya di Premier League. Kendati begitu, hanya Rodri yang berpeluang menjadi starter lantaran Cancelo baru saja bergabung dari Juventus.

Langsung berhadapan dengan sang juara bertahan, Pelatih West Ham, Manuel Pellegrini memastikan anak asuhnya siap tempur. Eks manajer City itu mengatakan, mereka sama sekali tidak gentar meladeni pasukan Pep.

“Saya ingin melihat kami memulai musim ini seperti cara kami menyelesaikan musim terakhir kami. Kami memiliki pertandingan yang sulit melawan Manchester City tetapi kami yakin bahwa kami tidak akan takut hanya karena mereka adalah juara,” tegasnya.

Walaupun tidak akan diperkuat sang kapten, Mark Noble yang cedera, Pellegrini tidak punya kekhawatiran masa pemain. Kehadiran gelandang berprofil tinggi, Pablo Fornals dan pulihnya Jack Wilshere diklaim sang pelatih bisa menutupi absennya Noble.

“Saya senang karena kami telah menyelesaikan skuat seperti yang kami inginkan. Kami memiliki dua pemain di setiap posisi, pemain yang bagus juga, dan cara terbaik adalah memiliki kompetisi,” jelas Pellegrini yang juga sudah bisa memainkan kiper Lukasz Fabianski.

Setelah ditinggalkan Marko Arnautovic, The Hammers akan menjadikan penyerang debutan, Sebastien Haller sebagai senjata utama menghadapi City. Striker berpostur 191 cm itu musim lalu tampil subur dengan mencetak 20 gol bersama Eintracht Frankfurt. Sebagai pendatang baru di Inggris, bomber Pantai Gading itu jelas ingin langsung pamer ketajaman.

Pertandingan ini akan menjadi pertemuan kompetitif ke-110 kedua klub. Dari 109 duel sebelumnya, City meraih 55 kemenangan dan kalah 37 kali. Fakta itu, plus kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi membuat City diunggulkan pulang dengan tiga angka. (amr)

Prakiraan Pemain

West Ham United (4-2-3-1): Fabianski; Fredericks, Balbuena, Diop, Cresswell; Rice, Wilshere; Anderson, Fornals, Lanzini; Haller

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Otamendi, Zinchenko; Rodri, De Bruyne, D.Silva; Bernardo, Jesus, Sterling

Head To Head
17/07/19 Manchester City 4 – 1 West Ham United
27/02/19 Manchester City 1-0 West Ham United
24/11/18 West Ham United 0-4 Manchester City
29/04/18 West Ham United 1-4 Manchester City

03/12/17 Manchester City 2-1 West Ham United
01/02/17 West Ham United 0-4 Manchester City

Lima pertandingan terakhir West Ham United

17/07/19 Manchester City 4 – 1 West Ham United

20/07/19 Newcastle United 1 – 0 West Ham United

27/07/19 Fulham 0 – 1 West Ham United

01/08/19 Hertha BSC 3 – 5 West Ham United

03/08/19 West Ham United 2 – 2 Athletic Bilbao

Lima pertandingan terakhir Manchester City

17/07/19 Manchester City 4 – 1 West Ham United

20/07/19 Wolverhampton 0 – 0 Manchester City

24/07/19 Kitchee 1 – 6 Manchester City

27/07/19 Yokohama F. Marinos 1 – 3 Manchester City

04/08/19 Liverpool 1 – 1 Manchester City

PERBANDINGAN KEKUATAN

Rangking Klub UEFA

West Ham United: 105

Manchester City: 8

SEJARAH PERTEMUAN

Main: 109

West Ham United menang: 37

Manchester City menang: 55

Imbang: 17

CATATAN GOL

3Total gol: 37

Gol West Ham United: 149

Gol Manchester City: 188

REKOR SKOR

Kemenangan terbesar West Ham United: 6-1

Kemenangan terbesar Manchester City: 6-0

Skor terbesar: 5-3

Hasil imbang terbesar: 2-2

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *